Keluarga

Berikut Benda-benda yang Tidak Boleh Dicuci Dengan Mesin Cuci

Berikut Benda-benda yang Tidak Boleh Dicuci Dengan Mesin Cuci

MOMSMONEY.ID -Ternyata tidak semua benda boleh dicuci dengan mesin cuci lo Moms!

Mesin cuci adalah mesin yang sangat membantu kita menjaga rumah tetap bersih. Namun jika salah dalam penggunaanya, mesin cuci bisa saja rusak. 

Salah satu penyebab mesin cuci rusak adalah Anda mencuci benda yang seharusnya tidak boleh dicuci dengan mesin. Selain merusak mesin, benda ini juga bisa rusak lo!

Baca Juga: 5 Tanda Orang Tua Mengalami Burnout Saat Mengasuh Anak, Apa Saja?

Beberapa ahli kebersihan, dilansir dari Woman and Home, mengatakan bahwa ada beberapa benda yang tidak boleh dicuci dengan mesin cuci. Yuk simak ada apa saja!

Sepatu
Anda tidak diperbolehkan mencuci sepatu dengan mesin cuci. Bahkan untuk bahan sepatu yang terlihat aman dicuci dengan mesin seperti terbuat dari canvas. 

Mencuci sepatu dengan mesin bisa merusak tabung mesin cuci. Selain itu sepatu bisa rusak dan kehilangan bentuknya. 

Tas
Tas punggung atau tas jenis lainnya juga tidak boleh dicuci dengan mesin cuci. Tas pastinya selalu dilengkapi dengan bahan logam seperti resleting, gasper atau perangkat keras lainnya yang bisa merusak tabung mesin cuci. 

Tempat tidur hewan peliharaan
Menjaga tempat tidur hewan peliharaan memang penting, terutama untuk mencegah mereka terserang kutu. Namun kebanyakan bahan tempat tidur hewan peliharaan mudah rusak jika dicuci dengan mesin cuci.

Isian kasur hewan ini bisa merusak motor mesin cuci. Selain itu bulu yang menempel di kasur juga bisa merusak sistem penyaringan. 

Baca Juga: 10 Fitur Tersembunyi di iPhone yang Tidak Dibocorkan Apple, Apa Saja?

Keset pintu
Didesain untuk membersihkan kotoran dari sepatu, tak heran keset juga perlu sering dibersihkan. Namun jangan pernah mencuci keset dengan mesin cuci. Apalagi keset ini biasanya terbuat dari karet yang bisa merusak motor mesin cuci dan tersumbatnya penyaringan. 

Bantal memory-foam
Jika banyak bantal pada umumnya bisa dicuci dengan mesin cuci, berbeda dengan bantal memory-foam. Bantal jenis ini sangat mudah rusak jika dicuci dengan mesin. Yap, mesin cuci bisa merusak isian bantal tersebut. 

Benda-benda tahan air
Benda-benda tahan air ternyata tidak boleh dicuci dengan mesin cuci. Benda-benda ini antara lain jas hujan, jaket tahan air dan aksesoris luar ruangan lainnya. Benda ini memiliki lapisan khusus yang bisa rusak karena putaran mesin cuci. 

Boneka
Boneka biasanya mudah menyimpan debu yang membuat anak laergi. Sehingga boneka perlu sering dicuci. Namun jangan pernah mencucinya dengan mesin cuci. Apalagi boneka yang didalamnya memiliki komponen elektronik. 

Nah itu tadi 7 benda yang tidak boleh dicuci dengan mesin cuci. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News