Santai

Coba Trik Dua-Menit Ajaib Ini Untuk Selesaikan Tugas Berat yang Membebani

Coba Trik Dua-Menit Ajaib Ini Untuk Selesaikan Tugas Berat yang Membebani

MOMSMONEY.ID - Ketika ingin melakukan sebuah tugas tetapi terbebani, Anda bisa mencoba trik aturan dua-menit atau two-minutes rule. Cara ini juga bisa digunakan ketika ingin membangun kebiasaan baru. 

James Clear, penulis buku laris Atomic Habits mengatakan, dia mengerti jika ingin membuat perubahan besar atau pekerjaan besar, rasanya akan sangat terbebani. 

Nah, ada teknik untuk membantu Anda menyelesaikan tugas tersebut yaitu hanya dengan dua menit. 

Mengutip Entrepreneur.com, aturan dua-menit ini memungkinkan Anda menerapkan kebiasaan baru dalam kehidupan sehari-hari, kendati hal tersebut tidak masuk akal atau besar. 

Caranya adalah bagilah tugas besar Anda menjadi tugas singkat yang dapat diselesaikan dalam dua menit atau kurang. 

"Ambil kebiasaan atau suatu tugas yang ingin kamu lakukan lalu bagi menjadi sesuatu yang hanya membutuhkan waktu dua menit atau kurang," kata Clear. 

Misalnya, jika Anda ingin melakukan yoga empat hari dalam seminggu, itu artinya, membagi tugas dari "mengambil matras yoga" terlebih dahulu. 

Atau jika ingin membaca 30 buku dalam setahun, artinya dimulai dengan tugas "membaca buku 1 halaman". 

Terkadang, untuk membangun kebiasaan baru berolah raga pun, yang diperlukan adalah mengenakan pakaian olah raga lalu berjalan keluar rumah, bukan memulai lari sejauh 5 km atau mengambil kelas olah raga yang intens. 

Cara ini alhasil bisa membantu untuk memulai langkah pertama, yang mana merupakan langkah tersulit ketika melakukan sesuatu. 

Perencanaan dan persiapan tentu bermanfaat. Namun, ketika perencanaan ini malah membuat Anda tidak mengambil tindakan, hal inilah yang perlu dihindari. Pada titik tertentu, perencanaan malah menjadi alasan untuk menunda. Lakukan sekarang dengan aturan ajaib dua-menit ini. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News