Santai

Gairah Seks Menurun Bisa Karena Progesteron Rendah, Ketahui Tanda Berikut

Gairah Seks Menurun Bisa Karena Progesteron Rendah, Ketahui Tanda Berikut

MOMSMONEY.ID - Inilah beberapa tanda hormon progesteron rendah yang wajib diketahui para perempuan.

Progesteron adalah salah satu hormon yang memiliki peran besar dalam tubuh seorang perempuan.

Jika jumlah progesteron dalam tubuh perempuan tidak seimbang, maka beberapa masalah kesehatan bisa muncul.

Bersumber dari laman Healthy Women, progesteron sendiri memiliki fungsi untuk menyiapkan tubuh perempuan di masa kehamilan, berperan pada siklus menstruasi, dan mempengaruhi libido.

Lalu, apa saja tanda tubuh perempuan yang memiliki progesteron rendah? Berikut beberapa di antaranya:

Baca Juga: Jangan Dicukur Habis, Simak 4 Fungsi Rambut Kemaluan Ini Dulu

Siklus ovulasi terganggu

Selain mengganggu siklus menstruasi, siklus ovulasi pun juga bisa terganggu jika tubuh memiliki kadar progesteron rendah.

Perlu diketahui bahwa jika tidak ada untuk memproduksi progesteron, tubuh perlu untuk mengalami ovulasi terlebih dahulu. Jika tidak mengalami siklus ovulasi, maka itu bisa menjadi indikasi rendahnya progesteron dalam tubuh.

Siklus menstruasi tidak teratur

Tanda progesteron rendah, melansir laman Flo, adalah jadwal siklus menstruasi tidak teratur. Selain siklusnya tidak teratur, periode menstruasi pun juga cenderung berlangsung dalam waktu yang singkat.

Sebaiknya, jika siklus menstruasi tidak terjadi selama lebih dari 3 bulan atau lebih dari 35 hari, periksakan ke dokter ahli.

Baca Juga: 4 Jenis Makanan Ini Bisa Bantu Tingkatkan Libido Secara Alami

Muncul bercak darah saat PMS

Spotting atau keluarnya bercak darah menjelang menstruasi menjadi salah satu tanda tubuh yang memiliki progesteron rendah.

Keluarnya bercak darah merupakan hal normal bagi perempuan yang akan mengalami menstruasi. Namun bisa menjadi tanda progesteron rendah jika bercak tersebut muncul dua atau tiga hari sebelum masa menstruasi tiba.

Libido rendah

Mengutip dari laman Health Line, ketika kondisi progesteron rendah, maka esterogen menjadi hormon yang lebih dominan. Akhirnya, hal tersebut juga mempengaruhi libido. Libido adalah hormon yang mempengaruhi gairah seks.

Hormon ini hanya bisa muncul ketika produksi progesteron tinggi atau seorang perempuan berada pada kondisi ovulasi. Maka dari itu, dengan kurangnya progesteron bisa membuat gairah seks perempuan menurun.

Gangguan mood

Tanda lain dari rendahnya progesteron adalah gangguan mood hingga depresi. Selain itu, risiko kecemasan atau anxiety juga bisa muncul pada perempuan yang memiliki progesteron rendah.

Saat muncul gangguan mood atau emosi yang tidak seimbang tersebut, maka masalah seperti gangguan tidur pun juga bisa muncul sebagai akibatnya.

Itulah tanda yang patut diketahui para perempuan saat hormon progesteron rendah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News