MOMSMONEY.ID - Cara menggunakan AI di HP untuk pemasaran bisnis dinilai akan lebih efektif dan menarik. AI bisa menjadi penyelamat bagi pemilik usaha yang kesulitan mengelola setiap aspek pemasaran.
AI bisa digunakan untuk menganalisis audiens hingga membantu pengembangan aset pemasaran sesuai kebutuhan audiens. Cara Anda memilih menggunakan AI juga dapat berdampak.
Beth Kempton, seorang pengamat media sosial dari Upwork.com menjelaskan bahwa AI mengotomatiskan atau menyederhanakan tugas-tugas yang memakan waktu, seperti pembuatan konten atau pelaporan.
“AI juga Mengantisipasi perilaku pelanggan di masa mendatang, seperti pembelian atau penginstalan aplikasi seluler. Anda juga tak perlu menghabiskan banyak waktu untuk memikirkan topik postingan di blog,” ujarnya.
Baca Juga: Edit Foto Ayah & Anak Perempuan Pakai Gemini AI, Berbagi Momen Bahagia di Hari Ayah!
Yuk, pahami cara menggunakan AI untuk pemasaran bisnis berikut ini:
1.Teliti target audiens
Alat AI dilatih menggunakan banyak data, termasuk situs web, postingan media sosial, dokumen daring, hingga buku. Dengan begitu, AI seperti ChatGPT bisa dimanfaatkan sebagai asisten untuk meneliti target audiens atau segmen baru.
Anda perlu memberikan konteks kepada AI seputar bisnis, produk, atau layanan. AI tersebut akan membantu membuat jawaban yang relevan dengan bisnis Anda.
Kemudian, cobalah mengajukan pertanyaan kepada AI tentang hal yang ditanggapi dengan baik atau tidak oleh audiens. Anda dapat mengajukan pertanyaan tentang apa yang disukai, audiens, strategi marketing hingga penghasilan tahunan.
Namun, penting untuk diingat bahwa informasi yang Anda dapatkan dari alat AI tidak selalu 100% akurat. Jika ChatGPT atau program AI lainnya memberi jawaban yang menurut Anda tidak sesuai dengan audiens, jangan ragu untuk memeriksa fakta menggunakan sumber lain.
Setelah Anda melatih obrolan AI berdasarkan preferensi audiens, merek, dan pemasaran, cobalah mengunggah email pemasaran, postingan blog, atau postingan media sosial.
Tanyakan kepada AI apakah konten Anda sudah sesuai dengan minat calon audiens. Gunakan umpan balik dari AI untuk mengevaluasi pendekatan Anda dalam menciptakan aset, rencana, dan produk baru.
2.Audit merek dan strategi pemasaran
Jika upaya pemasaran Anda sebelumnya tidak berhasil, mungkin ada baiknya Anda menganalisis merek dan strategnya. Alat AI seperti ChatGPT dirancang dengan data dari jutaan situs web.
AI bisa memahami apa yang dilakukan pesaing dan apa yang dibutuhkan audiens. AI akan membantu Anda mempersempit pencarian pesaing baru dan memberi pemahaman tentang strategi menari minat pelanggan.
Jika Anda sudah memiliki daftar pesaing, bagikan informasi tersebut dengan ChatGPT. Lampirkan URL situs web dan tautan ke postingan media sosial kompetitor untuk menganalisis strategi marketing yang digunakan.
3.Buat konten blog dan postingan media sosial
Jika Anda terlalu sibuk untuk terus memposting konten, AI akan sangat membantu. Anda bisa memakai perangkat manajemen media sosial berbasis AI seperti Buffer untuk menemukan ide, membuat caption, dan membuat postingan media sosial.
AI juga dapat membantu Anda meningkatkan aset pemasaran yang sudah ada. Mulai dari menulis blog, mengirim kampanye email, atau membuat podcast.
Cukup unggah materi yang Anda miliki, sertakan informasi tentang target audiens, dan tanyakan kepada AI apa yang bisa dilakukan untuk memperbaiki materi atau strategi pemasaran.
4.Pakai AI khusus
ChatGPT, Gemini, dan platform AI lainnya memungkinkan pengguna membangun chatbot dan agen khusus untuk melakukan tugas-tugas tertentu. Proses membangun agen ini menggunakan alat seperti ChatGPT.
AI bisa melakukan beberapa tugas seperti berikut:
- Menganalisis CRM untuk memilih pola prospek yang diinginkan
- Mengubah postingan blog yang ada menjadi postingan media sosial baru
- Memantau situs web untuk mengatasi masalah optimasi mesin pencari (SEO)
- Memposting konten ke berbagai platform pada jadwal tertentu
- Menanggapi pesan dan komentar pelanggan di media sosial
- Mengarahkan percakapan chatbot situs web ke sumber daya yang tepat.
5.Memprediksi perilaku pelanggan
Alat pemasaran tradisional memungkinkan tim menargetkan pelanggan berdasarkan karakteristik dan perilaku yang diketahui, seperti lokasi, perangkat, dan riwayat pembelian. AI membuka banyak peluang baru, seperti kemampuan untuk mengelompokkan pelanggan berdasarkan minat mereka.
AI bisa mengidentifikasi pelanggan dengan minat diskon yang tinggi dan interaksi di saluran tertentu seperti email atau SMS. Teknik pemasaran prediktif ini akan membantu mengalokasikan anggaran secara efektif dan mengungkap peluang baru untuk meningkatkan pendapatan.
Anda bisa memfokuskan kampanye hanya pada pelanggan yang memiliki peluang tinggi untuk membeli. Anda juga bisa menampilkan pesan diskon hanya kepada pengguna dengan afinitas diskon tinggi untuk mengonversi lebih cepat sekaligus melindungi margin keuntungan.
6.Otomalisasi waktu pengiriman
Salah satu tugas tersulit dalam proses pembuatan kampanye dan otomatisasi pemasaran adalah menentukan saluran mana yang akan digunakan. Hal ini akan memakan waktu berbulan-bulan untuk pengujian A atau B yang tepat.
AI bisa memecahkan masalah tersebut dengan menganalisis pola perilaku setiap penerima untuk menentukan waktu dan saluran terbaik untuk menghubungi mereka. Anda bisa mengaktifkan optimalisasi waktu pengiriman untuk setiap pesan kampanye.
7.Lakukan obrolan dengan pelanggan dalam skala besar
Menyediakan layanan pelanggan yang cepat dan berkualitas tinggi dalam skala besar selalu menjadi tantangan, terutama secara online. Banyaknya pertanyaan pelanggan membuat banyak brand tidak merespons pertanyaan dengan cepat.
AI hadirkan chatbot untuk memahami maksud di balik setiap pertanyaan dan memberikan informasi relevan dalam hitungan detik. Hal ini penting bagi perusahaan yang ingin memberikan layanan pelanggan yang terbaik.
Baca Juga: Cara Edit Foto Anime Menggunakan AI Anime Background Generator, Ini Panduannya
Hal ini menghasilkan penurunan waktu tunggu layanan pelanggan sebesar 93% dan peningkatan rasio konversi sebesar 4%. Itulah informasi menarik yang mengulas tentang cara menggunakan AI untuk pemasaran bisnis yang tepat.
Selanjutnya: 6 Daftar HP Murah Harga Rp 1 Jutaan yang Masih Worth It di 2025, Ini Spesifikasinya!
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News