Keluarga

Begini Cara Mengatur Dapur yang Sempit supaya Tetap Lega

Begini Cara Mengatur Dapur yang Sempit supaya Tetap Lega

MOMSMONEY.ID - Dapur adalah ruangan yang harus ada di sebuah rumah. Namun, jika Anda memiliki lahan dapur yang terbatas, bagaimana cara mengaturnya untuk tetap terasa lega? 

Di zaman ini, sulit sekali mendapatkan rumah yang luas untuk membuat area dapur yang besar. Maka kita semua menghadapi permasalahan yang sama, bagaimana cara mengatur dapur yang sempit supaya tetap lega? 

Melansir Ideal Home, sebuah dapur harus memiliki peralatan memasak, area untuk menyiapkan makanan, dan area untuk memasak yang aman dan lega. Di rumah modern, dapur memiliki tugas baru yaitu jadi area makan. 

Baca Juga: 5 Body Wash Lokal Ampuh Lembabkan Kulit Kering & Hempas Penuaan Dini, Asli Indonesia

Nah, untuk membuat kegiatan Anda di dapur lebih mudah, simak cara mengatur dapur yang sempit supaya tetap lega ini yuk!

Bentuk dapur L-Shape

Ini cara mengatur dapur sempit yang paling natural dan alami. Meski bisa digunakan di semua ukuran dapur, menggunakan L-Shape lebih menguntungkan untuk dapur yang sempit. 

L-Shape memungkinkan Anda memiliki area penyimpanan yang luas, area untuk meja memasak dan pojok makanan/minuman lainnya. Tanpa banyak area terpakai

Sembunyikan peralatan dapur yang besar

Cara mengatur dapur sempit supaya tetap lega adalah mencegah banyak barang di atas meja dapur dan rak yang terlihat mata.

Maka ada baiknya Anda menggunakan kabinet, lemari atau rak yang tertutup untuk menyimpan peralatan dapur yang besar, seperti air fryer, microwave, dan mesin kopi.

Baca Juga: 6 Jenis Tanaman Sukulen Paling Unik dan Ngetren, Wajib Disimak!

Maksimalkan dinding dapur

Jika Anda sudah memiliki dapur dengan layout L-shape dan masih kekurangan tempat, gunakan dinding dapur untuk memasak lemari gantung. Ini bisa menjadi tempat penyimpanan peralatan memasak tanpa mengganggu keleluasaan Anda bergerak. 

Gunakan peninsula

Peninsula adalah sejenis island pada dapur namun di satu sisinya menempel pada dinding. Ini akan berguna sebagai tempat untuk menyiapkan makanan dan bersosialisasi di dapur. Peninsula juga bisa digunakan untuk tempat menyantap sarapan Anda. 

Utamakan sistem triangulasi

Sistem triangulasi ini sangat penting dimanfaatkan jika Anda memiliki dapur yang sempit. Sistem triangulasi ini memastikan apakah peralatan dapur sudah ditempatkan di tempat yang paling efektif. 

Buat zonasi kompor, lemari es, dan wastafel menjadi tiga bagian yang membentuk segitiga sehingga di manapun Anda, dua zona lainnya mudah digapai. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News