Keluarga

Cegah Stres, Ini 5 Makanan dan Minuman Penyebab Stres yang Harus Anda Kurangi

Cegah Stres, Ini 5 Makanan dan Minuman Penyebab Stres yang Harus Anda Kurangi

MOMSMONEY.ID - Berikut 5 makanan dan minuman penyebab stres yang harus Anda kurangi.

Ada banyak faktor penyebab stres dan salah satunya yang jarang disadari oleh banyak orang adalah makanan serta minuman yang dikonsumsi.

Jadi, jika Anda ingin mencegah atau meredakan stres, pastikan untuk menjaga pola makan sehat dan menghindari makanan serta minuman yang telah terbukti bisa menyebabkan stres.

Termasuk gorengan, inilah 5 makanan dan minuman penyebab stres yang harus Anda kurangi sebagaimana MomsMoney rangkum dari laman Runtastic.

Baca Juga: 5 Jenis Vitamin yang Bermanfaat untuk Merawat Kecantikan Kulit, Apa Saja?

1. Gula

Gula halus

Makanan dan minuman penyebab stres yang harus Anda kurangi pertama adalah gula. Jika Anda ingin meredakan stres, gula adalah salah satu makanan pertama yang harus dikurangi dalam diet Anda.

Tatkala stres melanda, tubuh akan melepaskan lebih banyak kortisol atau hormon yang bertanggung jawab untuk membantu mengelola stres dan kadar gula darah. Itu karena saat Anda makan makanan manis, kadar gula darah akan melonjak dan tubuh harus melepaskan lebih banyak kortisol untuk menyeimbangkan gula darah.

Masalahnya, peningkatan kortisol tersebut bisa menyebabkan masalah tidur, penurunan respons imun, sakit kepala, dan mengidam makanan yang tidak sehat. Selain itu, kadar gula darah yang berfluktuasi dapat dengan cepat menyebabkan perasaan yang mirip dengan stres, termasuk kecemasan dan ketakutan.

Dengan mengurangi atau bahkan menghilangkan makanan tinggi gula dan makan lebih banyak makanan utuh, itu akan menjaga gula darah tetap stabil. Pada gilirannya, gula darah yang stabil akan mendorong perubahan suasana hati menjadi lebih sedikit sekaligus mengurangi stres.

2. Karbohidrat olahan

Roti tawar atau roti putih

Makanan dan minuman penyebab stres yang harus Anda kurangi kedua adalah karbohidrat olahan.

Karbohidrat olahan dapat menyebabkan kadar gula darah berfluktuasi yang kemudian menghasilkan perasaan murung dan mudah tersinggung.

Banyak karbohidrat olahan terutama dalam bentuk makanan kemasan yang tinggi sodium. Selain menyebabkan haus, sodium dalam jumlah ekstra juga bisa menyebabkan tubuh menahan lebih banyak cairan.

Pada akhirnya, kondisi ini akan memaksa jantung untuk bekerja lebih keras dalam menjaga darah agar tetap terpompa. Tekanan darah juga dapat meningkat dan membuat Anda merasa kembung, tidak sehat, serta lebih mudah terserang stres.

3. Gorengan dan makanan cepat saji

Gorengan

Makanan dan minuman penyebab stres yang harus Anda kurangi ketiga adalah gorengan dan makanan cepat saji.

Tubuh harus bekerja lebih keras untuk mencerna makanan berlemak seperti gorengan dan makanan cepat saji.

Umumnya, gorengan dimasak dengan lemak pada suhu yang sangat tinggi. Alhasil, gorengan cenderung mengandung lemak trans.

Lemak trans sendiri telah terbukti dapat meningkatkan rasio LDL atau kolesterol jahat dalam darah. Adapun hal ini berkaitan dengan peningkatan risiko penyakit seperti penyakit jantung, diabetes, obesitas, dan kanker. Makanan tinggi lemak trans juga bisa menyebabkan peradangan dan stres pada tubuh.

Baca Juga: 5 Efek Negatif Mengonsumsi Terlalu Banyak Karbohidrat, Salah Satunya Bikin Jerawatan!

4. Minuman berkafein

Jenis Olahan Black Coffee Berbasis Espresso

Makanan dan minuman penyebab stres yang harus Anda kurangi keempat adalah minuman berkafein.

Secara teratur minum beberapa cangkir minuman berkafein seperti kopi setiap hari kemungkinan besar akan membuat Anda merasa lebih stres daripada yang Anda inginkan. Mengonsumsi terlalu banyak kafein dapat menimbulkan masalah bagi kelenjar adrenal dengan menstimulasi tubuh secara berlebihan.

Karena bersifat merangsang sistem saraf, kafein juga dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah dan detak jantung yang pada akhirnya akan meningkatkan perasaan cemas. Jadi, bagi Anda yang menderita gangguan kecemasan, mengurangi kafein merupakan salah satu hal pertama yang harus Anda lakukan.

Penting untuk diingat bahwa kafein tidak hanya ditemukan dalam kopi. Kafein juga banyak ditemukan dalam soft drink, jenis teh tertentu, minuman berenergi, penghilang rasa sakit yang dijual bebas, dan bahkan cokelat.

5. Alkohol

Minuman fermentasi anggur atau wine

Makanan dan minuman penyebab stres yang harus Anda kurangi kelima adalah alkohol. Segelas alkohol mungkin bisa membantu Anda merasa lebih rileks setelah hari yang intens. Namun, meminumnya lebih dari itu hanya akan menghilangkan manfaat kesehatan dari alkohol dan menambah lebih banyak stres.

Ini karena alkohol dapat meningkatkan produksi hormon yang akan membuat Anda merasa cemas dan lebih stres daripada sebelum Anda meminumnya. Alkohol juga bisa meningkatkan tekanan darah dan detak jantung serta memicu gejala seperti stres yang sama di dalam tubuh.

Kebanyakan minuman beralkohol juga mengandung gula. Itu artinya, Anda akan mendapatkan dua kali lipat bahan penyebab stres saat mengonsumsinya.

Di sisi lain, alkohol dapat mengganggu pola tidur. Jadi, besar kemungkinan Anda tidak akan mendapatkan tidur nyenyak yang diperlukan untuk merasa segar kembali.

Demikian 5 makanan dan minuman penyebab stres yang harus Anda kurangi. Jangan lupa dicatat ya, Moms!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News