Santai

Download Logo Harlah Pagar Nusa 2023 PNG Resmi di Sini, Diperingati 3 Januari

Download Logo Harlah Pagar Nusa 2023 PNG Resmi di Sini, Diperingati 3 Januari

MOMSMONEY.ID - Tanggal 3 Januari diperingati sebagai Hari Lahir Pagar Nusa atau Harlah Pagar Nusa. Berikut download logo Harlah Pagar Nusa 2023 PNG resmi di sini. 

Logo Harlah Pagar Nusa 2023 PNG resmi dapat Anda unduh di artikel ini secara gratis. 

Anda bisa menggunakan berbagai logo Harlah Pagar Nusa 2023 png untuk memperingati Harlah Pagar Nusa 2023. Artikel ini menyajikan link download logo Harlah Pagar Nusa 2023. 

Menurut Ensiklopedia NU, Pagar Nusa bertugas menggali, mengembangkan, dan melestarikan seni bela diri pencak silat Indonesia.

Nama resminya adalah lkatan Pencak Silat Nahdlatul Ulama (IPS-NU) Pagar Nusa kemudian sekarang membuang kata ikatan menjadi Pencak Silat NU. Sedangkan Pagar Nusa sendiri berarti pagarnya NU dan bangsa. 

Baca Juga: Download Logo Hari Amal Bakti Kemenag 2023 ke-77 Format PNG Resmi di Sini

Sejarah dibentuknya Pagar Nusa yaitu dimulai pada 3 Januari 1986. Pagar Nusa dibentuk di Pondok Pesantren Lirboyo, Kediri, Jawa Timur. NU mengesahkan pendirian dan kepengurusannya melalui Surat Keputusan tertanggal 9 Dzulhijjah 1406/16 Juli 1986. 

Lahirnya Pagar Nusa berawal dari perhatian dan keprihatinan para kiai NU terhadap surutnya ilmu bela diri pencak silat di pesantren.

Surutnya pencak silat antara lain ditandai dengan hilangnya peran pondok pesantren sebagai padepokan pencak silat.

Hingga pada akhirnya dibentuk musyawarah di Pondk Pesantren Lirboyo, Kediri, pada 3 Januari 1986. 

Musyawarah tersebut menyepakati susunan Pengurus Harian Jawa Timur yang merupakan embrio Pengurus Pusat. 

Keputusan tersebut menghasilkan ketua yang dipilih yaitu Gus Maksum. Nama organisasi yang disepakati dalam musyawarah tersebut adalah lkatan Pencak Silat Nahdlatul Ulama yang disingkat IPS-NU yang kemudian sekarang menjadi PSNU.

Link download Harlah Pagar Nusa 2023

Berikut link download Harlah Pagar Nusa 2023 yang bisa Anda unduh secara gratis. 

Baca Juga: 40 Link Twibbon Hari Amal Bakti Kemenag 2023 Terbaru, Pasang Foto pada 3 Januari

Arti lambang Pagar Nusa 

1. Kurva Segilima 

Merupakan lima rukun Islam dan lima asas Pancasila. Lima rukun islam diantaranya adalah syahadat, sholat, puasa, zakat dan haji. Sedangkan lima asas pancasila yaitu 5 sila yang terdapat dalam pancasila.

2. Tiga garis berwarna putih

Tiga garis berwarna putih memiliki arti yaitu Iman, Islam dan Ihsan. 

3. Warna dasar hijau 

Warna hijau merupakan warna yang identik dengan NU. Warna dasar hijau memiliki arti kesejahteraan, kesuburan, kesejukan, ketentraman, kedamaian, dan kemakmuran.

4. Tulisan pencak silat NU

Tulisan “pencak silat nahdlatul ulama” artinya bahwa pencak silat pagar nusa ini berada di bawah naungan NU.

5. Sembilan bintang 

Satu bintang berada ditengah yang besar melambangkan derajat dan kewibawaan walisongo. Arti lain dari semmbilan bintang adalah satu bintang yang besar berada di tengah melambangkan Nabi Muhammad SAW.

Kemudian, empat bintang yang berada di sebelah kanan melambangkan khulafaur rasyidin, dan empat bintang yang berada di sebelah kiri melambangkan jumlah mazhab yang ada 4.

6. Bola Dunia 

Bersifat universal, maksudnya dapat berdri dan berkembang di seluruh dunia. Selain itu bola dunia juga memiliki arti bahwa pendekar pagar nusa ada di mana-mana.

Baca Juga: 40 Link Download Kalender 2023 PDF Gratis, Desain Unik dan Bisa Cetak Sendiri

7. Pita 

Memiliki arti "tidak ada kemenangan kecuali tanpa pertolongan Allah". Tulisan tersebut sekaligus merupakan motto pendekar Pagar Nusa.

8. Trisula 

Trisula merupakan senjata tertua yang di bumi nusantara yang penyebarannya sangat luas. Selain itu simbol trisula juga menandakan pengembangan dan pelestarian pencak silat yang dilakukan pagar nusa merupakan identitas beladiri asli Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News