HOME, Keluarga

Atasi Rewel, Ini 10 Langkah Stimulasi Si Kecil melalui Pijatan

Atasi Rewel, Ini 10 Langkah Stimulasi Si Kecil melalui Pijatan

MOMSMONEY.ID - JAKARTA. Memiliki bisa menimang buah hati pasti menjadi keinginan hampir sebagian besar seorang ibu. Namun terkadang semuanya tidak seindah rencana. Ada banyak tantangan tersendiri yang harus dihadapi para ibu. Apalagi ibu dengan pengalaman pertama. 

Berbagai hal terkait kesehatan dan kenyamanan si kecil, dapat menjadi pemicu kecemasan ibu. Belum lagi ketika si kecil rewel. Semuanya bisa berubah menjadi rasa frustasi atau stress, karena tidak mengerti apa yang harus dilakukan untuk menenangkan si kecil.

Dr Yudhi Gejali, dokter sekaligus penekun akupuntur pediatrik bilang normalnya, si kecil akan menangis ketika mereka lapar, lelah, tidak nyaman, atau sakit. Lalu untuk balita yang lebih besar mungkin juga akan menangis menjadi satu-satunya sarana komunikasi untuk meminta pertolongan, sekaligus membantunya melepaskan ketengan yang dirasakan. 

Baca Juga: 5 Tips yang Dapat Membantu Meningkatkan Keterampilan Parenting

Tangisan si kecil di awal kehidupannya adalah penting untuk kesejahteraan, pembentukan sistem saraf yang sehat, dan pertumbuhan si kecil selanjutnya. “Jika si kecil dibiarkan menangis kejer. Sebaliknya ini bisa menimbulkan terjadinya perubahan fisiologis pada tubuh si kecil, seperti: meningkatnya denyut jantung, tekanan darah, dan sel darah putih; menurunnya kadar oksigen; menghabiskan cadangan energi; juga mengaktifkan respon stress dengan peningkatan kadar kortisol. Bahkan apabila si kecil menangis berkepanjangan, dapat menyebabkan aerophagia /menelan udara yang dapat menyebabkan rasa sakit dan masalah dengan pencernaan”, paparnya dalam acara peluncuran My Baby minyak telon lavender belum lama ini. 

Karenanya, agar kerewelan si kecil tidak berdampak pada kesehatannya, penting bagi ibu untuk menghadirkan kenyamanan. Salahnya bisa dengan memberikan piijatan dengan mengoleskan minyak yang memiliki aroma lavender. Kandungan aktif utama linalool (C10H18O) pada lavender dapat memberikan efek sedatif atau relaksasi untuk membantu menenangkan dan membuat tidur lelap, juga memiliki manfaat melindungi dari nyamuk.

Baca Juga: Cek Promo JSM Indomaret untuk Belanja Hemat Persiapan Ramadan s/d 3 April 2022

Berikut 10 langkah stimulasi yang bisa dilakukan untuk menenangkan si kecil : 
1. Usap dada dari tengah ke arah luar sambil terus menjaga kontak mata dengan buah hati.
2. Usap perut mengelilingi pusar searah jarum jam. Sebaliknya iika sedang diare, lakukan berlawanan dengan arah jarum jam. 
3. Usap lengan dan tungkai searah dari atas ke bawah. 
4. Pijat lembut titik kidney 1 (kurang lebih 1/3 dari ujung jari kaki anak). 
5. Pijat lembut titik Yintang (titik antara dua alis anak) searah ke arah puncak kepala. Namun jangan sampai mengenai mata. 
6. Usap lembut kedua alis dari pangkal ke arah luas, Hati-hati juga jangan sampai mengenai mata. 
7. Pijat lembut atau ketuk ringan titik An Mian di belakang kedua telinga. Ini akan memicu refleks menguap dan mengantuk. 
8. Pijat lembut kedua pundak bayi. 
9. Usap punggung sepanjang tulang belakang, searah dari atas ke bawah. 
10. Usap dengan handuk lembut kering apabila masih terdapat sisa minyak berlebih di kulit bayi. Usahakan bayi jangan sampai kedinginan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News