Santai

Halal Fair 2024 Perkuat Ekosistem Bisnis Halal & Gaya Hidup Halal yang Terintegrasi

Halal Fair 2024 Perkuat Ekosistem Bisnis Halal & Gaya Hidup Halal yang Terintegrasi

MOMSMONEY.ID - Produk halal di Indonesia kian gencar digaungkan. Mendukung hal itu, pameran industri dan produk halal, Halal Fair 2024 digelar. Berlangsung di hall 1-2 ICE BSD Tangerang, pameran ini akan berlangsung selama tiga hari, 6-8 Desember 2024.

Ada 150 exhibitor dengan berbagai produk halal di pameran ini, pengunjung juga bisa menjelajahi aneka kuliner. Lalu, terdapat rangkaian talkshow dan seminar bisnis, parenting & education talk, sharing muamallah, dan hadiah menarik, salah satunya umroh.

Project Director WPCitra Satrio Sukur mengatakan, Halal Fair kali ini merupakan rangkaian event yang telah digelar di Jakarta dan Jogjakarta.

"Skala acaranya pun lebih besar yang bersading dengan Halal Indonesia International Trade Show (HIITS) sebagai wahana jejaring bisnis UMKM halal ke pasar global," kata Satrio dalam keterangan resmi, Jumat (6/12).

Sejumlah negara, seperti Mesir, Malaysia, Uzbekistan, Australia, dan Tunisia, siap menjadi mitra kolaborasi dan promosi pelaku bisnis halal nasional.

Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Ahmad Haikal Hasan mengapresiasi penyelenggaraan Halal Fair yang diselenggarakan oleh WPCitra sejak 2019. Ia berharap, Halal Fair bisa lebih mendorong pelaku bisnis halal dengan penuh kesadaran mengurus sertifikasi halal.

Haikal juga mengingatkan, ada undang-undang yang mewajibkan sertifikasi halal mampu melindungi masyarakat sebagai konsumen produk sekaligus memberikan kemudahan bagi pelaku usaha sebagai produsen dalam menghasilkan produk berkualitas.

Baca Juga: Swisse Perkenalkan Suplemen Halal untuk Kecantikan Rambut, Kulit, dan Kuku

"Kesadaran konsumen atas preferensi produk halal semakin tinggi. Jadi memang, sertifikasi halal sudah menjadi kebutuhan. Selain itu, sertifikasi halal juga mempermudah pelaku usaha jika ingin ekspansi ke pasar global,” ujar Ahmad Haikal.

Paameran Halal Fair, Satrio menyebutkan, untuk mendorong terwujudnya Indonesia sebagai pusat halal dunia. Karena itu, Halal Fair membidik segmentasi ritel sekaligus bisnis.

"Halal Fair bisa menjadi wahana memperkuat ekosistem bisnis halal dan gaya hidup halal yang terintegrasi, mulai dari keluarga, komunitas hingga lingkup yang lebih luas yaitu manca negara,” ungkap Satrio Sukur.

Bagi pelaku bisnis yang ingin menjajal pasar ekspor Malaysia dan Australia, Satrio Sukur bilangm ada sejumlah program talkshow menarik dan solutif langsung dari praktisi bisnisnya.

Di antaranya talkshow rahasia sukses ekspor produk halal ke Australia yang menghadirkan atase Perdagangan RI di Canberra Agus Haris Setiawan.

Kemudian, talkhshow mengupas tips menembus pasar Malaysia dan Mesir, serta beberapa informasi dari narasumber praktisi bisnis yang berbagi pengalaman dan bisa menjadi mitra bisnis.

Halal Fair juga berkolaborasi dengan RIHLA, rangkaian kajian Islam yang dikemas kreatif dalam konsep seminar yang memadukan narasi, visualisasi dan multimedia, film pendek dan tilawah.

Baca Juga: Kembangkan Produk di Indonesia, Korea Pavilion Hadirkan 24 Brand di SIAL Interfood

Bagi pengunjung keluarga tidak perlu khawatir, ada RIHLA Kids, Halal Play Park terbesar seluas 800 m2 yang dirancang khusus untuk anak hingga usia 12 tahun.

Mereka bisa menikmati berbagai zona permainan yang penuh petualangan seru dan edukatif. Seperti menjajal Toddler Station yang aman dan interaktif, zona craft & painting, fun games, dan science show yang siap memukai anak-anak dengan eksperimen menarik.

Hadir pula sejumlah public figur dalam rangkaian program acara di antaranya Ricky Harun, Herfiza, Dini Aminarti, Uki Kautsar, Cut intan, dan Nadzira Shafa Aska.

Sebanyak 12 Asatidz juga siap memberikan sharing dengan berbagai tema, mulai dari keluarga, muamallah hingga bisnis.

Konsultan Waris Planning Ustadz Muhammad Abu Rivai, salah satunya siap membongkar tentang kaidah pembagian warisan keluarga dalam tajuk talkshow Warisan Menjadi Harta Haram. Pengunjung berkesempatan konsultasi dalam intimate session langsung dengan Asatidz.

Halal Fair juga memasarkan produk fashion syar’i seperti Vanara, Najaah Taqeeya, Amanaya, Purnamasari Devi, Hajar dan sebagainya. Fashion ikhwan juga tak kalah eksis di antaranya ada Fadkhera, Muslim Madani, Samase, Serumpun, Al Amura, Fadsan, Esembe.

"Kami optimistis, bisa menarik perhatian sebanyak 30.000 pengunjung selama tiga hari. Sejumlah loyal sponsor yaitu Wardah, Kahf, dan Biodef pun siap memberikan promo spesial untuk pengunjung," sebut Satrio Sukur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News