Keluarga

Bikin Bergidik, Hati-hati Terhadap 6 Tanda Tubuh Ini Saat Ada Penyakit Ginjal

Bikin Bergidik, Hati-hati Terhadap 6 Tanda Tubuh Ini Saat Ada Penyakit Ginjal

MOMSMONEY.ID - Jika Anda mengalami beberapa tanda menyeramkan berikut ini, itu artinya Anda sedang mengalami ganguan ginjal. Anda wajib waspada.

Ginjal merupakan organ yang mengendalikan banyak fungsi dalam tubuh. Fungsi ini akan terganggu apabila ginjal bermasalah.

Agar Anda dapat mengetahui tanda-tanda apa sajakah yang dialami tubuh ketika mengalami penyakit atau gangguan ginjal, mari simak artikel berikut ini.

Melansir dari Times of India dan Fresenius Kidney Care, ini dia tanda gangguan ginjal yang dialami tubuh, selengkapnya.

Baca Juga: Waspadai Moms! Ini 5 Dampak Anak yang Sering Makan Mie Instan

Kulit super kering

Kulit Kering

Tahukah Anda, gangguan ginjal juga bisa berpengaruh terhadap kondisi kulitmu?

Kulit yang mengering parah hingga mengelupas dan menyebabkan rasa gatal bisa menjadi tanda-tanda adanya gangguan ginjal. Gangguan ini terjadi karena mineral & nutrisi dalam darah jadi tidak seimbang karena gangguan fungsi ginjal.

Kulit gatal juga disebabkan karena kadar fosfor dalam tubuh terlalu tinggi.

Sakit punggung bawah

Salah satu tanda menyeramkan adanya gangguan ginjal adalah munculnya rasa sakit pada punggung bagian bawah.

Ginjal terletak di kedua sisi tulang belakang pada punggung bagian bawah. Adanya masalah ginjal dapat menyebabkan nyeri di area tersebut. Sakit punggung juga bisa disebabkan oleh infeksi atau penyumbatan pada ginjal.

Rasa nyeri ini hadir secara tiba-tiba atau malah akan makin memburuk ketika sedang berolahraga.

Baca Juga: 6 Tips Jitu Mengatasi Kelelahan Akut Setelah Seharian Bekerja

Kelelahan ekstrim

Kelelahan akut

Pernahkah Anda mengalami gejala kelelahan ekstrim, padahal tak melakukan pekerjaan berat? Hati-hati, bisa jadi itu merupakan tanda gangguan ginjal.

Ginjal itu sendiri merupakan organ yang memiliki fungsi membuat sel darah merah. Jika ginjal terganggu, maka pembuatan sel darah merah akan berkurang.

Di dalam sel darah merah, terdapat oksigen & nutrisi yang dialirkan tubuh ke otot & otak. Akibatnya, Anda akan mengalami anemia yang sebabkan Anda jadi mudah lelah dan pusing luar biasa.

Sesak napas

Salah satu tanda menyeramkan gangguan ginjal adalah mengalami sesak napas.

Ginjal bertanggung jawab untuk menyeimbangkan cairan dalam tubuh. Apabila terjadi gangguan ginjal, maka cairan akan menumpuk pada paru-paru atau hipervolemia. Ini bisa menyebabkan Anda mengalami sesak napas.

Selain sesak napas, sebagian orang yang mengalami gangguan ginjal juga mengalami nyeri dada hingga berbagai kondisi menyeramkan lainnya.

Baca Juga: Anak Moms Masih Suka Ngompol? Ikuti 7 Tips Hilangkan Bau Pesing di Kasur

Urin berbusa

Ginjal memiliki fungsi sebagai penyaring darah untuk menghasilkan urin. Apabila terjadi gangguan pada ginjal, maka ginjal tak akan berfungsi dengan baik. Akibatnya, ada yang berbeda dari urin yang dihasilkan.

Salah satu tanda menyeramkan adanya gangguan ginjal adalah dimana urin menjadi berbusa & penuh gelembung. Urin yang berbusa inilah jadi indikasi adalah gangguan ginjal.

Adapun tanda lainnya yakni jadwal buang air kecil jadi tak teratur. Terkadang jadi terlalu sering buang air kecil, atau bahkan ada yang mengeluarkan darah dari urinnya. Berhati-hatilah jika melihat tanda-tanda ini, karena kemungkinan besar ginjalmu bermasalah.

Baca Juga: Mengenal Definisi hingga Perbedaan Makanan Oriental dan Kontinental

Wajah & kaki membengkak

Kaki bengkak

Ginjal adalah salah satu organ yang paling vital keberadaanya. Sebeb, ginjal memegang berbagai kendali fungsi tubuh, salah satunya tempat pembuangan racun dan limbah sisa tubuh.

Salah satu tanda menyeramkan gangguan ginjal bisa menyebabkan wajah (terutama bagian mata) dan kaki jadi membengkak.

Pembengkakan ini terjadi akibat adanya penumpukan racun & kotoran, bersamaan dengan penumpukan kelebian garam & air pada jaringan tubuh.

Itu dia beberapa tanda menyeramkan gangguan ginjal yang bisa Anda ketahui. Jaga terus kesehatanmu agar tak mengalami tanda-tanda di atas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News