HOME, Santai

Bisnis Wisata ke Luar Negeri Kembali Berkibar, Turki Jadi Favorit Destinasi

Bisnis Wisata ke Luar Negeri Kembali Berkibar, Turki Jadi Favorit Destinasi

MOMSMONEY.ID - Sektor pariwisata yang sempat terpuruk kini kembali bangkit. Mengawali kuartal I-2022, banyak pelaku pariwisata kembali optimistis menatap kiprah bisnisnya. Hal ini terlihat dari kinerja positif yang dicatatkan oleh PT Panorama Setrawisata Tbk. Emiten berkode saham PANR tersebut berhasil menggenjot naik Penjualan ke angka Rp 187,6 miliar atau naik 181% dibanding periode yang sama tahun lalu.

Bukan tanpa usaha tentunya. Beragam cara dilakukan oleh PNR di kuartal pertama 2022 agar kinerjanya bisa membaik. Adanya pelonggaran protokol Kesehatan dijadikan momentum untuk menggenjot kinerja kembali. PANR kembali mengantarkan wisatawan  berwisata, khususnya wisatawan dari Indonesia yang ingin ke luar negeri.

Baca Juga: Burung Peliharaan Butuh Mandi, Berikut Cara Memandikannya agar Tetap Sehat

Geliat bisnis PANR seiring dengan dibukanya border di beberapa negara. Alhasil, wisatawan dari Indonesia bisa kembali melancong ke beberapa negara. Salah satu yang dibuka adalah Turki dan Eropa.  “Kami juga antusias dengan pembukaan border Korea Selatan dan Jepang untuk wisatawan Indonesia di bulan Juni ini, mengingat 2 negara ini selama 5 tahun terakhir menjadi destinasi favorit bagi turis Indonesia” ungkap AB Sadewa, Corporate Secretary PANR, dalam penjelasan tertulis, Jumat (3/5).

“Pada periode libur lebaran lalu kami telah memberangkatkan puluhan group tour ke luar negeri dengan destinasi-destinasi yang popular saat ini, salah satunya Turki. Saat ini kami sedang fokus mengejar penjualan group tour untuk periode liburan sekolah pada bulan Juni-Juli tahun ini,” ucap Sadewa. Meski belum pulih seperti sebelum pandemim, namun Sadewa yakin tahun 2024 bisnis wisata akan kembali seperti tahun 2019.

Panorama secara khusus juga membuat paket liburan wisata muslim dengan nama Panorama Moslem Tour. Program ini pada dasarnya seperti paket liburan yang biasa dijalankan, namun terdapat kekhususan seperti pemilihan tempat makan yang menyediakan menu halal, waktu sholat yang dalam rangkaian program, hingga kesempatan melaksanakan ibadah penting seperti sholat jumat di masjid-masjid ternama seperti Hagia Sophia Turki atau moslem center yang berada di kota-kota yang dikunjungi.

Baca Juga: 6 Tips Live Streaming Handal ala Konten Kreator

Selain pilar Outbound, Panorama juga memiliki pilar Inbound yang khusus menangani kunjungan wisatawan mancanegara. Pilar inbound juga mulai merasakan dampak positif dari kebijakan terbaru yang dikeluarkan pemerintah Indonesia terkait kedatangan wisman.

Kebijakan tersebut antara lain: penghapusan karantina bagi wisman, pengurusan visa saat kedatangan/ visa-on-arrival (VOA) untuk 72 negara, dan dihilangkannya test PCR saat tiba di Indonesia. Syarat utama bagi wisman yang ingin ke Indonesia adalah telah mendapatkan vaksin lengkap dari negaranya masing-masing, maka liburan ke Indonesia menjadi pilihan menarik.

“Beragam relaksasi kebijakan ini mulai kami rasakan sejak bulan Maret ketika pemerintah Indonesia memperbolehkan wisman mengurus visa saat tiba di Indonesia, dan hingga saat ini ada 72 negara yang bisa langsung mengurus visa saat sudah sampai di Indonesia. Dengan situasi ini kami optimis tahun 2022 ini lebih baik dibanding tahun 2021, dan tentunya dengan strategi smart-operation dapat memperbaiki produktifitas sambil meningkatkan pertumbuhan bisnis menuju fase normalisasi di tahun depan” tutup Sadewa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News