Keluarga

Carport vs Garasi, Mana yang Sebaiknya Dipilih?

Carport vs Garasi, Mana yang Sebaiknya Dipilih?

MOMSMONEY.ID - bYuk cari tahu perbedaan carport vs garasi, mana yang paling tepat untuk kendaraan Anda dan sebaiknya Anda pilih? 

Saat Anda menambah kendaraan baru, mungkin Anda akan dihadapkan pada pertanyaan yang membingungkan. Apakah sebaiknya Anda menggunakan garasi di rumah atau carport? 

Lalu apa perbedaan carport vs garasi? Melansir Rhythm of The Home, keduanya memiliki struktur yang tujuannya sama yaitu untuk melindungi kendaraan dari perubahan cuaca dan meningkatkan keamanan. 

Baca Juga: 4 Bahan Alami yang Bisa Memutihkan Kulit Tangan, Ada Kopi

Apa perbedaan carport vs garasi?
Namun tetap saja ada beberapa perbedaan antara carport vs garasi. Secara definisi, carport adalah struktur luar ruangan yang sederhana terdiri dari atap dan penyangganya untuk melindungi kendaraan dari perubahan cuaca. 

Sementara itu, garasi dikenal dengan struktur yang lebih kompleks karena membutuhkan dinding yang kokoh dan penutup yang lengkap. Dari definisi, garasi terlihat lebih menguntungkan namun carports juga menghadirkan beberapa fitur nyaman yang patut Anda pertimbangkan.

Memahami perbedaan carport vs garasi sangat penting untuk membuat keputusan yang tepat untuk rumah bagi kendaraan Anda. 

1. Carport vs Garasi: keamanannya?
Keamanan kendaraan tentu penjadi perhatian utama bagi para pemilik mobil supaya terhindar dari upaya pencurian. Garasi dalam hal ini menyediakan struktur yang lebih tertutup dengan tembok yang kokoh sehingga lebih unggul.

Meski sebenarnya pencuri tetap saja bisa mencuri kendaraan Anda jika garasi tidak diamankan dengan baik. Namun bagaimanapun, garasi tetap lebih aman karena kendaraan tersembunyi. Sementara carport terlalu terbuka untuk mobil mewah Anda. 

2. Carport vs Garasi: perlindungan dari perubahan cuaca?
Dari segi perlindungan dari perubahan cuaca, garasi juga lebih unggul untuk mengamankan kendaraan ketimbang carport. Memiliki ruang yang sepenuhnya tertutup untuk memarkir kendaraan dianggap lebih menguntungkan karena Moms tak perlu lagi khawatir dengan hujan, panas dan badai. 

Meski begitu, carport masih layak untuk melindungi kendaraan Anda. Performanya cukup baik jika Anda tinggal di iklim sedang yang biasanya tak banyak terpengaruh oleh cuaca ekstrem.

Banyak pemilik rumah lebih memilih membangun carport atau garasi karena alasan lain selain memarkir mobil mereka. Biasanya mereka juga ingin membuat ruangan untuk menyimpan perkakas atau alat lain yang tidak cocok disimpan di dalam rumah. Sehingga garasi jadi pilihan yang teat. 

3. Carport vs Garasi: kenyamanan?
Banyak carport didesain untuk dipasang pada jalan masuk yang memiliki jarak tertentu dengan pintu depan rumah Anda. Di sisi lain garasi bisa lebih nyaman karena seringnya dirancang sebagai struktur terpasang  dengan bagian dallam rumah Anda. 

Meski jaraknya tidak terlalu jauh, saat berjalan kaki dari carport ke pintu depan, hal itu bisa menjadi masalah saat membawa belanjaan atau barang berat lainnya dari mobil. Sebagai bonus, garasi juga menghilangkan potensi Anda terkena hujan saat harus menuju ke mobil atau turun dari mobil. 

Baca Juga: Tak Hanya The Mother, 5 Film Ini Juga Dibintangi Oleh Jennifer Lopez

4. Carport vs Garasi: instalasi?
Jika dilihat dari kerumitan instalasinya, maka carport adalah pilihan yang lebih menguntungkan. Carport memiliki struktur yang lebih sederhana dibandingkan garasi karena tidak menggunakan dinding dan pintu. 

Anda bahkan bisa membangung carport sederhana sendirian dengan memilih alat yang tepat. Namun instalasi carport yang lebih rumit tetap membutuhkan tenaga profesional. 

5. Carport vs Garasi: penampilan?
Tampilan dari sebuah struktur sangat mempengaruhi penampilan rumah Anda. Sehingga ini aspek penting yang perlu Anda pertimbangkan apalagi di masa depan ada kemungkinan untuk menjual rumah. 

Carport tidak memiliki daya jual dalam hal estetika karena hanya menggunakan struktur sederhana yaitu tiang penyangga dan atap. Dengan memilih garasi, Anda bisa mendapatkan keuntungan dari struktur yang kompleks dan bisa melengkapi arsitektural rumah Anda. 

6. Carport vs Garasi: biaya?
Seperti yang sudah Anda bayangkan, dengan struktur yang lebih rumit maka membangun garasi lebih banyak memakan biaya alias mahal. Jika Anda memiliki dana terbatas, maka sebaiknya pilih membangun carport. 

Namun, meski harus mengeluarkan biaya mahal garasi adalah investasi jangka panjang yang menguntungkan. Garasi dapat menambah nilai jual saat Anda berencana menjual rumah. 

Demikian perbedaan antara carport vs garasi. Setelah mengetahui aspek-aspek di atas, menurut Anda apa yang sebaiknya dibangun di rumah? 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News