MOMSMONEY.ID - Tempat bisnis menjadi salah satu faktor kunci kesuksesan usaha. Apalagi, untuk usaha ritel, restoran atau bisnis yang bergantung pada pengunjung secara fisik.
Menemukan tempat atau lokasi untuk berbisnis bukan perkara mudah. Tentu, banyak faktor yang harus dipertimbangkan dalam memilih lokasi bisnis agar tempat tersebut bisa mendukung bisnis dalam mendapatkan cuan.
Namun, kini pencarian tempat bisnis atau lapak bisnis bisa dicari dengan cara yang lebih mudah dan sederhana. Sehingga, proses mencari tempat bisnis yang biasanya dilakukan secara manual dan memakan banyak waktu bisa dilewatkan.
Urusan dan tantangan dalam mencari tempat berbisnis bisa dimudahkan dengan menggunakan aplikasi yang memberikan layanan rekomendasi tempat bisnis. Aplikasi ini membantu pengusaha dalam menemukan tempat strategis. Biasanya, aplikasi ini memanfaatkan data analisis lokasi, pemahaman demografi dan faktor lainnya yang dapat mendukung kesuksesan bisnis termasuk memberikan rekomendasi tempat yang cocok.
Berikut, salah satu pemain aplikasi rekomendasi tempat bisnis yang bisa Anda telusuri, apa fitur, layanan dan solusi yang aplikasi ini tawarkan.
Baca Juga: 15 Ide Usaha yang Menjanjikan di Masa Depan
Berdiri sejak 2023, aplikasi LapakIn hadir sebagai solusi untuk menyederhanakan pencarian lapak untuk berjualan. Kini hanya, melalui telepon pintar calon pengusaha bisa mencari lapak usahanya tanpa harus memakan banyak waktu.
Haoking Suryanatmaja, CEO LapakIn mengatakan target pasar aplikasi ini adalah pelaku UMKM yang baru memulai bisnis. Mereka yang membutuhkan lokasi yang strategis bisa menggunakan aplikasi ini.
Selain itu, pebisnis yang ingin melakukan ekspansi bisnis dengan mencari lokasi usaha yang baru juga bisa memanfaatkan aplikasi ini.
Dalam memberikan rekomendasi tempat, Haoking menjelaskan LapakIn dikembangkan dengan menggunakan teknologi machine learning. Teknologi ini menyederhanakan proses pencarian lokasi usaha. Teknologi ini juga memungkinkan pengumpulan dan analisis data dari pelaku UMKM serta pemilik lapak. Alhasil, pengguna bisa mendapatkan rekomendasi lokasi yang sesuai dengan kebutuhan bisnis masing-masing.
Haoking mengatakan saat ini aplikasi LapaKin masih dalam tahap trial dan belum memungut biaya dari pengguna.
Ke depannya, Haoking melihat aplikasi ini memiliki peluang besar dalam membantu UMKM menemukan lokasi bisnis yang strategis. Haoking berpandangan meski transaksi online semakin populer, tetapi kebutuhan untuk menjalankan bisnis secara offline tetap ada. Bagaimanapun beberapa aktivitas tidak dapat sepenuhnya dialihkan ke platform digital.
"LapakIn melihat peluang usaha ini dan berkomitmen untuk memberikan solusi bagi pelaku usaha yang membutuhkan lokasi strategis untuk bisnis offline mereka," kata Haoking.
Namun, salah satu tantangan terbesar datang dari minimnya ketersediaan data yang menjadi dasar untuk memberikan rekomendasi lokasi yang akurat. "Saat ini aplikasi baru mendukung uda kategori lapak, yaitu lapak untuk pakaian serta lapak makanan dan minuman," kata Haoking.
Selanjutnya: Satgas Posko Nataru Ungkap Energi dan Listrik Selama Nataru Aman
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News