MOMSMONEY.ID - Cara kerja algoritma Instagram terdiri dari algoritma feed, reels, stories & explore. Masing-masing memiliki pemeringkatannya sendiri, mulai dari konten hingga isu terbaru.
Konten yang berkinerja baik ditandai dengan banyak disimpan, dibagikan, dan dikomentari oleh pengguna. Sehingga, konten-konten tersebut akan mendapatkan visibilitas yang lebih tinggi.
Alyssa Gagliardi, seorang pengamat media sosial dari Later.com memaparkan bahwa pengguna bisa menggunakan format yang kreatif, tagar yang spesifik, dan teks yang menarik. Reels & explore mengutamakan konten yang menarik perhatian dengan cepat; Stories mengutamakan konsistensi dan riwayat interaksi.
Lalu, bagaimana sebenarnya cara kerja algoritma Instagram? Cek ulasannya di bawah ini:
Baca Juga: Cara Berhenti Menerima DM Instagram Tanpa Memblokir, Ikuti Panduan Berikut
Bagaimana sebenarnya cara kerja algoritma Instagram?
Algoritma Instagram adalah sistem yang digunakan oleh platform media sosial untuk menentukan urutan konten yang ditampilkan di umpan pengguna. Dengan kata lain, algoritma Instagram memiliki satu tujuan, membuat pengguna bertahan lebih lama di aplikasi dengan memberikan konten yang dianggap relevan dan menarik.
Algoritma sangat mempengaruhi cara kerja pengelola media sosial. Algoritma Instagram berdampak besar pada kehidupan sehari-hari hampir semua profesional media sosial.
Ada beberapa faktor yang akan digunakan Instagram untuk mengevaluasi algoritmanya pada tahun 2025, tergantung pada apa yang Anda posting. Menurut penelusuran mendalam mengenai peringkat dari Instagram sendiri, setiap algoritma menggunakan “sinyal” yang berbeda untuk menentukan peringkat apa yang akan muncul di beranda.
Poin pentingnya? Setiap algoritma Instagram membuat peringkat konten berdasarkan sinyal yang berbeda:
- Algoritma umpan instagram: Aktivitas dalam umpan berupa suka, komentar, bagikan, simpan, info tentang unggahan dan orang yang mengunggahnya.
- Algoritma instagram stories: Cerita yang pernah Anda lihat atau ikuti sebelumnya.
- Algoritma halaman pencarian: Aktivitas Anda di pencarian.
- Algoritma instagram reels : Aktivitas di reels mulai dari like, komentar, bagikan, dan simpan.
Cara kerja algoritma instagram untuk postingan feed
Pengguna akan melihat konten dari topik dan akun yang sudah mereka sukai, simpan, atau kirim.Jika kiriman umpan menjadi viral atau memiliki tingkat keterlibatan yang tinggi, Instagram akan memasukkannya ke dalam umpan.
Algoritma juga bekerja pada orang-orang mendapat rekomendasi kiriman dari pengguna yang mirip dengan akun yang telah diikuti. Jika Anda selalu menyukai unggahan seseorang atau sering mengunjungi profilnya, algoritma juga akan mempertimbangkan langkah ini.
Semakin tinggi keterlibatan pada postingan Anda, maka akan memberikan dampak yang lebih baik. Gunakan Instagram analytics untuk memahami unggahan mana yang memberikan interaksi tertinggi untuk akun Anda.
Cara kerja algoritma instagram reels
Mengetahui cara "meretas" algoritma reels dapat menjadi keuntungan besar bagi siapa pun yang ingin berkembang di Instagram. Mirip seperti unggahan di feed, Instagram memprioritaskan reels berdasarkan apa yang menurutnya paling mungkin diinteraksikan oleh pemirsa.
Sinyal yang digunakan untuk menentukan peringkat reels sangat mirip dengan postingan umpan yakni berupa aktivitas Anda dan iwayat interaksi dengan seseorang.
Menurut Instagram, konten kreator harus membuat reels yang menghibur, menginspirasi, atau menggunakan tools kreatif seperti teks, efek kamera, atau filter yang menarik.
Cara kerja algoritma story instagram
Algoritma story Instagram bekerja sedikit berbeda. Algoritma akan mulai dengan menunjukkan kepada orang-orang tentang story yang relevan dengan minatnya.
Orang-orang juga akan disuguhi sroty dari akun-akun yang sebelumnya pernah mereka kirimi DM atau yang pernah mereka tanggapi. Algoritma akan mengevaluasi kemungkinan suatu akun berasal dari teman dekat atau anggota keluarga.
Itulah sebabnya Anda akan sering melihat story “teman dekat” muncul di awal bagian atas beranda.
