Santai

Bunuh Diri Bisa Dicegah, Ini 5 Cara dan Strategi Cegah Tindakan Bunuh Diri

Bunuh Diri Bisa Dicegah, Ini 5 Cara dan Strategi Cegah Tindakan Bunuh Diri

MOMSMONEY.ID - Simak beberapa tips strategi yang bisa dilakukan untuk mencegah dan mengurangi tindakan bunuh diri.

Semakin hari semakin banyak kabar memilukan yang memberitakan tentang kasus-kasus bunuh diri.

Dari usia remaja, remaja dewasa, hingga orang dewasa memiliki potensi untuk melakukan tindakan bunuh diri, loh.

Sebagai tindakan pencegahan, coba lakukan beberapa tips untuk mencegah tindakan bunuh diri berikut ini.

Baca Juga: Bisa Bantu Healing, Ini 4 Manfaat Menulis Bagi Kesehatan Mental dan Ingatan

Bentuk lingkungan yang protektif

Lingkungan yang protektif bisa melindungi siapa pun dari munculnya keinginan untuk bunuh diri. Perlu diingat lingkungan protektif adalah lingkungan yang tidak membatasi siapa pun namun tetap memberikan perlindungan penuh.

Untuk menerapkannya, cobalah membuat peraturan dan budaya di rumah, tempat kerja, dan sekolah, yang sehat dan kreatif. Hindarkan juga segala jenis peralatan yang bisa menjadi alat bunuh diri.

Tingkatkan kepedulian mental

Beberapa tindakan yang mendukung kepedulian mental antara lain adalah dengan menyediakan fasilitas berobat fisik dan psikis. Mempermudah akses untuk menemui ahli, psikolog, dan psikiater jiwa juga bisa dilakukan.

Laman Centers for Disease Control and Prevention (CDC), menyampaikan bahwa tindakan bunuh diri bisa dicegah dengan menambahkan kepekaan dan kepedulian untuk mengenali tanda yang diberikan korban melalui pakar atau ahli.

Baca Juga: Bikin Stres Sendiri, Mulai Hindari 6 Kebiasaan Toxic Ini Ya

Belajar untuk menghadapi dan mengatasi masalah

Bukan hanya untuk orang sekitar, namun tindakan pencegahan bunuh diri juga bisa dicegah dari dalam diri sendiri. Kebanyakan kasus bunuh diri terjadi karena sulitnya untuk menghadapi masalah dan mengatasinya.

Jika dirasa kesulitan untuk menghadapi masalah, menyelesaikan masalah, dan mulai muncul pikiran untuk mengakhiri hidup, ada baiknya mulai memberanikan diri menemui ahli.

Melansir Mayo Clinic, para ahli bisa membantu mengidentifikasi masalah dengan cara berbeda dan membantu memberi strategi untuk menghadapinya dengan cara positif.

Identifikasi orang yang memiliki potensi

Beberapa orang yang melakukan bunuh diri biasanya akan memberikan tanda-tanda sebelum melakukan aksinya. Tugas orang-orang di sekitar adalah memberikan perlakuan peduli dan membantu.

Cobalah untuk mengidentifikasi orang-orang yang memiliki potensi untuk bunuh diri. Cara lainnya bisa dengan memberi dukungan, merespons krisis, menyarankan terapi psikis, dan menemani dalam masa tersulit.

Cara lain

Laman WHO juga memberikan beberapa tips untuk mencegah tindakan bunuh diri.

Antara lain adalah dengan menjauhkan orang dengan potensi bunuh diri dari alat-alat berbahaya, menjadi media pemberitaan bunuh diri yang bertanggung jawab, menumbuhkan keterampilan hidup sosio-emosional pada remaja, serta mengidentifikasi secara dini, menilai, mengelola dan menindaklanjuti siapa pun yang terkena dampak perilaku bunuh diri.

Itulah tadi beberapa strategi pencegahan tindakan bunuh diri yang bisa dilakukan oleh keluarga, teman, dan juga lingkungan sekitar orang dengan potensi tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News