AturUang

Danamon Lihat Tabungan Masih Jadi Pilihan Nasabah

Danamon Lihat Tabungan Masih Jadi Pilihan Nasabah

MOMSMONEY.ID - Peribahasa 'sedikit-sedikit, lama-lama menjadi bukit' yang berarti usaha atau upaya kecil yang kita lakukan terus-menerus lambat laun akan membuahkan hasil, seringkali menjadi dasar keyakinan banyak di antara kita untuk menabung.

Ketika ada impian yang ingin dicapai, seperti punya rumah atau mobil idaman ataupun rencana liburan baik ke dalam maupun ke luar negeri, menabung menjadi salah satu kunci mewujudkan impian tersebut.

Untuk mendukung kepercayaan tersebut, belum lama ini PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Danamon) bersama Jakpat melakukan riset mengenai preferensi menabung masyarakat dan menemukan fakta menarik bahwa menabung masih menjadi pilihan utama masyarakat untuk menjaga stabilitas finansial.

Berdasarkan riset Danamon bersama Jakpat ada tiga generasi produktif saat ini. Yaitu Gen X, generasi lahir pada tahun 1965-1980 (sekarang berusia 40-55 tahun), Gen Y atau Milenial yaitu generasi lahir pada tahun 1981-1996 (saat ini berusia 24-39 tahun, dan Gen Z, generasi lahir pada tahun 1997-2012 dan sekarang yang berusia 8-23 tahun. Ternyata ketiga generasi masih menganggap menabung sebagai sesuatu yang penting dan menarik. Lantas, apa saja temuan menarik dari riset tersebut?

Baca Juga: Danamon Cash Connect, Solusi Internet Banking untuk Nasabah Korporasi, SME & Pebisnis

○ 67% Gen X, 64% Gen Y, dan 79% Gen Z percaya akan pentingnya menabung karena dapat membantu mewujudkan rencana finansial mereka.

○ 74% responden membuka tabungan untuk dana darurat. Hal ini menunjukkan kesadaran akan pentingnya persiapan finansial di saat mendesak.

○ 71% responden membuka tabungan simpanan masa depan, sebagai bentuk perencanaan finansial jangka panjang untuk kebutuhan di masa depan.

○ 84% responden memilih bank sebagai tempat menabung. Namun, sekitar 22% responden masih bingung memilih tempat menabung yang sesuai kebutuhan. Hal itu menunjukkan kurangnya informasi mengenai pilihan produk tabungan masih kurang didapat oleh masyarakat.

○ 59% responden menghemat pengeluaran sebagai usaha menabung.

○ 56% responden menyisihkan uang secara konsisten, menandakan disiplin dalam mengelola keuangan.

○ 85% responden tertarik dengan program undian berhadiah melalui tabungan.

○ 76% responden termotivasi menabung karena program undian berhadiah.

Baca Juga: Ada Promo Nonton Khusus Nasabah Danamon, Dapat Cashback Rp 25.000

Ivan Jaya selaku Consumer Funding & Wealth Business Head PT Bank Danamon Indonesia mengatakan sebanyak 71% responden menyatakan sangat berminat untuk menambahkan jumlah uang yang mereka tabung ketika mengikuti program ini. Bahkan, 72% responden menganggap uang tunai berupa saldo tabungan, seperti cashback, sebagai hadiah yang paling masuk akal untuk dimenangkan.

"Jadi, kami percaya bahwa Danamon dapat membantu masyarakat memegang kendali atas tujuan dan kebutuhan finansial mereka, baik melalui pengelolaan keuangan yang lebih baik maupun dengan berbagai hadiah yang semakin banyak dan semakin mudah untuk dimenangkan,” ujarnya.

Sementara itu, riset ini juga menunjukkan bahwa 43% responden memilih mobil dan motor sebagai hadiah yang menarik. Hasil ini menunjukkan bahwa hadiah non-moneter tetap memiliki daya tarik signifikan.

Temuan preferensi hadiah berupa cashback dan kendaraan bermotor ini mendukung hasil riset sebelumnya mengenai Danamon Hadiah Beruntun yang dilakukan Danamon bersama lembaga riset independen lainnya, sehingga membuktikan bahwa Danamon Hadiah Beruntun bisa menjadi program yang tepat untuk meningkatkan motivasi masyarakat dalam hal menabung.

“Riset kami bersama Jakpat menunjukkan menabung di bank masih menjadi pilihan relevan bagi masyarakat Indonesia. Dengan produk tabungan bank, dana yang disimpan cenderung lebih aman dan bisa juga digunakan untuk kebutuhan jangka pendek hingga panjang karena sifatnya yang likuid. Terlebih, setiap orang memiliki preferensi dan kebutuhan yang berbeda-beda atas produk tabungan. Itulah sebabnya Danamon memiliki berbagai pilihan produk tabungan,” ungkap Ivan.

Baca Juga: Dorong Bisnis Nasabah, Danamon Gencar Lakukan Transformasi Kantor Cabang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News