Santai

Berburu 50 Kuliner Legendaris Nusantara di Puncak Acara Perayaan HUT ke-34 FIFGROUP

Berburu 50 Kuliner Legendaris Nusantara di Puncak Acara Perayaan HUT ke-34 FIFGROUP

MOMSMONEY.ID - Catat, mulai hari ini, 1 Juni 2023, ada pesta kuliner legendaris nusantara di puncak acara perayaan HUT ke-34 FIFGROUP bertajuk FIFGROUP 34th LOCALICIOUS.

FIFGROUP 34th LOCALICIOUS untuk seluruh masyarakat mulai Kamis siang, 1 Juni 2023, hingga Minggu, 4 Juni 2023 pukul 22.00 malam di Parkir Timur Senayan, Kompleks Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta.  

Panitia tidak memungut biaya untuk masuk ke arena makanan atau hiburan, namun semua tenant kuliner tetap dapat masyarakat nikmati dengan harga terjangkau.

Selain pesta kuliner, sejumlah acara menarik yang akan hadir yakni: Zumba Party, Festival Marawis dan Seni Hadroh, Helmet Painting, Cosplay & Coswalk, Food Photography dan Videography Competition serta Undian Berhadiah. 

Penampilan spesial dari band ternama Indonesia, HIVI!, WALI, dan JKT48 juga akan memeriahkan FIFGROUP 34th LOCALICIOUS secara bergantian pada Jumat malam hingga Minggu malam secara berturut. 

Baca Juga: Cicip Kopi Lokal di Togu Coffee Roastery

CEO FIFGROUP Margono Tanuwijaya mengatakan, bagi warga Jakarta dan sekitarnya yang ingin menikmati kuliner nusantara legendaris dari berbagai provinsi, tidak usah datang ke provinsi masing-masing.

Sebab, panitia FIFGROUP 34th LOCALICIOUS mendatangkan mereka dan memberi tempat dalam satu kawasan di Parkir Timur GBK.

"Kami mengajak masyarakat yang libur di akhir pekan bersama keluarga untuk menikmati lezatnya kuliner nusantara dari berbagai provinsi sembari mengikuti acara menarik lainnya," ujar Margono dalam keterangan tertulis, Rabu (31/5).

Menurut dia, pesta kuliner ini adalah dalam upaya untuk mendorong masyarakat untuk mencintai dan menikmati kuliner lokal.

Yang sekaligus membantu para pemilik yang umumnya berasal dari UMKM dalam memperkenalkan produknya ke masyarakat Ibu Kota RI dan sekitarnya. 

Sehingga, harapannya, mereka bisa maju ke tingkat yang lebih tinggi lagi atau lebih dikenal dengan UMKM naik kelas.

Baca Juga: Soto Kwali Pak Iket, Kehangatan Tiris dari Soto Legendaris

Tapi, sebelumnya, bagi Anda yang akan datang berkunjung ke FIFGROUP 34th LOCALICIOUS untuk berburu makanan, yuk, simak ulasan 5 kuliner dari 50 kuliner legendaris yang akan hadir di event ini:

1. Sate Kambing Pak H Bejo

Sate Kambing Pak H Bejo terkenal sebagai salah satu kuliner legendaris di Solo, Jawa Tengah, yang telah lama menjadi langganan para Presiden sejak era Presiden Soeharto pada 1971. 

Konon, rasa bumbu yang meresap ke dalam sate melalui proses pencelupan daging ke adonan bumbu yang dilakukan berkali-kali. Yakni, saat digiling, sebelum dijadikan sate, dan saat dipanggang. 

Dagingnya yang lembut juga bikin penikmat kuliner ketagihan. Anak-anak hingga orangtua bisa merasakan nikmatnya sate buntel tersebut.

Tongseng dan tengklengnya juga wajib dicicipi. Potongan daging tongseng tidak terlalu besar dan sangat lembut saat dikonsumsi. 

Kuahnya kaya rempah. Ada sensasi pedas yang muncul setelah kuah ditelan. Bagi penyuka makanan asin, tengkleng wajib dicoba. Rempah yang digunakan menciptakan rasa asin gurih yang kuat.

Baca Juga: Ngopi Mantap di Warung Kopi Asiang yang Legendaris di Pontianak

2. Bebek Sinjay Bangkalan

Tidak heran memang kalau kuliner yang satu ini paling populer di Bangkalan, Madura, bahkan sampai di telinga masyarakat luar Bangkalan. 

Satu porsi nasi bebek berisi nasi putih pulen yang hangat dengan porsi yang cukup banyak, bebek goreng dengan taburan bumbu kering yang krik di mulut, irisan mentimun, daun kemangi.

Dan, yang paling favorit sambal pencit buah mangga khas Sinjay yang rasanya tiada duanya. 

Bumbunya benar-benar meresap di setiap serat daging bebeknya, bahkan Anda bisa merasakan kelezatan bumbunya hingga ke bagian tulang bebek.

Bebek Sinjay Bangkalan berhasil menjadi pelopor olahan bebek goreng di Indonesia. Kini, cita rasa kelezatan ini bisa Anda nikmati di FIFGROUP 34th LOCALICIOUS!.

3. Gudeg Sagan Jogja

Sebelum membuka restonya di daerah Caturtunggal, Sleman, Yogyakarta, atau dekat dengan Universitas Gadjah Mada (UGM), Gudeg Sagan berawal dari warung makan kaki lima sejak September 2003. 

Karena cita rasa khasnya dan tanpa MSG, warung gudeg ini berkembang menjadi resto seperti sekarang.

Gudeg Sagan menyajikan gudeg basah dengan areh gurih yang tidak begitu kental. Rasanya tidak terlalu manis, jadi sangat cocok bagi lidah semua orang dari berbagai daerah. 

Tersedia menu nasi gudeg dan krecek dengan varian lauk telur bebek, tahu, tempe, dan juga seluruh bagian ayam.

Baca Juga: Pedas Manis Sate Legendaris Sate Plecing Arjuna Bali

4. Mie Bandung Kejaksaan

Ingin mencicipi mi ayam dengan sensasi rasa yang berbeda di FIFGROUP 34th LOCALICIOUS? Anda bisa mencoba Mie Bandung Kejaksaan 1964 yang mengisi salah satu dari 50 tenant kuliner legendaris. 

Ada banyak menu yang disajikan, mulai dari mi yamin, yahun dan kwetiau dengan rasa manis maupun asin yang dapat menjadi pilihan bagi pengunjung.

Kalau lebih suka makanan yang cenderung gurih, Anda bisa order mie yamin asin ayam rica. Rasanya pedas dan gurih dengan topping yang melimpah. Dijamin puas dan kenyang. 

Tak hanya mi, Anda juga bisa memesan batagor dan siomaynya yang terkenal enak dengan bumbu kacang yang kental, manis, dan gurih.

5. Es Durian Iko Gantinyo

Kuliner ini sangat terkenal bila Anda berkunjung ke ranah Minang, tepatnya di Kota Padang. Es Durian Iko Gantinyo adalah salah satunya tempat yang menyajikan dessert durian terenak. 

Soal rasa, tidak perlu diragukan lagi, duriannya berlimpah dan manis. Di dalamnya berisi es serut, potongan cendol hitam, dan kolang kaling.

Bumbu rahasia yang bertahan dari generasi ke generasi membuat cita rasa es durian di restoran ini tak berubah dari masa ke masa. 

Hanya saja, variasinya yang bertambah dan dikembangkan sesuai dengan tren mulai dari rasa vanilla, coklat, dan stroberi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News