MOMSMONEY.ID - Sesuaikan produk dengan pengikut media sosial, menjadi salah satu kunci untuk bergabung ke affiliate.
Fennicia Auliantika, perencana keuangan Oneshildt mengatakan bahwa affiliate adalah program pembagian komisi penjualan produk yang menarik untuk semua pengguna media sosial tanpa terkecuali.
Tak perlu modal besar, para affiliator hanya cukup memiliki akun marketplace tertentu dan salah satu media sosial untuk mempromosikan produk tanpa syarat minimal followers.
Akan tetapi, tak semua affiliator akan berhasil. Ada banyak hal yang harus diperhatikan.
Baca Juga: Tips Menjadi Beauty Influencer yang Sukses ala Suhay Salim
Pertama, kesesuaian produk dengan follower Agar dapat tepat sasaran. Hal yang penting adalah melakukan riset kecil untuk kesesuaian produk yang dipromosikan dengan followers di media sosial kita.
"Probabilitas followers untuk meng-klik link promosi dan membeli produk akan lebih tinggi jika tepat sasaran," ungkap Fennicia.
Misalnya saja, jika affiliator seorang ibu rumah tangga muda dengan follower yang banyak adalah ibu-ibu muda juga, maka pilihlah produk yang dibutuhkan seperti perlengkapan bayi, alat pembersih rumah, dan bisa juga kebutuhan rumah tangga yang sedang diskon dengan harga lebih murah daripada di supermarket.
Baca Juga: Intip Cara Daftar Mitra Shopee dalam 3 Tahapan beserta Syaratnya
Kedua, pastikan seler terpercaya. Fennicia bilang produk yang dipromosikan sebisa mungkindari seller yang memiliki track record baik dalam menjual barang.
Hal ini mulai dari keaslian produk, pengiriman, pengemasan, maupun garansi pengembalian produk.
Jika bingung bagaimana mengetahui seller tersebut terpercaya atau tidak sebenarnya bisa terlihat di profil seller dengan melihat berapa produk yang sudah terjual, penilaian atau ulasan produk, dan berapa persen respon penjual.
"Lebih singkatnya, affiliator dapat langsung memilih produk dari star seller," kata Fennica.
Ketiga, pilih produk yang original dan perhatikan kualitasnya.
Baca Juga: Simak Tips Lakukan Pekerjaan Rumah Praktis dari Konten Kreator Natasha Surya
Saran Fennicia pastikan produk yang dipromosikan berkualitas atau setidaknya ‘worth to buy’. Jangan memilih produk yang akan dipromosikan yang tidak original.
Keempat, buat konten yang original. Misalnya, seperti foto dan video konten hasil karya sendiri.
"Jangan menggunakan materi konten yang didapatkan dari hasil karya orang lain tanpa izin," pesan Fennicia
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News