Santai

Cara Mengatasi Kotak Masuk Gmail Penuh dan Dapat Ruang Penyimpanan Gratis

Cara Mengatasi Kotak Masuk Gmail Penuh dan Dapat Ruang Penyimpanan Gratis

MOMSMONEY.ID - Bagaimana cara mengatasi kotak masuk Gmail penuh? Ada beberapa cara mengatasi kotak masuk Gmail penuh berikut ini. 

Gmail menjadi salah satu fitur e-mail dari Google yang banyak digunakan. Tak heran, jika banyak e-mail yang menumpuk sehingga membuat kotak masuk Gmail penuh. 

Tak hanya itu, artikel ini memberikan tips agar Anda bisa mendapatkan ruang penyimpanan gratis. 

Terdapat cara mudahuntuk mengembalikan kotak masuk menjadi kosong sambil tetap menyimpan semua email Anda. 

Baca Juga: Cara Mengatasi Penyimpanan Gmail Penuh dengan Transfer ke Email Baru

Hal yang perlu Anda lakukan adalah membuat akun Gmail kedua untuk menyimpan semua pesan Anda saat ini. 

Tidak ada batasan jumlah akun Google gratis yang dapat Anda miliki, yang berarti Anda dapat mengaturnya sebagai akun arsip khusus, lalu mentransfer semua email lama Anda ke akun tersebut. 

Mentransfer pesan Gmail Anda juga merupakan strategi yang bagus jika Anda memiliki akun Gmail sekolah atau bisnis yang tidak dapat Anda akses secara permanen.

Gmail

Sebagian besar universitas dan bisnis akan menonaktifkan akun Anda setelah Anda tidak lagi menjadi mahasiswa atau karyawan, jadi jika Anda ingin melihat pesan dan file lama Anda, Anda harus memindahkannya ke akun pribadi sebelum Anda kehilangan akses.

Menyelesaikan seluruh proses pemindahan pesan Gmail Anda ke akun baru tidak memakan waktu terlalu lama, tetapi akan tergantung pada seberapa banyak pesan yang Anda miliki.

Berikut ini cara transfer email ke akun email baru :

Sebelum memulai proses transfer Gmail, kami sarankan Anda mencadangkan email Anda. Anda dapat melakukannya dengan mengunduh email ke komputer atau hard drive eksternal.

Baca Juga: Penyimpanan Gmail Penuh? Atasi dengan 6 Cara Berikut

Anda dapat menghapus cadangan setelah selesai mentransfer email ke akun baru jika Anda mau, tetapi sebaiknya Anda menyimpan salinan tambahan secara lokal.

Untuk mencadangkan pesan Gmail Anda, buka Google Takeout. Dengan menggunakan akun Gmail uji coba kami yang menampung sekitar 75.000 pesan, kami berhasil mengunduhnya dari Google Takeout dalam waktu sekitar 2 jam.

Setelah Anda menyimpan salinan email, Anda siap untuk mulai mentransfernya. Berikut langkah-langkah yang perlu Anda ambil:

- Mulailah dengan masuk ke akun Gmail asli Anda, klik ikon "roda gigi" di kanan atas dan klik Lihat semua pengaturan. 

-  Pilih tab Penerusan POP/IMAP, lalu pilih opsi Aktifkan POP untuk semua email (POP adalah singkatan dari Post Office Protocol).

- Anda akan memiliki beberapa opsi di bawah Saat pesan diakses dengan POP. Untuk menghapus email secara otomatis dari akun asli Anda setelah transfer, pilih hapus salinan Gmail. 

- Pilih Simpan Perubahan. 

Sekarang saatnya membuat akun baru Anda dan mentransfer semua pesan Anda ke sana: 

Jika Anda belum melakukannya, buat akun Gmail baru Anda yang kosong kotak masuknya. Kemudian ikuti cara berikut :

- Masuk ke akun arsip baru Anda, klik ikon roda gigi di bagian atas dan pilih Lihat semua pengaturan. 

- Pilih tab Akun dan Impor di bagian atas, lalu pilih Tambahkan akun email di samping Periksa email dari akun lain. 

- Di jendela pop-up, masukkan nama akun Gmail asli Anda. Pilih Berikutnya. 

- Pilih Impor email dari akun saya yang lain (POP3), danpilih Berikutnya lagi.

Baca Juga: Cara Mengatasi Penyimpanan Gmail Penuh, Ikuti 6 Langkah Ini

- Masukkan kata sandi akun Gmail asli Anda. Anda mungkin juga diminta untuk membuat kata sandi aplikasi Google (lihat catatan di bawah). 

- Pilih 995 di bawah Port.

- Centang 3 kotak ini:  Selalu gunakan koneksi aman (SSL) saat mengambil email, Beri label pada pesan masuk,  Arsipkan pesan masuk (Lewati Kotak Masuk). 

- Pilih Tambahkan Akun. 

Lalu, berapa banyak data yang dapat Anda dapatkan secara gratis?

Ruang penyimpanan gratis sebesar lima belas gigabita mungkin terdengar banyak saat Anda membuat akun Gmail, tetapi ruang penyimpanan itu akan cepat penuh.

Sebagai permulaan, ruang penyimpanan sebesar 15 GB tidak hanya digunakan untuk email: ruang penyimpanan itu juga mencakup file-file yang telah Anda simpan di Google Drive dan Google Photos. 

Jika Anda sering mengirim atau menerima pesan yang berisi file besar seperti video, atau jika Anda sering mengunggah banyak gambar dan video ke Google Photos, Anda akan segera melihat notifikasi "Penyimpanan akun penuh".

Baca Juga: 6 Cara Mengatasi Penyimpanan Gmail Penuh yang Efektif, Yuk Coba

Jika Anda tidak ingin membeli ruang penyimpanan tambahan, Anda selalu dapat menghapus email lama Anda. Anda dapat memperoleh kembali ruang penyimpanan yang sangat besar dengan meletakkan file besar di tempat sampah.

Gmail memudahkan Anda untuk mengidentifikasi dan menghapus file berdasarkan ukuran.

Meskipun demikian, opsi itu mungkin tampak membosankan; mungkin Anda tidak ingin menghabiskan waktu berjam-jam untuk memilah-milah korespondensi dari satu dekade atau lebih yang lalu, memutuskan kenangan mana yang akan disimpan dan mana yang akan dibuang selamanya. 

Itulah beberapa cara mengatasi kotak masuk Gmail penuh dan dapat ruang penyimpanan gratis. 

Selanjutnya: Dorong Inovasi, Dana Kelolaan Shariah Wealth Management Maybank Syariah Tumbuh 70%

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News