Santai

Cara Mempercepat Booting Android, Lakukan 10 Tips Mudah Ini

Cara Mempercepat Booting Android, Lakukan 10 Tips Mudah Ini

MOMSMONEY.ID - Jika Anda menggunakan ponsel Android lama atau kelas bawah, kemungkinan akan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk melakukan booting. Tenang, ada cara mempercepat booting Android yang mudah. 

Anda bisa melakukannya dengan 10 cara mempercepat booting Android di artikel ini. 

Seperti diketahui, pada umumnya proses booting menghabiskan waktu yang tidak sedikit. Hal tersebut tergantung kecepatan prosesor dan perangkat. 

Baca Juga: Cara Aktifkan WhatsApp Silence Unknown Callers, Bisa Bungkam Panggilan Tak Dikenal

Akan tetapi, Anda bisa melakukan cara mempercepat booting Android yang tentunya akan membantu proses tersebut. 

Mengutip make use of, berikut ini 10 cara mempercepat booting Android. 

1. Perbarui Ponsel ke Versi OS Terbaru 

Sejumlah pengguna Android yang mengejutkan sebenarnya menghindari menginstal pembaruan karena takut ponsel mereka akan mengembangkan bug.

Ini memang risiko pada model kelas bawah dari merek yang tidak dapat diandalkan. 

Namun, menghindari pembaruan Android dapat memperlambat waktu boot karena ponsel Anda tidak akan menerima pengoptimalan perangkat lunak biasa yang diperlukan agar dapat berjalan dengan lancar.

Buka Pengaturan > Sistem > Pembaruan sistem untuk melihat apakah ada yang menunggu Anda.

2. Hindari Membebani Penyimpanan Internal 

ilustrasi memori penuh

Penyimpanan internal ponsel Anda menampung OS Android, dan tidak pernah merupakan ide yang baik untuk memenuhinya sampai melimpah.

Semakin banyak Anda melakukannya, semakin sedikit "ruang bernapas" yang tersedia untuk OS untuk boot dan berjalan dengan lancar. 

Bertujuan untuk menjaga setidaknya 10% dari total penyimpanan Anda gratis.

Baca Juga: 4 Cara Mengatasi Kontak WhatsApp Tidak Muncul dengan Mudah

Cara termudah untuk memulihkan penyimpanan dengan cepat adalah dengan menghapus semua aplikasi yang tidak diinginkan dari ponsel Anda.

Saat melakukannya, Anda mungkin juga ingin menghapus foto lama, video, lagu, atau dokumen besar yang tidak lagi penting bagi Anda.

3. Hindari Menggunakan Peluncur Android

Peluncur Android sangat bagus ketika Anda ingin membuat ponsel Anda terasa baru lagi, tetapi mereka juga dapat memperlambat waktu booting. 

Skin Android yang sudah diinstal sebelumnya di ponsel Anda sepenuhnya dioptimalkan untuk model khusus Anda untuk meminimalkan waktu booting.

Namun, peluncur Android dan paket ikon keren yang Anda unduh dari Play Store tidak. Mereka hanya menambah jumlah aplikasi yang perlu dijalankan saat Anda memulai telepon.

4. Nonaktifkan Aplikasi Tidak Diinginkan

Beberapa aplikasi sistem tidak dapat dihapus instalasinya dari perangkat Anda karena merupakan bagian inti dari OS.

Anda masih dapat menonaktifkannya dari Pengaturan, sehingga aplikasi tersebut tidak secara otomatis mulai berjalan di latar belakang selama peluncuran dan memperlambat booting.

Baca Juga: Cara Mengatasi Kode Verifikasi WhatsApp yang Tidak Muncul dengan 5 Langkah Ini

5. Alihkan Aplikasi yang Jarang Digunakan 

Beberapa aplikasi tidak untuk penggunaan sehari-hari tetapi masih perlu disimpan karena menyediakan fungsionalitas penting.

6. Hindari Menggunakan Banyak Widget 

Menempatkan banyak aplikasi dan widget di layar Beranda Anda tidak terlalu memengaruhi waktu boot itu sendiri.

Namun, itu berarti bahwa setelah ponsel Anda melakukan booting, mungkin perlu beberapa detik lagi agar UI menjadi halus dan responsif.

7. Hindari Menggunakan Wallpaper Animasi

Wallpaper hidup juga merupakan larangan besar jika Anda memiliki ponsel kelas bawah. Mereka membutuhkan terlalu banyak daya pemrosesan, menghabiskan masa pakai baterai, dan memperlambat waktu booting. 

8. Hindari Menggunakan Aplikasi Peningkat Kinerja

Pembersih RAM, misalnya, tidak terlalu berguna karena banyak aplikasi yang dihentikan akan segera dimulai kembali berjalan di latar belakang. 

Ini berarti ada lebih banyak tekanan pada perangkat Anda daripada jika Anda tidak melakukan apa-apa dan membiarkannya.

9. Mempercepat Animasi UI

Untuk melakukan ini, pertama-tama Anda harus mengaktifkan opsi pengembang. Untuk melakukannya, buka Pengaturan > Tentang ponsel dan berulang kali ketuk Nomor pembuatan. 

Setelah dibuka, buka Pengaturan > Opsi pengembang , gulir ke bawah setengah jalan, dan atur Skala animasi jendela, Skala animasi transisi, dan skala durasi Animator ke 5x.

Baca Juga: Terganggu dengan Fitur Catatan? Begini Cara Mematikan Instagram Notes

10. Lakukan Reset Pabrik

Jika semuanya gagal, cara terbaik untuk membuat ponsel Android Anda boot lebih cepat adalah dengan melakukan reset pabrik. 

Metode ini lebih cocok untuk mereka yang telah menggunakan ponsel mereka selama bertahun-tahun dan tidak pernah benar-benar mengikuti tips perawatan Android yang tepat.

Ketika Anda memulihkan ponsel Android Anda ke pengaturan pabrik, itu menghapus semua data termasuk foto, video, dokumen, lagu, rekaman audio, aplikasi, dan lainnya. 

Jangan lupa untuk mencadangkan semua data penting Anda sebelum mengatur ulang ponsel ke setelan pabrik.

Nah itulah beberapa cara mempercepat booting Android. Anda bisa mencoba 10 tips mudah ini. Selamat mencoba! 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News