Santai

Cara Mengedit Video di Canva, Cukup Ikuti 5 Langkah Mudah Berikut

Cara Mengedit Video di Canva, Cukup Ikuti 5 Langkah Mudah Berikut

MOMSMONEY.ID - Canva merupakan salah satu aplikasi yang berfokus pada desain grafis. Akan tetapi, Canva juga bisa digunakan untuk mengedit video. Cara mengedit video di Canva sangat mudah. 

Aplikasi ini akan memudahkan Anda untuk mengikuti cara mengedit video di Canva dengan sederhana. 

Artikel ini akan menjelaskan cara mengedit video di Canva, langkah demi langkah. Anda tak perlu takut karena mengedit video di Canva sangat mudah. 

Tidak seperti kebanyakan perangkat lunak pengeditan lainnya, Canva sepenuhnya berbasis cloud. Anda tidak perlu menginstal apa pun untuk menggunakannya, cukup daftar untuk mendapatkan akun gratis.

Baca Juga: 4 Cara Mengubah Ukuran Foto Online via Pixlr hingga Canva

Setelah selesai, Anda dapat masuk dari komputer mana pun atau bahkan menggunakan aplikasi seluler Canva untuk menghasilkan desain yang indah.

Pada awalnya, perangkat lunak ini terutama berfokus pada desain grafis, memungkinkan Anda membuat logo tanpa pengetahuan desain atau menghasilkan buku foto yang apik. 

Namun, dengan peluncuran editor video khusus, Canva telah berubah menjadi perangkat lunak pengeditan video yang lengkap.

Dengan antarmuka ramah pengguna yang menyertakan template, fitur seret dan lepas, dan pustaka aset, bahkan pembuat konten pemula pun dapat menghasilkan video berkualitas tinggi dalam hitungan menit, bukan jam.

Berikut cara mengedit video di Canva, ikuti langkah ini:

1. Mulai proyek baru

Langkah pertama (setelah Anda mendaftar akun) adalah memilih jenis proyek yang ingin Anda buat.

Jika Anda mengetahui dimensi video Anda, Anda dapat mengeklik Buat desain > Ukuran khusus dan masukkan detail yang benar.

Jika Anda tidak yakin, klik tombol Video setelah judul Apa yang akan Anda desain?.

Ini akan menunjukkan kepada Anda opsi yang tersedia di perangkat lunak, dari Instagram Reels hingga Video LinkedIn dan TikTok.

Baca Juga: 5 Cara Membuat Twibbon Hari Guru Nasional 2022 Termudah, Lihat Contohnya di Sini

2. Pilih template atau buat sendiri

Setelah Anda memilih jenis proyek, perangkat lunak akan membuka jendela kosong.

Salah satu fitur terbaik yang ditawarkan Canva untuk pemula adalah template. Anda dapat melihat ini di sisi kiri layar. Mereka bisa sangat membantu jika Anda ingin membuat urutan pembukaan atau presentasi.

Anda juga dapat menggunakan bilah pencarian untuk mencari template yang sesuai dengan kebutuhan spesifik Anda, seperti Tahun Baru atau Promosi.

Saat Anda mengklik dua kali sebuah template, itu akan ditambahkan ke bingkai Anda saat ini. Di sana, Anda dapat mengedit teks, mengganti foto dan video, mengubah warna, dan memindahkan berbagai hal agar lebih sesuai dengan kebutuhan Anda.

Jika Anda tidak dapat menemukan template yang Anda sukai, Anda selalu dapat memulai dari awal, yang akan kami kembangkan di poin berikutnya.

3. Tambahkan konten Anda

Pertama, di sisi kiri layar, Anda dapat menemukan tab untuk stok Video, Foto, dan Audio, serta Elemen (seperti bentuk dan stiker) dan Teks.

Beberapa di antaranya gratis untuk digunakan, dan beberapa memerlukan pembayaran. Anda dapat menarik dan melepas salah satunya ke layar, mengubah ukuran, dan memindahkannya.

Baca Juga: 4 Website Online Ini Bisa Bantu Buat CV Gratis lo, Coba Yuk

Anda tentu saja juga dapat mengunggah konten Anda sendiri. Gunakan tab Unggah di sebelah kanan untuk menambahkan video, audio, dan gambar yang telah direkam sebelumnya.

Kemudian, seret saja ke dalam bingkai. Saat Anda mengklik dua kali video atau gambar di layar, Anda juga dapat memotongnya.

Jika Anda menggunakan aplikasi Canva, Anda dapat merekam langsung ke dalam proyek. Cukup klik tombol +, dan arahkan ke Video. Kemudian pilih Kamera, dan mulai merekam. Pelajari selengkapnya tentang cara menggunakan aplikasi Canva untuk pemula.

4. Edit 

Sehubungan dengan pengeditan, perangkat lunak ini menawarkan banyak opsi. Pertama, ada garis waktu di bagian bawah layar yang telah disebutkan. 

Tombol + besar, Anda dapat menambahkan bingkai baru ke video. Kemudian, Anda dapat mengedit panjang setiap bingkai saat Anda menyeret garis di setiap sisinya.

Garis waktu juga memungkinkan Anda menambahkan transisi antar bingkai. Klik tanda + di antara bingkai, dan klik Tambahkan Transisi. Klik dua kali transisi untuk menambahkannya dan melihat opsi tambahan.

Baca Juga: 7 Aplikasi Foto Viral di Instagram dan TikTok, Beserta Cara Ubah Gambar Jadi Avatar

5. Unduh dan publikasikan

Setelah Anda selesai bermain dengan semua fitur, saatnya untuk melihat kreasi Anda. Anda dapat mempratinjaunya sebelum mengunduhnya, dengan tombol Putar di kanan atas layar.

Setelah itu, Anda dapat mengeklik tombol Unduh dan memilih format file yang diinginkan atau menggunakan tiga titik dan membagikannya langsung ke berbagai platform media sosial.

Nah, itulah cara mengedit video di Canva dengan mudah. Anda dapat mengikuti lima langkah tersebut untuk mulai mengedit video di Canva. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News