Santai

Hadapi Libur Lebaran, Sandiaga Minta Pengelola Destinasi Wisata Perkuat Unsur CHSE

Hadapi Libur Lebaran, Sandiaga Minta Pengelola Destinasi Wisata Perkuat Unsur CHSE

MOMSMONEY.ID - Di tengah libur lebaran, jumlah wisatawan ke berbagai destinasi wisata biasanya melonjak.

Di tengah momen libur lebaran tahun ini, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno menekankan agar pengelola destinasi wisata dan sentra ekonomi kreatif untuk memperkuat penerapan unsur-unsur CHSE (cleanliness, health, safety, environmental sustainability).

Hal ini perlu sebagai upaya untuk menghadirkan pariwisata yang aman dan nyaman bagi wisatawan.

"Saya ingatkan agar pengelola destinasi wisata bersiap-siap karena akan ada kunjungan yang meningkat. Pastikan standar operasional prosedurnya ditaati, juga K3-nya, kesehatan, dan keselamatan kerjanya," kata Sandiaga dalam keterangan tertulis, Senin (8/4).

Baca Juga: Momen Lebaran Idul Fitri, OYO Berikan Diskon hingga 80%

Bukan hanya itu, Sandiaga juga mengingatkan para pengelola destinasi agar mengantisipasi perubahan cuaca yang terjadi. Terutama destinasi yang mengusung tema wisata alam. 

"Diperkirakan akan ada perubahan cuaca yang perlu kita antisipasi agar semuanya aman, jangan sampai nanti dengan kunjungan wisatawan yang meningkat malah menjadi kotor dan tidak terkelola sampahnya," kata Sandiaga. 

Sebelumnya, Menparekraf telah mengeluarkan Surat Edaran tentang Penyelenggaraan Kegiatan Wisata yang Aman, Nyaman, dan Menyenangkan pada Saat Libur Mudik dan Hari Raya Idul Fitri 1445 H kepada seluruh Pemerintah Daerah (Provinsi, Kabupaten, Kota) dan seluruh pelaku usaha pariwisata.

Surat ini dapat direplikasi oleh seluruh Pemerintah Daerah untuk diedarkan di daerah masing-masing. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News