Keluarga

Ekstrak Kakao Ternyata Bisa Meningkatkan Kemampuan Kognitif Pada Lanjut Usia

Ekstrak Kakao Ternyata Bisa Meningkatkan Kemampuan Kognitif Pada Lanjut Usia

MOMSMONEY.ID - Yuk simak penjelasan bagaimana ekstrak kakao bisa meningkatkan kemampuan kognitif pada orang yang sudah lanjut usia!

Melansir Healthline, orang yang sudah berusia lanjut yang mengonsumsi suplemen ekstrak kakao selama 2 tahun menunjukan sedikit peningkatan fungsi kognitif. 

Namun manfaat ekstrak kakao ini hanya terlihat para orang yang memiliki kualitas makanan rendah. Mereka yang memiliki pola makan sudah sehat tidak terlihat adanya peningkatan fungsi kognitif serupa. 

Baca Juga: 5 Bahan Alami yang Ampuh Menghitamkan Rambut Anda

“Penemuan ini meningkatkan penggunaan makanan yang kaya akan flavanol atau suplemen flavanol untuk meningkatkan fungsi kognitif bagi orang yang sudah lanjut usia dengan kualitas makanan yang rendah,” ungkap Departemen Psikiatri di Rumah Sakit Umum Massachusetts Boston, Chirag Vyas. 

Dalam penelitian terbaru yang dipublikasikan pada 7 Desember 2023, The American Journal of Clinical Nutrition juga melakukan penelitian yang sama. 

Studi terbaru ini merupakan bagian dari Studi Hasil Suplemen Kakao dan Multivitamin (COSMOS) yang melibatkan 573 pria dan wanita lanjut usia secara acak untuk mengonsumsi ekstrak kakao setiap hari.

Rata-rata partisipan berusia 70 tahun, dan sekitar setengahnya adalah perempuan. Sebagai tambahan, 11% partisipan melaporkan makan coklat setiap hari sebelum uji coba di mulai. 

Peserta mengonsumsi 2 kapsul ekstrak kakao yang terdiri dari 500 miligram flavanol termasuk 80 miligram epicatechin. Flavanol yang juga dikenal sebagai flavan-3-ols adalah sub kelas senyawa tumbuhan yang dikena sebagai flavonoid. Flavanol juga ditemukan dalam teh, produk berbahan dasar kakao, anggur, apel dan beri. 

Peserta kemudian menjalani tes kognitif selama menjadi pastisipan. Sebanyak 492 peserta mengulangi tesnya lagi dua tahun kemudian. 

Saat peneliti memeriksa data seluruh kelompok, konsumsi suplemen ekstrak kakao setiap hari tidak memberikan efek kepada kognisi seluruh peserta. 

Namun ketika mengamati orang-orang dengan kualitas makanan yang rendah, orangyang mengonsumsi ekstrak kakao setiap hari mengalami perubahan yang relatif baik dalam keseluruhan kognisi dan keterampilan dalam mengendalikan diri serta pola perilaku. 

Hasilnya konsisten dengan penelitan sebelumnya yang menemukan konsumsi flavanols secara harian meningkatkan jenis memori tertentu pada orang lanjut usia dengan kualitas makanna yang lebih rendah. 

Baca Juga: 5 Manfaat Masker Kunyit untuk Wajah yang Bisa Anda Coba

Namun, hasil penelitian terbaru ini berbeda dengan penelitian COSMOS lainnya. Penelitian lainnya menemukan bahwa multivitami atau mineral yang dikonsumsi setiap hari meningkatkan kognisi namun ekstrak kakao tidak memberikan pengaruh. Namun penelitian ini tidak mengamati secara terpisah orang dengan kualitas makanan rendah. 

Meski penelitian terbaru menunjukkan manfaat bagus daro mengonsumsi ektrak kakao untuk fungsi kognitif bagi orang-orang dengan kualitas makanan rendah, perlu dilakukan penelitian lebih lanjut. 

Sebab dari hasil penelitian, para peneliti tidak bisa merekomendasikan konsumsi suplemen ekstrak kakao setiap hari untuk menjaga fungsi kognitif. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News