Keluarga

Cara Menata Koleksi Buku Anda Supaya Rapi dan Estetik

 Cara Menata Koleksi Buku Anda Supaya Rapi dan Estetik

MOMSMONEY.ID -  Koleksi buku Anda bisa jadi sudut yang membuat rumah atau kamar menjadi estetik. Anda hanya perlu tahu cara menata koleksi buku Anda dengan tepat.

Buku adalah barang yang sangat mudah memenuhi ruangan Anda. Misalkan saat memasak, Anda membutuhkan buku resep dan justru tertinggal di dapur. Atau sekedar membaca buku di kasur, dan Anda akan meninggalkan buku di kasur seharian. 

Tapi jika Anda tahu cara menata koleksi buku dengan tepat, maka buku akan jadi lebih enak dipandang dan justru jadi sudut estetik. Yuk simak caranya!

Baca Juga: 4 Film Terbaru Netflix bakal Tayang Minggu Ini, Ada Unlocked

Begini cara menata koleksi buku Anda supaya rapi dan makin estetik

1. Pilih buku yang masih Anda baca dan tidak

Sebelum mulai menata koleksi buku Anda, ada baiknya memilah buku yang akan sering Anda baca dan tidak. Donasikan atau jual buku yang masih layak namun tidak Anda baca lagi. 

2. Atur buku Anda berdasarkan warna

Cara menata koleksi buku selanjutnya adalah atur berdasarkan warnanya. Cara ini tak hanya membuat koleksi buku Anda jadi lebih estetik. Namun juga berguna untuk belajar visual. Cara ini juga paling mudah, dibandingkan menata berdasarkan genre. 

3. Tumpuk buku Anda

Cara menata koleksi buku ini berlaku untuk jenis buku yang lebih tinggi dibandingkan raknya. Tumpuk buku Anda secara horizontal. Kemudian tata buku sisanya secara vertikal, dan rak Anda akan terlihat estetik. 

4. Atur berdasarkan tingginya

Cara menata koleksi buku ini sangat cocok bagi Anda yang mengutamakan estetika. Kombinasikan beberapa cara menata buku lainnya dengan menata berdasarkan tinggi buku. Letakkan buku yang paling besar menjadi satu bagian dan tumpuk buku yang lebih kecil

5. Tata berdasarkan genrenya

Cara menata koleksi buku ini cocok bagi Anda yang senang membaca ulang buku yang sudah Anda baca. Caranya, tentukan buku bacaan Anda ke beberapa kategori seperti drama, romansa, fantasi, non-fiksi dan lainnya. Kemudian tata sesuai kategori, bisa dengan menumpuknya atau menata sesuai tinggi buku. Jika buku drama Anda ditata secara fertikal, maka tata buku non-fiksi Anda dengan horizontal. 

6. Atur sesuai dengan penulis buku
Jika Anda ternyata menemukan banyak buku Anda dari penulis yang sama, maka tata sesuai dengan penulisnya. Cara ini cocok untuk Anda yang memiliki banyak sekali koleksi buku. Tata sesuai urutan abjad. 

Baca Juga: Waduh! 10 Pekerjaan Ini Bisa Hilang Gara-Gara Kecerdasan Buatan Seperti ChatGPT

7. Atur berdasarkan frekuensi membaca

Cara menata koleksi buku ini juga cocok untuk Anda yang senang membaca berulang-ulang judul yang sama. Anda bisa menata sesuai dengan buku yang sering Anda baca di lokasi yang mudah terjangkau bagi Anda. 

Demikian cara menata koleksi buku Anda di rumah. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News