Cara kerja algoritma halaman jelajahi instagram
Algoritma halaman jelajahi Instagram memberikan konten yang menurutnya paling diminati, berdasarkan interaksi Anda sebelumnya. Sementara itu, umpan beranda Instagram sebagian besar terdiri dari konten dari akun-akun yang sudah Anda ikuti.
Konten yang ada di fitur jelajahi sepenuhnya terdiri dari konten dari akun-akun baru. Halaman Jelajahi terus berkembang dengan kategori topik baru dan fungsi pencarian lanjutan yang diperkenalkan setiap saat.
7 Tips untuk meningkatkan peringkat algoritma instagram
Jika ingin meningkatkan peringkat Anda dengan algoritma Instagram, hal terbaik yang dapat dilakukan adalah mendorong sebanyak mungkin interaksi. Selain itu, ada tujuh cara untuk meningkatkan peringkat algorita dan menjangkau audiens baru:
1. Gunakan SEO
Mengoptimalkan Instagram di pencarian, adalah salah satu cara terbaik untuk menjaga akun Anda tetap dapat ditemukan. Ketika konten mudah ditemukan, Anda akan mendorong interaksi yang dianggap algoritma sebagai konten yang menarik.
Mulai dari menggunakan kata kunci dalam keterangan dan profil hingga menambahkan subtitel ke Instagram reels, SEO Instagram adalah alat media sosial yang penting.
2. Dorong lebih banyak interaksi dengan stiker story
Stiker Instagram story adalah cara hebat untuk mendorong keterlibatan pemirsa. Semakin banyak keterlibatan yang didapat di kiriman Anda, maka semakin tinggi pula dorongan yang diberikan oleh algoritma Instagram.
Ada banyak stiker Instagram, tetapi yang terbaik untuk mendorong keterlibatan adalah stiker jajak pendapat, slider emoji, dan stiker pertanyaan.
3. Buat percakapan dengan teks yang menarik
Instagram telah mengonfirmasi bahwa komentar dan suka berperan penting dalam menentukan peringkat feed. Jadi, Anda harus mendapatkan sebanyak mungkin like di unggahan Anda.
Salah satu cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan menuliskan teks yang kuat dan mendorong interaksi. Anda bisa meminta pengikut untuk berbagi pemikiran mereka, ketuk dua kali jika mereka setuju dan tandai teman di komentar.
4. Tambahkan hashtag yang relevan ke postingan
Menambahkan tagar ke postingan adalah cara yang efektif untuk menjangkau lebih banyak orang di Instagram. Penting untuk fokus pada tagar yang berkualitas dan relevan, bisa menggunakan 5 atau 10 tagar juga.
5. Optimalkan tampilan
Pimpinan Instagram Adam Mosseri mengumumkan di tahun 2024 bahwa analitik Instagram akan berfokus pada tampilan. Pembaruan ini menunjukkan bahwa Anda harus mengevaluasi keberhasilan konten berdasarkan tingkat visibilitasnya.
Meskipun belum ada konfirmasi, hal ini juga menunjukkan bahwa views dianggap oleh algoritma Instagram sebagai sinyal peringkat yang kuat.
Beberapa cara untuk mengoptimalkan views antara lain dengan membuat konten yang berfokus pada tren, berkolaborasi dengan kreator lain, berinteraksi dengan audiens dan membuat postingan di waktu terbaik.
6. Promosikan silang konten
Postingan kolaborasi Instagram adalah cara baru yang luar biasa untuk menjangkau pemirsa baru. Anda bisa berbagi pandangan, suka, dan komentar untuk memanfaatkan keterlibatan dengan komunitas yang lain.
7. Gunakan instagram analytics
Analisis pelacakan dan pemantauan adalah salah satu cara paling andal untuk mengatasi algoritma Instagram. Memiliki pemahaman yang lebih baik tentang apa yang berhasil akan membantu Anda menyusun rencana pemasaran yang tepat.
Sehingga, lebih menghemat waktu dan tenaga dalam jangka panjang. Instagram analytics bisa membantu mencari tahu foto, video, atau reels mana yang berkinerja terbaik.
Memahami dengan benar kinerja konten dengan melacak metrik utama dari waktu ke waktu juga akan membantu meningkatkan peringkat akun Anda. Dasbor analytics selanjutnya menampilkan postingan, pengikut, jangkauan, dan komentar dengan performa terbaik
Baca Juga: Ikuti Cara Mengunggah Postingan Instagram Berikut, Video dan Foto Tetap Jernih!
Itulah ulasan lengkap yang membahas mengenai cara kerja algoritma Instagram yang penting untuk disimak.
Selanjutnya: Chip War Baru? Konflik Internal Nexperia Jadi Krisis Geopolitik
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News