Santai

Fitur DM Twitter Hilang di Profil, Begini Cara Terbaru Kirim Pesan

Fitur DM Twitter Hilang di Profil, Begini Cara Terbaru Kirim Pesan

MOMSMONEY.ID - Twitter mengalami banyak perubahan setelah diambil alih oleh Elon Musk. Salah satunya, tombol DM Twitter hilang di profil. 

Tentunya, hal ini membuat pengguna bingung. Pengguna mencari tombol DM Twitter hilang di profil. Mereka menyadari bahwa tombol DM atau pesan langsung Twitter telah dihapus di iOS dan Android.

Hal tersebut bukan karena Twitter sedang eror atau down. Namun, fitur DM Twitter hilang di profil merupakan perubahan yang disengaja oleh Twitter. 

Baca Juga: Cara Praktis Repost Video di Twitter Tanpa Retweet, Begini Langkah Embed Video Tweet

Mengutip Scotsman, perubahan tersebut dibuat agar tampilan lebih ramah pengguna. Tombol DM Twitter hilang di profil agar membuat UX lebih ramah pengguna. 

Sebelumnya, opsi DM Twitter terletak di bagian atas bilah navigasi di aplikasi seluler, tetapi sekarang telah dihapus.

Meski demikian, Twitter meyakinkan pengguna bahwa fitur tersebut masih bisa digunakan. Artinya, pengguna masih bisa mengirim pesan menggunakan cara terbaru. 

Lalu, bagaimana cara terbaru kirim pesan di Twitter?

Fitur DM Twitter hilang di profil masih dapat diakses menggunakan cara terbaru. Cara mengirim pesan di Twitter berbeda dari sebelumnya. 

Untuk mencari dan menanggapi DM, kini Anda dapat memilih 'pesan' di profil pengguna atau mengeklik opsi amplop di bagian bawah aplikasi dan mengetuk ikon pesan untuk membuat pesan baru. 

Baca Juga: Simak Cara Melihat Tag Instagram yang Disembunyikan di IG Story, Coba Pakai Tips Ini

Selain cara tersebut, Anda juga bisa menggunakan cara alternatif. Anda bisa membuka kotak alamat, kemudian masukkan nama atau @ username (tidak dipisah) orang yang ingin Anda kirimi pesan.

Setelah itu, Anda bisa langsung mengetik pesan Anda untuk mengirim pesan tersebut. 

Melansir India Today, pengguna Android harus membayar sedikit lebih murah dari pengguna iOS untuk menggunakan Twitter Blue.

Pengguna Android diharuskan membayar US$ 8 atau sekitar Rp 125.000. Sementara Pengguna iOS harus membayar US$ 11 atau sekitar Rp 175.000. 

Diketahui, Twitter menagih US$ 3 lebih banyak dari pengguna iOS karena komisi Apple App Store yang lebih tinggi.

Sejak Juli 2022, Apple mengumumkan untuk membebankan tarif komisi standar 30% untuk transaksi App Store dan langganan reguler dan Musk baru-baru ini terlihat memprotesnya.

Baca Juga: 3 Tips Mudah Login Twitter Tanpa Verifikasi, Ini Cara Cepatnya

Selain opsi centang biru dan edit tweet, Twitter Blue akan memperkenalkan mode pembaca, centang resmi emas untuk akun bisnis, dan tanda centang abu-abu untuk akun pemerintah dan multilateral, yang memungkinkan pembedaan antar akun. 

Twitter Blue akan menambahkan lebih banyak fitur di masa mendatang, termasuk lebih sedikit iklan, kemampuan untuk mem-posting video yang lebih panjang, dan banyak lagi.

Lalu apa perbedaan Twitter Blue dan versi biasa? Berikut penjelasannya. 

Perbedaan Twitter Blue dan versi biasa

1. Undo Tweet

Anda memiliki waktu hingga 60 detik untuk membatalkan tweet, balasan, atau utas yang telah Anda kirim ke Twitter.

2. Bebas Iklan

Baca cerita dari The Los Angeles Times, The Washington Post, BuzzFeed, Rolling Stone, dan lainnya tanpa iklan. Lebih dari 45 situs tersedia dengan yang lain datang.

3. Pembaca untuk utas 

Utas panjang sekarang lebih mudah dibaca berkat Mode Pembaca yang baru. Saat Anda menelusuri utas, ubin besar akan menampilkan setiap tweet di bawahnya, hanya menampilkan tweet dan video atau foto yang menyertainya.

Gangguan, seperti nama pengguna, avatar, tanggal, dan nomor, semuanya hilang saat diaktifkan. Anda juga dapat menyesuaikan ukuran teks.

4. Folder Bookmark 

Sekarang, Anda dapat mengatur bookmark Anda yang berantakan ke dalam folder sehingga lebih mudah ditemukan. Setiap kali Anda menandai tweet, Anda akan ditanya apakah ingin menambahkannya ke folder.

5. Navigasi Khusus

Jika bilah navigasi Twitter tidak berfungsi seperti yang Anda inginkan, Anda dapat menyesuaikannya dan menambahkan bookmark, daftar, profil, dan ikon monetisasi (khusus iOS).

Baca Juga: Kenapa Tidak Bisa Buka Link di Instagram? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

6. Ikon Aplikasi

Sekarang Anda memilih ikon aplikasi Twitter yang berbeda untuk layar beranda: delapan ikon permanen dan tiga ikon musiman (khusus iOS).

7. Tema

Pilih di antara enam warna tema: biru (asli), kuning, merah, ungu, oranye, dan hijau (khusus iOS).

8. Fitur eksperimental

Gunakan fitur eksperimental yang belum dirilis, seperti percakapan DM yang disematkan dan unggahan video berdurasi 10 menit (khusus desktop).

Itulah informasi mengenai fitur DM Twitter hilang di profil dan cara terbaru mengirim pesan di Twitter dengan tampilan yang berbeda. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News