InvesYuk

Asyik, Astra Otoparts (AUTO) Akan Bagikan Dividen Lagi Rp 132 per Saham

Asyik, Astra Otoparts (AUTO) Akan Bagikan Dividen Lagi Rp 132 per Saham

MOMSMONEY.ID - Para pemegang saham PT Astra Otoparts Tbk (AUTO) bisa happy karena perusahaan komponen otomotif ini berencana membagikan dividen dari keuntungan tahun buku 2023. 

Dari hasil Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) yang digelar Jumat (26/4), AUTO menetapkan pembagian dividen final Rp 828,99 miliar atau sekitar 45% dari laba bersih perseroan untuk tahun buku yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2023. Dengan begitu, setiap pemegang saham akan mendapat dividen Rp 172 per saham.

Dari nilai tersebut, dividen sebesar Rp 40 per saham atau total Rp 192,78 miliar yang sudah dibagikan pada 24 Oktober 2023. 

Selanjutnya, sebesar Rp 132 per saham atau Rp 636,20 miliar akan dibayarkan pada tanggal 22 Mei 2024 kepada pemegang saham yang namanya tercatat dalam Daftar Pemegang Saham Perseroan pada tanggal 13 Mei 2024. 

Rasio pembagian dividen AUTO 45% dari laba bersih ini menjadi yang terbesar setidaknya dalam tiga tahun terakhir. Pada 2021, 2022, dan 2023, dividend payout ratio AUTO berturut-turut di kisaran 40,16%, lalu 40%, dan sebesar 10,47%. 

Sebagai informasi, AUTO membukukan laba bersih Rp 1,84 triliun di akhir 2023, lebih tinggi 38,88% dibanding akhir 2022 yang sebesar Rp 1,33 triliun. 

Sisa laba bersih yang belum ditetapkan penggunaannya akan dibukukan sebagai laba ditahan perseroan.

Dalam RUPS tersebut, AUTO juga mengumumkan perombakan jajaran direksi dan komisaris.

Wanny Wiijaya dan Heru Harsana mundur masing-masing dari jabatannya sebagai direktur AUTO. Sedangkan Johannes Loman mundur dari jabatannya sebagai Wakil Presiden Komisaris Perseroan berlaku efektif sejak ditutupnya Rapat ini.

Selanjutnya, RUPS Mengangkat Ibu Sophie Handili, Bapak Abun Gunawan, dan Bapak Prihatanto Agung L. masing-masing sebagai Direktur Perseroan yang baru serta Bapak Thomas Junaidi Alim W. sebagai Komisaris Perseroan yang baru, untuk masa jabatan sejak ditutupnya Rapat ini sampai dengan penutupan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan Perseroan pada tahun 2025. 

Dengan begitu, susunan jajaran direksi AUTO yaitu: 

Hamdhani Dzulkarnaen Salim, sebagai Presiden Direktur
Lay Agus, sebagai Direktur
Kusharijono, sebagai Direktur
Tujuh Martogi Siahaan, sebagai Direktur
Ronny Kusgianta, sebagai Direktur
Sophie Handili, sebagai Direktur
Abun Gunawan, sebagai Direktur
Prihatanto Agung L, sebagai Direktur

Sedangkan susunan komisaris AUTO:

Gidion Hasan, sebagai Presiden KomisarisAgus Tjahajana Wirakusumah, sebagai Komisaris Independen
Bambang Trisulo,  sebagai Komisaris Independen
Bambang Widjanarko E.S., sebagai Komisaris Independen
Chiew Sin Cheok, sebagai Komisaris
Sudirman Maman Rusdi, sebagai Komisaris
Gunawan Geniusahardja, sebagai Komisaris
Thomas Junaidi Alim W., sebagai Komisaris

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News