Keluarga

Bikin Makeup Tak Mulus, Ini 5 Cara Mencegah Sunscreen Pilling atau Menggumpal

Bikin Makeup Tak Mulus, Ini 5 Cara Mencegah Sunscreen Pilling atau Menggumpal

MOMSMONEY.ID - Makeup tak mulus karena sunscreen pilling? Ikuti 5 cara mencegah sunscreen pilling atau menggumpal ini, ya.

Sunscreen pilling adalah kondisi di mana sunscreen atau tabir surya yang kita pakai menggumpal menjadi butiran-butiran kecil.

Jika dibiarkan, sunscreen yang pilling bisa menyebabkan produk makeup tidak menempel sempurna dan jauh dari kata mulus.

Menurut para ahli, ada dua penyebab utama sunscreen mengalami pilling yaitu kandungan dalam sunscreen dan cara pengaplikasiannya.

Sebelum buru-buru menggantinya, alangkah baiknya Anda mencoba 5 cara mencegah sunscreen pilling atau menggumpal, yang dilansir dari Byrdie, ini terlebih dahulu.

Baca Juga: Rangkaian Skincare untuk Kulit Berjerawat, dari Face Wash hingga Masker

1. Eksfoliasi secara teratur

Cara mencegah sunscreen pilling yang pertama yaitu eksfoliasi secara teratur. Eksfoliasi mampu menghilangkan sel kulit mati dan kotoran serta memastikan produk menyerap maksimal. Alhasil, risiko sunscreen pilling pun akan berkurang signifikan.

Namun, selalu ingat untuk tidak melakukan eksfoliasi secara berlebihan maupun terlalu sedikit ya. Pasalnya, hal ini dapat menyebabkan kulit menjadi terlalu kering atau terlalu berminyak yang berkontribusi pada terjadinya pilling.

Sebaiknya, lakukan eksfoliasi 1-2 kali saja per minggu dengan produk chemical exfoliator alih-alih physical. Bagi Anda yang memiliki kulit kering atau mengelupas, jangan lupa untuk selalu memakai pelembab dengan cukup khususnya setelah eksfoliasi.

2. Hindari menggunakan terlalu banyak produk

Cara mencegah sunscreen pilling yang kedua yaitu menghindari menggunakan terlalu banyak produk.

Menggunakan terlalu banyak produk dapat membuang mikrobioma kulit yang bisa menyebabkan iritasi, kekeringan, hingga produksi minyak berlebih. Adapun ketiga kondisi ini berhubungan langsung dengan terjadinya pilling.

Umumnya, formulasi sunscreen rentan menggumpal. Saat Anda menerapkan terlalu banyak produk pada satu waktu terutama produk berbentuk krim yang kental dan produk berbahan dasar minyak, itu dapat menghalangi penyerapan sunscreen dan berakhir dengan pilling.

Baca Juga: Suka Makeup Waterproof? Ini 4 Tips Kecantikan untuk Penggemar Makeup Waterproof

3. Aplikasikan produk dalam urutan yang benar

Cara mencegah sunscreen pilling yang ketiga yaitu mengaplikasikan produk dalam urutan yang benar. Urutan skincare memainkan peran besar dalam menentukan bagaimana masing-masing produk bereaksi satu sama lain.

Produk yang lebih ringan dan tipis seperti serum mengandung bahan aktif dengan struktur molekul yang lebih kecil, sedangkan produk yang lebih kental seperti krim menggunakan molekul yang lebih besar.

Jadi, ketika diterapkan secara tidak benar, molekul yang lebih besar akan mencegah molekul yang lebih kecil menyerap ke dalam kulit dengan maksimal. Akibatnya, produk yang Anda pakai akan berakhir sia-sia dan membentuk lapisan yang menyebabkan sunscreen mengalami pilling.

Sebagai rekomendasi, mulailah dengan produk yang paling ringan dan paling tipis terlebih dahulu kemudian secara bertahap beralih ke produk yang lebih tebal atau lebih berat lalu oleskan sunscreen sebagai langkah terakhir.

Namun, jika Anda menggunakan chemical sunscreen, pastikan Anda mengoleskannya sebelum pelembab karena sunscreen ini harus benar-benar meresap ke dalam kulit. Apabila Anda menggunakan sunscreen dengan formula mineral, Anda bisa mengoleskannya setelah pelembab sebagai langkah terakhir sebelum makeup.

Baca Juga: 5 Cara Mengencangkan Kulit Setelah Menurunkan Berat Badan Tanpa Operasi

4. Pastikan produk sebelum sunscreen benar-benar kering

Cara mencegah sunscreen pilling yang keempat yaitu memastikan produk sebelum sunscreen benar-benar kering.

Waktu yang dibutuhkan suatu produk untuk mengering atau terserap bergantung pada konsistensi produk dan jenis kulit.

Guna mencegah pilling, disarankan bagi Anda untuk menunggu setidaknya 30-60 detik sebelum beralih ke produk lainnya termasuk sunscreen. Atau, jika Anda punya banyak waktu, tunggulah sekitar 5-10 menit sampai wajah tidak terlihat terlalu dewy.

Untuk menguji apakah wajah Anda siap untuk langkah skincare selanjutnya, sentuhlah wajah Anda. Jika Anda masih merasakan basah atau ada sisa produk yang menempel di jari Anda, itu artinya produk yang Anda pakai belum sepenuhnya terserap.

5. Perhatikan kandungan sunscreen

Cara mencegah sunscreen pilling yang kelima yaitu memerhatikan kandungan sunscreen.

Beberapa bahan yang terkandung di dalam sunscreen dapat bereaksi dengan produk lain dan membentuk pilling. Bahan-bahan ini termasuk silikon, xanthan gum, dan mineral blocker.

Apabila sunscreen yang Anda pakai mengandung salah satu bahan tadi tapi Anda enggan untuk menggantinya, cobalah untuk menggunakan sunscreen tersebut dengan cara ditepuk-tepuk alih-alih menggosoknya. Dengan begini, kemungkinan sunscreen mengalami pilling akan berkurang.

Demikian 5 cara mencegah sunscreen pilling atau menggumpal. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News