MOMSMONEY.ID - Lazada Indonesia membagikan wawasan terkait tren belanja online yang berkembang di tahun 2024, mengungkap kategori produk yang paling diminati oleh konsumen, seperti kebutuhan rumah tangga, fashion, kecantikan, elektronik, dan perawatan ibu dan anak. Melalui data ini, Lazada memprediksi tren serupa akan terus berlanjut dan berkembang pada 2025,
Tahun Baru 2025 membawa peluang besar bagi bisnis eCommerce di Indonesia, dengan proyeksi pasar eCommerce yang diperkirakan mencapai US$79,30 miliar pada 2029, menurut laporan Statista.
Memanfaatkan peluang ini, Lazada Indonesia membagikan wawasan terkait tren belanja yang berkembang pada 2024 dan prediksi produk terlaris untuk 2025, yang dapat membantu pelaku bisnis, terutama UMKM, dalam merancang strategi penjualan. Adapun produk yang dimaksud adalah :
Baca Juga: Bukalapak Tutup Layanan Penjualan Produk Fisik, Bagaimana Nasib Saham BUKA?
1. Groceries & Household Supplies
Produk kebutuhan sehari-hari mencatatkan lonjakan pembelian. Di Lazada, kategori groceries menjadi salah satu yang paling diminati. Penjualan tissue, misalnya, meningkat pesat, diikuti oleh beras dan mi instan. Saat Harbolnas 12.12, produk perlengkapan mencuci dan kebutuhan rumah tangga lainnya juga laris manis. Tren ini diprediksi akan berlanjut pada 2025, dengan permintaan produk kebersihan organik dan makanan ringan, seperti frozen food, terus meningkat.
2. Fashion
Fashion tetap menjadi kategori unggulan di Lazada. Pada 2024, aksesoris rambut seperti jepit dan pita, serta kaos kaki anak sekolah, mendominasi tren belanja. Sepatu olahraga dan pakaian olahraga juga banyak dibeli saat Harbolnas 12.12. Pada 2025, produk fashion dengan desain sporty dan stylish diperkirakan akan terus berkembang, menciptakan peluang besar bagi penjual.
3. Beauty
Kategori kecantikan menunjukkan pertumbuhan signifikan, dengan sabun mandi dan produk perawatan wajah menjadi produk terlaris di 2024. Skincare pria dan parfum lokal juga populer, terutama selama Harbolnas 12.12. Ke depan, produk kecantikan, terutama yang berbasis perawatan tubuh, diprediksi tetap diminati.
Baca Juga: Uang Terus Dibakar, E-Commerce Gulung Tikar
4. Elektronik
Aksesoris elektronik, seperti pengaman kabel dan mini fan, menjadi barang yang banyak dibeli di Lazada. Produk elektronik besar seperti smartphone, kulkas, dan mesin cuci juga laris, dengan pelanggan semakin percaya membeli barang elektronik online. Pada 2025, tren ini diperkirakan akan berlanjut, dengan permintaan perangkat audio dan smartphone yang tetap tinggi.
5 Kebutuhan Ibu dan Anak
Produk esensial untuk bayi, seperti popok, baby wipes, dan minyak telon, masih menjadi favorit pelanggan. Penjualan produk perawatan bayi meningkat signifikan, memberikan peluang bagi penjual yang fokus pada kategori ini.
Baca Juga: Masih Berkembang Pesat, iDEA Proyeksi Ecommerce Indonesia Tumbuh 20% - 25%
“Dengan memahami tren belanja terkini, para pelaku bisnis dapat merancang strategi yang lebih efektif. Melalui fitur Bisnis Analisis di Seller Center, Lazada terus memberikan data dan wawasan yang berguna untuk mendukung pengembangan bisnis para penjual,” ujar Amelia Tediarjo, Head of Operations Lazada Indonesia.
Dengan pasar eCommerce Indonesia yang semakin dinamis, tahun 2025 menyimpan peluang besar bagi bisnis untuk tumbuh dan beradaptasi dengan tren belanja yang berkembang.
Selanjutnya: Perusahaan Pangeran Saudi Incar Investasi TikTok di Tengah Spekulasi Akuisisi Musk
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News