Santai

Berlangsung hingga 16 Juni 2024, Europe on Screen Tayangkan 75 Film di 8 Kota

Berlangsung hingga 16 Juni 2024, Europe on Screen Tayangkan 75 Film di 8 Kota

MOMSMONEY.ID - Festival Film Europe on Screen (EoS) telah dimulai sejak Jumat (7/6). Festival ini menayangkan 75 film terkini dari 28 negara Eropa secara gratis di 8 kota. Festival ini berlangsung hingga 16 Juni 2024.

Adapun, delapan kota tersebut yakni Jakarta, Bandung, Denpasar, Malang, Medan, Sidoarjo, Surabaya dan Yogyakarta.

Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia H.E. Denis Chaibi mengatakan, digelarnya edisi ke-24 Europe on Screen ini membuktikan antusiasme penonton Indonesia yang tinggi terhadap film-film Eropa.

"Kami sangat bangga dengan kualitas dan variasi film yang ditampilkan di festival tahun ini, dari film panjang pemenang penghargaan hingga animasi pendek yang menarik, serta dokumenter yang menggugah pikiran karya talenta muda perfilman serta para sineas Eropa yang mapan," ujar Denis dalam keterangan tertulis, Minggu (9/6).

Sebagai film pembuka festival, ada Chicken for Linda!, sebuah film animasi asal Prancis karya Sébastien Laudenbach dan Chiara Malta. Film ini menceritakan usaha seorang ibu dalam memenuhi permintaan anaknya yang ingin hidangan favorit mendiang ayahnya.

Film animasi bergenre komedi ini sukses meraih penghargaan Best Feature di Annecy International Animated Film Festival 2023 dan Meilleur film d'animation di César Awards 2023.

Baca Juga: Begini Cara Menonaktifkan YouTube Shorts di Android agar Tidak Muncul Lagi

Selain memutar film terkini dari Eropa, EoS 2024 juga semakin meriah dengan kehadiran tamu festival Éamon Little, penulis naskah film That They May Face the Rising Sun asal Irlandia. Ia akan menjadi pembicara utama dalam lokakarya tentang dunia penulisan skenario. Ia juga akan mengadakan sesi tanya jawab setelah pemutaran filmnya.

Sejumlah sutradara film Eropa akan berpartisipasi secara daring melalui EoS 2024 Film Talk: IGLive untuk mendiskusikan film mereka yang ditayangkan di festival.

Meninaputri Wismurti, Ko-Direktur Festival Film EoS 2024, mengatakan, saat menghadiri festival film salah satu hal yang menyenangkan adalah bisa bertemu langsung dengan pembuat film yang ditayangkan.

"Kami selalu berusaha membawa pelaku di balik film yang diputar di EoS agar penonton bisa mengobrol secara langsung maupun secara daring dengan mereka. Siapa tahu, kita bisa bertukar informasi atau menambah ilmu tentang industri film internasional," ujarnya.

Program lain dari EoS yang mendapat banyak dukungan dari masyarakat dan para penggemar film adalah Short Film Pitching Project (SFPP) yang tahun ini memasuki edisi ketujuh. EoS 2024 juga memutar tiga film pendek dari para pemenang kompetisi SFPP 2023.

Selanjutnya: Ada Yang Blue Chip, Ini Top Losers LQ45 saat IHSG Hijau pada Senin (10/6)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News