BisnisYuk

Blibli Tiket ACTION vs Plastics, Upaya Cegah Limbah Fesyen

Blibli Tiket ACTION vs Plastics, Upaya Cegah Limbah Fesyen

MOMSMONEY.ID - Dalam upaya mengurangi pembiakkan sampah, Blibli Tiket ACTION vs. Plastics menggandeng EcoTouch menggelar Fashion Take Back Program pada 22 April sampai 3 Mei 2024.

Program ini bertujuan untuk mengurangi limbah fesyen serta penggunaan plastik dalam produk tekstil demi keberlanjutan Bumi yang melibatkan karyawan Blibli Tiket.

Limbah fesyen yang terkumpul akan didaur ulang oleh EcoTouch menjadi insulator, kain, dan produk fesyen retail. Aksi ini diadakan selaras dengan fokus materialitas ESG Blibli pada pengelolaan sampah dan pengurangan emisi.

Limbah fesyen saat ini adalah penyumbang sampah kedua tertinggi di dunia. Merujuk pada data pada Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional pada tahun 2021, Indonesia menghasilkan 2,3 juta ton limbah pakaian atau setara dengan 12% dari limbah rumahtangga.

Dari keseluruhan limbah pakaian tersebut, hanya 0,3 juta ton limbah pakaian yang mengalami daur ulang. Sementara menurut United Nation Environment Programme, sekitar 60% bahan yang digunakan untuk membuat pakaian adalah plastik, termasuk tekstil poliester, akrilik, dan nilon.

Kain sintetis bisa dibilang memilih bahan yang ringan, tahan lama, terjangkau, dan fleksibel. Namun masalahnya: setiap kali dicuci, bahan-bahan tersebut melepaskan serat plastik kecil yang disebut serat mikro yang tentunya membahayakan kehidupan bawah laut.

Baca Juga: Blibli Soroti Modus Penipuan Online di Aplikasi Belanja

Melihat potensi limbah fesyen dan plastik yang masih digunakan di dalamnya, maka Hari Bumi 2024 menjadi momentum untuk Blibli meningkatkan kesadaran masyarakat secara luas tentang risiko kesehatan dari plastik. 

Serta, secara cepat menghapus semua plastik sekali pakai dengan target pengurangan sebesar 60% pada tahun 2040.

"Tahun ini kami tidak hanya mengajak karyawan untuk mendonasikan baju bekas, tapi juga Blibli seragam bekas karyawan Blibli dengan total kurang lebih 100 kg untuk diolah kembali," ungkap Yolanda Nainggolan, Head of Public Relations PT Global Digital Niaga Tbk, dalam keterangan tertulis.

Bekerjasama dengan EcoTouch, institusi yang secara khusus dibangun untuk menciptakan produk inovatif hasil dari limbah tekstil.

Christina Harjanto, Co-Founder dari EcoTouch, menambahkan, langkah kolaboratif dari Blibli Tiket ACTION untuk mengedukasi dan mengajak pemangku kepentingan untuk mengelola kembali sampah fashion patut diapresiasi.

"Dalam kegiatan ini, EcoTouch akan mengelola kembali limbah yang terkumpul menjadi produk baru bernilai guna yang nantinya akan dipamerkan di Langkah Membumi Festival 2024," sebut Christina.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News