Santai

Fitur Peta Instagram Mirip Google Maps, Bisa Temukan Lokasi Kekinian

Fitur Peta Instagram Mirip Google Maps, Bisa Temukan Lokasi Kekinian

MOMSMONEY.ID - Banyak pengguna yang tidak mengetahui mengenai fitur peta Instagram yang mirip Google Maps. Fitur peta Instagram memudahkan penggunanya untuk menemukan lokasi terbaru dan kekinian. 

Cara menggunakan fitur peta Instagram cukup mudah. Namun, tak banyak pengguna yang biasa menggunakan fitur peta Instagram ini. 

Fitur peta Instagram bisa digunakan untuk menandai lokasi di posting foto maupun video. Selain itu, pengguna juga bisa mengetahui tempat-tempat populer. 

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan peta untuk melihat cerita dari seluruh dunia.

Baca Juga: Jadi Fitur Baru, Begini Cara Komentar GIF di Instagram biar Makin Seru

Jika Anda ingin tahu lebih banyak, baca terus untuk mempelajari cara mengakses dan menggunakan peta Instagram di Android atau iPhone Anda.

Cara mengakses fitur peta Instagram 

1. Buka Instagram di ponsel Anda dan ketuk ikon pencarian di bagian bawah untuk menavigasi ke halaman Jelajahi.

2. Cari lokasi yang ingin Anda lihat di peta dan ketuk Lihat semua hasil. Beralih ke tab Tempat dan pilih dari opsi yang disarankan untuk melihat tempat itu di peta.

Instagram akan membuka lokasi yang ditentukan di petanya. Alternatifnya, Anda dapat mengetuk tag lokasi kiriman Instagram untuk melihat tempat itu di peta.

Setelah peta terbuka, Anda dapat bergerak dan memperbesar dan memperkecil, seperti yang Anda lakukan di Google Maps.

Saat Anda menjelajahi peta, Anda akan melihat beberapa ikon cerita. Anda dapat mengetuk ikon tersebut untuk melihat cerita dari lokasi tersebut.

Cara mencari tempat populer di peta Instagram

Baca Juga: Cara Mudah Download Highlight Instagram Orang Lain, Coba Lakukan 2 Tips Ini

1. Buka halaman Jelajahi di Instagram dan cari lokasi.

2. Setelah peta terbuka, ketuk Cari Area Ini di bagian atas. Instagram akan menunjukkan kepada Anda semua tempat populer di area itu. Anda dapat menelusuri filter yang tersedia untuk menemukan bisnis populer atau menggunakan alat pencarian untuk menemukan tempat usaha tertentu.

3. Setelah memilih bisnis, Anda akan melihat beberapa informasi dasar seperti alamat, jam buka, dan lainnya. Anda dapat mengetuk Lihat informasi untuk detail lebih lanjut.

Cara menyimpan dan berbagi lokasi dari peta Instagram

1. Buka Instagram dan cari tempat usaha yang ingin Anda bagikan. Ketuk ikon pesawat kertas dan bagikan dengan salah satu kontak Instagram Anda.

2. Anda juga dapat membagikan lokasi sebagai kode QR. Ketuk menu kebab (ikon menu tiga titik) di pojok kanan atas dan pilih opsi kode QR dari menu yang muncul.

3. Setelah kode QR dibuat, Anda dapat menyimpannya di ponsel dan membaginya dengan orang lain.

Alternatifnya, Anda dapat menyimpan lokasi untuk mengunjunginya kembali di masa mendatang dengan mengetuk ikon Bookmark.

Untuk melihat semua lokasi yang telah Anda simpan di Instagram, navigasikan ke tab Profil, ketuk menu hamburger (tiga garis horizontal) di pojok kanan atas, dan pilih Tersimpan.

Baca Juga: HP Xiaomi Tidak Mau Nyala dan Stuck di Logo MIUI? Begini Cara Mengatasi Bootloop

Cara tampil di map Instagram

Mirip dengan halaman Jelajahi Instagram, fitur peta dikuratori oleh algoritme aplikasi. Anda dapat mengikuti langkah-langkah ini untuk memaksimalkan peluang Anda muncul di peta Instagram.

1. Pastikan Profil Anda Publik

Ini mungkin tampak jelas, tetapi jika Anda memiliki profil Instagram pribadi, kiriman dan cerita Anda tidak akan muncul di peta. Jadi, pastikan akun Instagram Anda disetel ke publik.

2. Tambahkan lokasi dan tagar ke postingan Anda

Hal lain yang harus Anda lakukan adalah memasukkan data lokasi dan tagar di postingan dan cerita Instagram Anda. Menambahkan lokasi terdekat yang populer dapat meningkatkan peluang Anda untuk muncul di peta.

Baca Juga: Simak Cara Menggunakan Template Instagram Reels biar Postingan Ditonton Banyak Orang

3. Ubah kategori akun Instagram

Fitur peta Instagram tidak hanya untuk pengguna menjelajahi tempat baru. Itu juga dapat berkontribusi pada visibilitas bisnis. Jika Anda memiliki akun bisnis, Anda dapat ditemukan dan menarik lebih banyak lalu lintas pejalan kaki dengan tampil di peta Instagram.

Untuk itu, Anda perlu memastikan bahwa kategori akun Instagram diatur dengan benar. Jadi, jika Anda menjalankan akun Instagram untuk mempromosikan restoran Anda, misalnya, Anda perlu mengatur kategori akun Instagram menjadi Restoran.

Dengan cara ini, saat orang menelusuri restoran terdekat, akun Anda akan muncul.

Untuk mengubah kategori akun untuk akun bisnis Instagram Anda, buka Edit profil > Kategori dan pilih kategori yang sesuai.

Nah, itulah informasi mengenai fitur peta di Instagram yang ternyata bisa membantu Anda menemukan lokasi populer. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News