Santai

Bahaya Oversleeping, Ini 5 Risiko Terlalu Banyak Tidur Bagi Kesehatan

Bahaya Oversleeping, Ini 5 Risiko Terlalu Banyak Tidur Bagi Kesehatan

MOMSMONEY.ID - Tak selamanya baik, ternyata tidur secara berlebihan bisa menyebabkan beberapa efek samping dan bahaya untuk tubuh, loh.

Walau tidur merupakan aktivitas yang baik untuk mengistirahatkan tubuh, namun jika dilakukan berlebihan bisa jadi membahayakan tubuh.

Disebut dengan oversleeping, kondisi ini terjadi ketika seseorang tidur lebih dari 9 jam dalam kurun waktu 24 jam.

Ternyata ada bahaya yang mungkin muncul dari seseorang yang tidur berlebihan atau mengalami oversleeping ini. Berikut beberapa di antaranya:

Baca Juga: Penyebab Tidur Mendengkur dan Cara Mengatasinya dalam 5 Tahapan

Penyakit kronis

Orang-orang yang memiliki kebiasaan tidur berlebihan, biasa dikaitkan dengan risiko terkena penyakit kronis.

Laman Everyday Health menyebutkan bahwa oversleeping bisa menimbulkan risiko pemicu munculnya penyakit kronis seperti diabetes, stroke, penyakit jantung, dan bahkan obesitas.

Sakit punggung

Jika merasa sakit punggung, cara utama untuk mengatasinya adalah dengan beristirahat dan tidur. Namun jika tidur yang dilakukan memakan waktu terlalu lama, maka sakit punggung pun rasanya tak akan sembuh.

Kini, masalah sakit punggung juga bisa disebabkan karena terlalu banyaknya aktivitas rebahan di kasur dan bahkan tidur dalam durasi lama. Sebaiknya coba untuk melakukan aktivitas olahraga atau berkonsultasi ke dokter untuk meredakan sakit punggung.

Baca Juga: 5 Tanda Anda Berhasil Healing dari Trauma, Cek di Sini

Sakit kepala

Efek samping lain yang mungkin muncul dan dapat dengan mudah dirasakan karena terlalu banyak tidur adalah merasa pusing dan sakit kepala.

Bagi orang-orang yang mudah merasa sakit kepala, laman Web MD menjelaskan bahwa risiko kepala terasa pusing bisa dirasakan jika jam tidur menjadi lebih panjang dari biasanya.

Hal tersebut disebabkan karena adanya efek samping dari oversleeping yang mengganggu sistem saraf di otak. Akhirnya pusing dan sakit kepala pun bisa muncul sebagai risiko oversleeping.

Depresi

Oversleeping juga erat kaitannya dengan orang-orang yang mengalami gangguan mental depresi. Baik oversleeping maupun kesulitan untuk tidur, menurut laman Sleep Foundation, adalah efek samping yang mungkin dirasakan dari orang-orang depresi.

Jika dituruti untuk tidur dengan jangka waktu lama, maka kondisi gangguan depresi bisa jadi makin buruk. Maka dari itu, sebaiknya coba atasi gangguan depresi ini mengurangi jam tidur berlebihan dan melakukan konsultasi dengan ahli.

Gangguan imun

Kondisi tubuh juga bisa dipengaruhi oleh kondisi oversleeping. Terlalu banyak tidur bisa mengganggu fungsi tubuh dan menurunkan fungsi imun tubuh.

Selain itu, risiko inflamasi atau pembengkakan dalam tubuh juga menjadi makin parah saat didukung dengan adanya aktivitas tidur berlebihan.

Parahnya lagi, gangguan oversleeping ini juga bisa memicu risiko kematian yang lebih tinggi. Disebabkan karena munculnya komplikasi-komplikasi penyakit yang mengganggu imun tubuh.

Tak selalu baik, kan? Itulah tadi efek samping dan risiko yang muncul dari terlalu banyak tidur atau disebut dengan oversleeping.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News