Bugar

Daftar Buah yang Harus Dihindari Penderita Asam Lambung

Daftar Buah yang Harus Dihindari Penderita Asam Lambung

MOMSMONEY.ID - Daftar buah yang harus dihindari penderita asam lambung ada beragam dan perlu Anda perhatikan sebelum mengonsumsinya.

Ada beberapa buah pantangan asam lambung yang sebaiknya dihindari atau dibatasi konsumsinya jika Anda menderita asam lambung. 

Hal ini karena buah-buahan tersebut dapat meningkatkan produksi asam di lambung. 

Jika memiliki penyakit asam lambung, Anda sebaiknya lebih selektif saat mengonsumsi makanan tertentu, termasuk buah-buahan. 

Dilansir dari Mayo Clinic, berikut ini adalah daftar buah yang harus dihindari penderita asam lambung antara lain: 

Baca Juga: Ketahui Ini Sederet Manfaat Buah Zaitun Jika Dimakan Langsung

1. Apel hijau

Buah yang harus dihindari penderita asam lambung yang pertama adalah apel hijau. Apel hijau memiliki rasa lebih asam dibandingkan apel merah.

Asam yang tinggi pada buah apel hijau inilah yang dapat memicu peningkatan kadar asam lambung serta berisiko memicu dan memperparah gejala penyakit asam lambung. 

2. Nanas

Buah yang harus dihindari penderita asam lambung yang kedua adalah nanas. Sebagian penderita penyakit asam lambung tidak merasakan kekambuhan gejala setelah makan nanas.  

Tetapi terkadang ada juga pasien asam lambung yang bisa mengalami kekambuhan gejala setelah mengonsumsi buah ini. 

3. Jeruk

Buah yang harus dihindari penderita asam lambung yang ketiga adalah jeruk. Buah sitrus, seperti jeruk, jeruk nipis, dan lemon, memang tinggi akan vitamin C. 

Namun, buah ini juga banyak mengandung asam, sehingga dapat memicu kambuhnya gejala penyakit asam lambung, seperti mual dan nyeri ulu hati. 

Baca Juga: Sederet Manfaat Pisang yang Tidak Perlu Diragukan Lagi untuk Kesehatan

4. Tomat

Buah yang harus dihindari penderita asam lambung yang keempat adalah tomat. Tomat memiliki kandungan asam yang tinggi seperti buah citrus. 

Bagi pengidap asam lambung, tomat dapat memicu naiknya asam lambung. Selain tomat segar, pengidap juga perlu menghindari berbagai olahan tomat, seperti saus. 

Jangan ragu untuk berkonsultasi ke dokter guna mengetahui apa saja buah pantangan asam lambung yang harus Anda hindari. 

Itulah beberapa buah yang harus dihindari penderita asam lambung agar tidak memperparah gejalanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News