InvesYuk

Berikut Beberapa Sentimen yang Bisa Pengaruhi IHSG untuk Sepekan Ke Depan

Berikut Beberapa Sentimen yang Bisa Pengaruhi IHSG untuk Sepekan Ke Depan

MOMSMONEY.ID - Pekan keempat di Januari 2024, NH Korindo Sekuritas membagikan beberapa sentimen yang patut diperhatikan. Adapun sentimen ini bisa mempengaruhi IHSG selama sepekan ke depan hingga 26 Januari 2024. 

Sentimen di pekan ini diantaranya musim laporan keuangan semakin meningkat, bank-bank sentral besar memulai pertemuan pertama mereka pada tahun 2024, dan data indeks manufaktur (PMI) ditetapkan untuk menunjukkan bagaimana kinerja perekonomian global pada awal tahun. 

Dalam risetnya, NH Korindo Sekuritas menyamapaikan bahwa meskipun melambatnya inflasi telah memicu ekspektasi terhadap Federal Reserve untuk mulai menurunkan suku tahun ini, namun beberapa pembuat kebijakan telah menunda rencana penurunan suku bunganya.

Hal ini didasarkan pembacaan inflasi utama AS pada hari Kamis yang diawasi dengan ketat untuk mendapatkan wawasan baru mengenai jalur suku bunga di masa depan. 

Baca Juga: Dibuka Melemah, IHSG Berhasil Menguat di Akhir Perdagangan 22 Januari 2024

Pemerintah AS akan merilis data PDB kuartal keempat pada hari Rabu (24/1) yang diperkirakan sebesar 2,0% setelah kenaikan 4,9% pada kuartal sebelumnya. 

Di samping itu, pejabat The Fed akan memasuki masa tenang (blackout period) menjelang FOMC Meeting mendatang pada 30-31 Januari mendatang. 

Lantas, dari musim laporan keuangan, analis melihat akan semakin ramai karena investor menantikan hasil dari beberapa nama besar termasuk Netflix. 

Netflix akan melaporkan laporan  keuangannya pada hari Selasa (23/1) ini dan yang akan diikuti oleh Tesla pada hari Rabu, serta 3M dan Intel. 

Kemudian dari Bank Sentral Eropa ada rencana pertemuan kebijakan pertamanya di tahun 2024 pada hari Kamis (25/1) dengan tema spekulasi penurunan suku bunga.  Di mana pasar perkirakan akan terjadi 5 penurunan suku bunga di tahun ini. 

Analis memperkirakan IHSG akan berada pada support 7.200/7.100/7.040-7.050 dan resisten di 7.270-7.280/7.300-7.300/7.337-7.406.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News