Santai

Cara Transfer File dari Komputer ke Komputer Lain dengan Mudah Tanpa Kabel

Cara Transfer File dari Komputer ke Komputer Lain dengan Mudah Tanpa Kabel

MOMSMONEY.ID - Memindahkan dokumen yang ada di komputer satu dengan lainnya membutuhkan usaha. Tak perlu khawatir, ada cara transfer file dari komputer ke komputer lain. 

Cara transfer file dari komputer ke komputer lain dapat dengan mudah Anda simak di artikel ini. 

Metode transfer PC-ke-PC terbaik bergantung pada ukuran berkas, waktu yang tersedia, dan perangkat keras yang Anda miliki. Akan tetapi, cara transfer file dari komputer ke komputer paling mudah menggunakan penyimpanan eksternal. 

Ini adalah pilihan yang tepat bagi kebanyakan orang karena kemudahannya. Yang perlu Anda lakukan hanyalah menempelkan flash drive USB ke satu komputer dan menyalin datanya. 

Tempelkan drive yang sama ke komputer lain, lalu tempel datanya. Mudah. ​​Punya lebih banyak data daripada yang dapat dimuat dalam flash drive? Gunakan hard drive eksternal sebagai gantinya. 

Baca Juga: Ini 4 Cara Membuat File PDF Terkunci dan Tidak Bisa Dicopy oleh Pengguna Lain

Kartu microSD (dan pembaca kartu) dapat digunakan jika Anda tidak memiliki keduanya.

Tidak ada pengaturan yang diperlukan. Anda hanya perlu tahu cara menggunakan perangkat penyimpanan eksternal pada sistem operasi Anda. 

Jika memiliki banyak file untuk dipindahkan, versi USB dari port pada komputer dan perangkat penyimpanan eksternal itu sendiri penting. 

BeeDrive

Selain cara tersebut, Anda juga bisa menggunakan jaringan atau koneksi WiFi. 

Mudah untuk berbagi berkas dan folder antara komputer yang berdekatan dan terhubung ke jaringan lokal yang sama. 

Baca Juga: Ini 5 Cara Mengatasi File Corrupt di Laptop dan Penyebabnya

Salah satu caranya, dapat menggunakan layanan berbagi berkas jaringan sistem operasi Anda untuk mengakses hard drive komputer lokal lain menggunakan jaringan area lokal (LAN). 

Anda juga dapat menggunakan perangkat lunak pihak ketiga untuk mentransfer berkas melalui Wi-Fi.

Jika mentransfer file karena PC lama tidak berfungsi lagi, Anda dapat memilih untuk menghubungkan hard drive lama ke PC baru secara manual. Hard disk drive (HDD) dan beberapa solid-state drive (SSD) menggunakan kabel SATA standar untuk terhubung ke motherboard. 

Jika memiliki port SATA atau eSATA (SATA eksternal) cadangan di komputer, hubungkan hard drive lama Anda di sana. Sistem operasi akan mengenalinya sebagai drive baru, dan Anda dapat mentransfer file ke drive baru.

Tidak seperti PC, sulit menemukan port SATA cadangan pada laptop. Sebagai gantinya, Anda dapat menggunakan solusi lain, seperti penutup eksternal atau stasiun dok USB, untuk mengeluarkan data dari hard drive. 

Baca Juga: Bagaimana Cara Menyambungkan HP ke TV Tanpa Kabel? Intip Langkah dan Tipsnya

Berinvestasi dalam casing eksternal juga memungkinkan Anda menggunakan hard drive lama sebagai penyimpanan eksternal portabel setelah menyalin semua data darinya.

Pilihan terakhir adalah menggunakan internet untuk mentransfer file dari PC ke PC. Ini adalah metode transfer file yang paling mudah, tetapi juga yang paling tidak aman dan dapat memakan waktu, dari beberapa menit hingga beberapa hari, tergantung pada kualitas koneksi internet.

Anda dapat memilih salah satu dari berbagai penyedia penyimpanan awan, seperti Dropbox, Google Drive, atau OneDrive. 

Penyedia ini memungkinkan Anda menyimpan berkas di drive awan dan mengaksesnya di perangkat mana pun di mana pun. 

Anda dapat memilih untuk menyinkronkan berkas dan folder komputer, sehingga perubahan terlihat di semua perangkat secara bersamaan. Karena semakin banyak pengguna sekarang menggunakan penyimpanan cloud untuk menyimpan berkas mereka, ini mungkin cara termudah untuk menyinkronkan berkas Anda antara komputer di lokasi berbeda.

Nah, itulah informasi mengenai cara transfer file dari komputer ke komputer lainnya. 

Selanjutnya: Malaysia's Press Metal Inks Alumina Refinery JV in Indonesia Push

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News