InvesYuk

Cara Menghilangkan Noda Saos di Baju itu Mudah, Coba Saja!

Cara Menghilangkan Noda Saos di Baju itu Mudah, Coba Saja!

MOMSMONEY.ID -  Saos sambal atau saos tomat bisa jadi noda yang cukup sulit dihilangkan jika menempel di baju. Tapi tenang, ada cara mudah untuk menghilangkannya!

Cipratan atau tetesan saos terkena baju pasti pernah dialami hampir semua orang. Mungkin jika jatuh mengenai baju gelap Anda tak akan begitu panik. Tapi bagaimana jika noda saos ini mengenai baju putih atau baju cerah lainnya? 

Baca Juga: 4 Film Indonesia Siap Tayang di Netflix Hari Ini (11/5), Tonton Yuk

Tenang saja, begini cara mudah menghilangkan noda saos di baju. Melansir Taste of Home, Anda hanya perlu menyiapkan detergen, sabun cuci piring dan hidrogen periksoda. 

Salah satu alasan kenapa noda saos yang menempel di baju sulit dihilangkan karena saos mengandung tanin. Ini adalah senyawa alami yang ditemukan di tomat, buah dan sayuran lain yang menghasilkan warna. Tanin adalah zat yang sama yang menyebabkan noda pada gigi dan kotak makanan. 

Salah satu cara utama membersihkan dan menghilangkan noda saos di baju adalah Anda harus segera membersihkannya saat baju sudah terkena saos. Semakin lama Anda membiarkannya, maka noda akan semakin meresap pada kain dan sulit dibersihkan.

Berikut cara menghilangkan noda saos di baju
1. Ambil segera saos yang menempel pada baju kemudian tepuk-tepuk dengan tisu. Jangan menggosoknya sebab jika digosok saos akan semakin meresap ke kain. 
2. Balik baju Anda kemudian siram noda dengan air dingin. Dengan membalik baju dan menyiramnya, Anda mendorong kotoran keluar dari kain. 
3. Aplikasikan detergen langsung ke area yang terkena noda. Mulai dari bagian luar noda kemudian berangsur ke tengah noda. Gosok dengan lembut dengan gerakan memutar. Kemudian diamkan 10 menit dan bilas. 

Baca Juga: Cegah Pertumbuhan Uban, Ini 6 Manfaat Kolagen untuk Kesehatan dan Kecantikan Rambut
4. Jika noda masih belum hilang, gunakan satu cup hidrogen periksoda yang dicampur dengan satu sendok teh sabun cuci piring. Aplikasikan ke noda saos dan diamkan 10 menit kemudian bilas. 
5. Setelah itu cuci baju menggunakan air panas. Setelah itu periksa kembali noda, jika belum hilang ulangi langkah dari awal. 

Demikia cara menghilangkan noda saos dari baju putih Anda. Semoga informasi ini bermanfaat!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News