Santai

Cara Menggunakan Fitur Transkrip Catatan Suara WhatsApp di Android

Cara Menggunakan Fitur Transkrip Catatan Suara WhatsApp di Android

MOMSMONEY.ID - WhatsApp telah lama berupaya menghadirkan fitur transkrips catatan suara dalam obrolan, dan kini akhirnya hadir. Cara menggunakan fitur transkrip catatan suara WhatsApp di Android dapat disimak di artikel ini. 

Fitur ini menghilangkan langkah membuka aplikasi pihak ketiga untuk transkripsi catatan suara WhatsApp. Cara menggunakan fitur transkrip catatan suara cukuplah mudah. 

Pembaruan terkini menawarkan fitur transkripsi catatan suara yang dapat langsung menuliskan pesan suara. Fitur ini akan menghemat waktu pengguna dengan mencatat apa pun yang diucapkan di catatan suara. 

Baca Juga: Cara Menambahkan Verifikasi Dua Langkah WhatsApp dengan Email di Android dan iPhone

Fitur transkrip catatan suara semakin menarik bagi masyarakat India karena fitur yang baru diluncurkan ini juga dapat mentranskripsikan pesan suara dalam bahasa lainnya. 

Namun, fitur ini hanya tersedia di Android untuk saat ini. Lalu, bagaimana cara menggunakan fitur transkrip catatan suara WhatsApp?

Fitur transkrip catatan suara WhatsApp dapat diakses dalam obrolan dan dapat diaktifkan melalui pengaturan aplikasi. Fitur ini eksklusif untuk aplikasi seluler dan tidak mendukung versi web. 

Ilustrasi Whatsapp

Berikut cara mengaktifkan fitur tersebut:

1. Buka pengaturan di aplikasi WhatsApp Anda. 

2. Klik pada Obrolan dan Anda akan melihat bilah sakelar untuk mengaktifkan fitur tersebut. 

3. Setelah diaktifkan, perintah transkripsi muncul di bawah catatan suara, memungkinkan pengguna memulai proses secara manual. 

4. Setelah mengklik, WhatsApp mengunduh file teks dan menampilkan hasil transkripsi di bawah catatan suara asli.

5. Setelah Anda mendapatkan catatan suara, Anda juga akan mendapatkan opsi apakah Anda ingin menyalinnya atau tidak. 

Baca Juga: Fitur Pesan Video Singkat WhatsApp Hilang, Begini Cara Memperbaikinya

Opsi ini hanya akan terlihat setelah Anda mengaktifkan fitur tersebut. 

Ketika Anda mengklik opsi transkripsi, itu akan mengunduh file dan teks catatan suara akan terlihat di bawah catatan suara.

WhatsApp menjamin pesan suara pribadi dilindungi dengan enkripsi end-to-end, memastikan hanya pengirim dan penerima yang dapat mengaksesnya. 

Bahkan WhatsApp sendiri tidak dapat mendengarkan pesan-pesan tersebut. Selain itu, file teks transkripsi bersifat pribadi dan tidak dapat dibagikan, sehingga semakin meningkatkan fitur privasi aplikasi.

WhatsApp juga sedang mengerjakan fitur baru untuk aplikasi yang memungkinkan pengguna memilih tema default untuk aplikasi. Tema ini tidak tergantung pada pengaturan telepon. 

Hingga saat ini, tema WhatsApp masih sinkron dengan tema bawaan ponsel. 

Baca Juga: Luncurkan Fitur Baru, Begini Cara Login Tanpa Password di WhatsApp untuk iOS

Jadi jika perangkat menggunakan tema gelap, aplikasi juga menjadi gelap, dan jika pengaturan ponsel menggunakan tema terang, maka WhatsApp juga menjalankan tema yang sama. 

Namun, dengan fitur-fitur yang akan datang, pengguna akan dapat menyesuaikan tema aplikasi satu per satu.

Jadi, begitulah cara menggunakan fitur transkrip catatan suara WhatsApp di Android. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News