Santai

Hadirkan Atmosfer Lebaran Lebih Meriah, KAI Pasang Ornamen Tematik di Stasiun

Hadirkan Atmosfer Lebaran Lebih Meriah, KAI Pasang Ornamen Tematik di Stasiun

MOMSMONEY.ID - PT Kereta Api Indonesia atau KAI menghadirkan nuansa Ramadan dan Lebaran yang semakin meriah di berbagai stasiun dengan pemasangan ornamen tematik. 

Tak hanya menghiasi beberapa kereta api unggulan KAI dengan livery tematik Hari Raya Idulfitri 1446H, ornamen gantung dan dekorasi khas Ramadan juga dihadirkan di area gate stasiun.

Vice President Public Relations KAI Anne Purba mengatakan, ornamen tematik Ramadan dan Idulfitri ini dirancang untuk memberikan pengalaman yang lebih berkesan bagi para pelanggan.

"Kami ingin menghadirkan atmosfer Ramadan dan Idulfitri yang lebih meriah, tidak hanya di perjalanan kereta api, tetapi juga di stasiun-stasiun utama," ujar Anne dalam keterangan tertulis, Selasa (25/3).

"Dengan dekorasi tematik ini, diharapkan pelanggan merasa lebih dekat dengan suasana perayaan meskipun sedang dalam perjalanan," imbuh dia.

Baca Juga: Hindari Tertinggal Kereta, KAI Sarankan Pelanggan Berangkat Lebih Awal Menuju Stasiun

Dekorasi tematik ini merupakan hasil kolaborasi antara Kementerian BUMN, Kementerian Ekonomi Kreatif, Pionicorn, Komik Ga Jelas, serta karakter Si Bedil dan Susi and Friend yang merupakan karya kreatif anak bangsa. Dekorasi ini mengusung tema Bersama KAI Menyambung Silaturahmi.

Setiap ornamen yang dipasang di stasiun juga mengangkat elemen-elemen khas Ramadan seperti ketupat, masjid, dan motif Islami. Warna-warna cerah yang digunakan menambah semangat perayaan bagi para pelanggan yang akan berangkat ataupun tiba di stasiun.

Selain ornamen gantung, KAI juga menyediakan photobooth di beberapa stasiun yang menampilkan karakter populer Si Bedil, Susi, dan kawan-kawan.

"Photobooth ini menjadi daya tarik tersendiri bagi penumpang yang ingin mengabadikan momen spesial saat melakukan perjalanan mudik. Kehadiran karakter-karakter ini diharapkan dapat memberikan keceriaan bagi seluruh penumpang, terutama anak-anak," tambah Anne. 

Anne menambahkan, ornamen tematik ini merupakan salah satu bentuk apresiasi KAI kepada para pelanggan setia yang memilih kereta api sebagai moda transportasi utama saat mudik Lebaran.

Baca Juga: KAI Hadirkan KA Mutiara Timur Panoramic, Beroperasi 21 Maret-11 April 2025

Adapun hingga 25 Maret 2025 pukul 14.00 WIB, total penjualan tiket mencapai 2.920.360 tiket atau 64% dari total kapasitas yang disediakan.

Dari jumlah tersebut, 2.694.458 tiket adalah untuk perjalanan kereta api jarak jauh dengan tingkat okupansi sebesar 78%, sementara penjualan KA lokal tercatat sebanyak 225.902 tiket atau 20% dari total kapasitas.

Dalam rangka memenuhi kebutuhan pelanggan selama periode Angkutan Lebaran, KAI akan mengoperasikan sebanyak 9.656 perjalanan kereta api, mencatatkan kenaikan sebesar 8% dibanding tahun sebelumnya.

Dengan menyediakan hingga 4.591.510 tempat duduk, KAI berkomitmen menghadirkan layanan transportasi yang aman, nyaman, dan tepat waktu bagi masyarakat.

"Sebagai bentuk antisipasi lonjakan jumlah penumpang, KAI turut menyiapkan 1.080 perjalanan KA tambahan yang akan melayani berbagai rute favorit," kata Anne. 

Selanjutnya: Lintasarta Perkuat Ekosistem AI melalui Semesta AI Didukung Program NVIDIA Inception

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Survei KG Media