HOME, Keluarga

Bikin Sial, Ini Desain Rumah dalam Feng Shui yang Harus Dihindari

Bikin Sial, Ini Desain Rumah dalam Feng Shui yang Harus Dihindari

MOMSMONEY.ID - Selain penempatan furnitur atau dekorasi di suatu ruangan, desain suatu rumah juga menentukan baik-buruknya feng shui rumah tersebut.

Jika suatu rumah memiliki desain yang dianggap buruk feng shui, maka energi chi yang baik pun tidak bisa hadir secara maksimal di dalam rumah.

Jadi, untuk Anda yang baru akan membangun atau mencari hunian baru, tidak ada salahnya menghindari desain atau layout rumah yang dianggap buruk tersebut.

Desain rumah seperti apa saja yang dianggap buruk dalam feng shui? Berikut penjelasannya.

Baca Juga: Melancarkan Produktivitas, Ini Tips Feng Shui untuk Menata Meja Kerja

Pintu depan yang tersembunyi

Dikutip dari The Spruce, pintu depan atau pintu utama rumah memainkan peran yang penting dalam feng shui. Pintu depan rumah yang tersembunyi akan menyebabkan energi chi yang baik sulit masuk ke dalam rumah. Jadi, pastikan pintu depan rumah Anda mudah dilihat dari luar.

Pintu depan sejajar dengan pintu belakang

Dalam feng shui, pintu depan rumah sebaiknya tidak sejajar atau berada dalam garis lurus dengan pintu belakang. Mengutip House Digest, desain rumah seperti ini akan membuat energi chi langsung mengalir keluar rumah setelah masuk, sehingga tidak sempat memberikan kebaikan bagi penghuni rumah.

Tangga berhadapan dengan pintu depan

Mirip dengan poin sebelumnya, posisi tangga yang langsung berhadapan dengan pintu depan rumah akan membuat energi chi langsung naik ke lantai atas tanpa sempat berputar di lantai bawahnya. Untuk mengatasinya, letakkan dekorasi seperti bunga segar atau hiasan dinding di dekat tangga supaya energi chi menetap di lantai tersebut.

Tangga di tengah rumah

Selain di depan pintu, tangga rumah sebaiknya tidak ditempatkan di tengah-tengah rumah. Sebab, hal ini akan mempengaruhi kestabilan energi di dalam rumah. Jika rumah Anda telanjur menggunakan desain seperti ini, letakkan tanaman hias di sekitar tangga untuk membantu menghidupkan energi di area tersebut.

Baca Juga: 4 Kesalahan Dekorasi Kamar Tidur yang Bikin Kamar Terasa Sumpek

Kamar mandi berhadapan dengan pintu depan

Kamar mandi yang ditempatkan berhadapan dengan pintu depan rumah dapat mengakibatkan masalah kesehatan bagi penghuni rumah dan menguras energi baik yang ada di rumah tersebut. Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan hiasan dinding atau bunga segar di sisi pintu kamar mandi.

Kamar mandi di tengah rumah

Kamar mandi yang terletak di tengah rumah dapat menyebabkan kelebihan elemen air dan menguras energi baik, sehingga merusak kestabilan energi di dalam rumah. Untuk mengimbangi elemen air yang berlebihan di dalam kamar mandi, coba tambahkan elemen kayu berupa tanaman hias di sekitar kamar mandi.

Baca Juga: Menurut Feng Shui, Ini Aturan Menggunakan Air Mancur di Rumah

Koridor sempit dan panjang

Rumah dengan koridor yang sempit dan panjang dapat menarik energi negatif yang menyebabkan gangguan kestabilan di dalam rumah. Selain itu, energi chi yang baik dapat mengalir terlalu cepat di dalam rumah. Untuk mengatasinya, beri pencahayaan yang optimal dan tambahkan berbagai hiasan dinding yang cantik.

Kamar tidur utama di atas garasi

Mengutip Tyson Properties, kamar tidur utama di suatu rumah sebaiknya tidak ditempatkan di atas garasi. Sebab, di garasi akan ada banyak aktivitas yang mengganggu kestabilan dan ketenangan di kamar tidur, sehingga Anda akan sulit beristirahat dengan nyaman.

Itulah beberapa desain rumah yang dianggap buruk dan dapat membawa sial dalam feng shui. Semoga penjelasan di atas bermanfaat untuk Anda!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News