Keluarga

Begini Cara Menata Dapur Sesuai Feng Shui untuk Bawa Keberuntungan

Begini Cara Menata Dapur Sesuai Feng Shui untuk Bawa Keberuntungan

MOMSMONEY.ID -  Dapur sangat erat dengan salah satu elemen yang penting dalam Feng Shui yaitu api. Maka dari itu penting bagi Anda untuk tahu cara menata dapur dengan tepat sesuai Feng Shui.

Melansir Life Style Asia, Feng Shui adalah sebuah sistem untuk menentukan posisi bangunan dan objek di dalam bangunan dengan cara yang dianggap sesuai dengan kekuatan spiritual yang bisa membawa kesehatan dan kebahagiaan. 

Baca Juga: Begini Cara Bikin Kamar Tidur Anda Tetap Dingin Tanpa AC

Feng Shui berakar pada Taoism. Adapun Tao berarti jalan dan Taoism merepresentasikan jalan dari alam. Maka Feng Shui selaras dengan alam dalam prinsip-prinsipnya. 

Prinsip-prinsip ini bertujuan untuk menyeimbangkan energi di ruang tempat Anda beraktivitas. Meningkatkan kualitas hidup orang-orang yang tinggal di dalamnya. 

Lalu bagaimana cara menerapkan Feng Shui di dapur supaya bisa membawa keberuntungan? 

Saat menerapkan Feng Shui di dapur, energi Feng Shui  berinteraksi dengan energi aktif yang tercipta dari kegiatan menyiapkan makanan. Sebab Anda biasanya akan menggunakan unsur api untuk memasak. 

Nah untuk meningkatkan energi positif Chi, Anda harus bisa memanfaatkan unsur api di dapur dengan mendekorasi ulang dapur Anda. 

Ini 8 Feng Shui yang bisa bawa keberuntungan di dapur Anda

Lakukan pembersihan secara menyeluruh

Cara menata dapur sesuai Feng Shui mulai dengan membersihkan kulkas dan lemari penyimpanan makanan Anda atau pantry. Buang produk yang sudah kedaluarsa untuk meningkatkan energi positif di dalam dapur. Kemudian bersihkan debu atau kotoran yang menempel di area ini. 

Tungku atau kompor merepresentasikan karir, sumber daya dan bagaimana Anda mencapai kesuksesan. Sehingga penting untuk membersihkan dapur setiap hari untuk menghilangkan energi stagnan di dapur Anda. Menjaga kompor selalu bersih bisa meningkatkan karir Anda dan menaikkan kekayaan Anda serta menarik sumber daya yang bermanfaat. 

Buang piring dan gelas yang sudah pecah untuk mencegah energi buruk masuk. Anda juga bisa membersihkan dapur dengan garam dan air alami. Sebagai kristal, garam menyerap energi negatif dari dapur Anda. Jadi saat Anda mengelap dengan air garam, ini memvisualisasikan garam yang menyerap energi negatif. 

Gunakan warna putih di dapur Anda

Menggunakan warna putih di dapur Anda adalah cara yang ideal menerapkan Feng Shui dalam menata dapur. Dalam Feng Shui warna putih merepresentasikan kemurnian dan kebersihan. Ini juga menyeimbangkan warna-warni makanan dan wadah penyimpanan di dapur. 

Anda juga bisa menggunakan warna yang berdasarkan lima elemen dalam Feng Shui. Gunakan warna bumi seperti coklat dan kuning jika ingin memiliki tampilan yang lebih stabil. Gunakan warna hijau dan biru yang berhubungan dengan elemen kayu untuk meningkatkan pertumbuhan, vitalitas dan fleksibilitas.

Gunakan warna merah dan jingga untuk menghidupkan gairah dan inspirasi. Untuk meningkatkan hubungan sosial dan kebijaksanaan gabungkan elemen air melalui warna biru. Untuk kebahagiaan dan kejernihan gunakan warna hitam dan abu-abu yang berhubungan dengan elemen logam. 

Letakan batu kuarsa di kulkas

Untuk memperkuat energi positif Chi, letakan kristal kuarsa bening untuk meningkatkan nutrisi pada makanan dan minuman sebelum Anda konsumsi. 

Jika Anda ingin memberi energi pada kristal kuarsa ini, Anda bisa mengoleskan sedikit essential oil beraroma jeruk di atasnya atau meyimpannya di dekat jendela atau balkon pada malam bulan purnama. Kemudian, keesokan harinya, letakan kuarsa ini di lemari es Anda. 

Letakan kompor di lokasi Anda bisa melihat pintu masuk ke dapur

Cara menerapkan Feng Shui di dapur untuk membawa keberuntungan adalah meletakan kompor di lokasi yang tepat. Letakan kompor di mana Anda bisa melihat pintu dapur atau pintu masuk saat memasak. 

Namun Anda sebaiknya tidak meletakan kompor segaris dengan pintu. Ini untuk memastikan Anda bertanggung jawab atas hidup dan karir Anda, serta memberi jalan bagi peluang yang akan datang. 

Jika Anda tidak bisa mengubah posisi kompor, Anda bisa meletakan cermin di lokasi yang tepat supaya Anda bisa melihat pantulan pinyu masuk saat memasak. 

Pilih kompor dengan lebih dari satu tungku

Jika Anda ingin meningkatkan kekayaan, kesejahteraan dan keberuntungan di hidup Anda, maka gunakan kompor lebih dari satu tungku. Jika ingin mengikuti aturan Feng Shui, Anda bisa menggunakan kompor tiga tungku. 

Jika Anda tidak berencana membeli kompor baru, Anda bisa menggantung cermin di belakang kompor. Sehingga bisa merefleksikan  kompor dengan dua tungku yang bisa mengundang energi positif. 

Selain itu, Anda harus menggunakan kompor setiap harinya untuk memastikan kekayaan selalu masuk ke dalam rumah Anda. Anda juga bisa menggunakan tungku yang berbeda setiap harinya untuk menarik energi positif chi. 

Gunakan kabinet kaca

Sama seperti memadukan berbagai warna, menggunakan kabinet kaca di dapur bisa menarik banyak keuntungan bagi Anda dalam Feng Shui.  

Kecantikan menggunakan kabinet kaca adalah menambahkan ilusi kedalaman karena sifatnya yang transparan. Jadi Anda bisa menyimpan benda yang menarik di dalamnya seperti keramik yang mahal atau barang pecah belah yang mahal. 

Baca Juga: Ini 4 Kesalahan saat Menggunakan Test Pack yang Perlu Anda Ketahui Moms

Simpan buah atau tanaman
Untuk menambahkan energi positif Feng Shui, letakan semangkok buah di island dapur Anda. Cara ini tak hanya membuat Anda ternutrisi dengan baik tetapi juga meningkatkan kesejahteraan. 

Pilihan lainnya, Anda bisa menambahkan unsur Feng Shui di dapur dengan tanaman seperti bambu atau rempah-rempah. Untuk mengetahui energi yang mereka bawa, pegang tanaman tersebut dan tanyakan kepada diri Anda perasaan yang muncul.

Tambahkan unsur seni
Cara menerapkan Feng Shui di dapur untuk membawa keberuntungan, tambahkan unsur seni di dalam dapur. Pastikan unsur seni ini memiliki konten makanan atau mewakili pemandangan alam. Anda bisa menggunakan gambar abstrak, realistik dan ilustrasi. 

Demikian cara menerapkan Feng Shui di dapur Anda. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News