Keluarga

Apa Itu AC Inverter? Kenali Perbedaannya dengan AC Konvensional!

Apa Itu AC Inverter? Kenali Perbedaannya dengan AC Konvensional!

MOMSMONEY.ID - Saat suhu udara terus memanas, AC jadi kebutuhan penting hunian. Namun saat akan membeli, Anda akan dihadapkan pada pilihan AC Inverter atau AC Konvensional. Apa itu AC Inverter dan apa perbedaannya dengan AC Konvensional? 

Apa itu AC Inverter?
Melansir mitra10, AC Inverter adalah jenis AC yang sudah memiliki teknologi mengatur kecepatan kompresor secara otomatis. Sehingga AC Inverter bekerja sesuai dengan kebutuhan. 

Baca Juga: Tanaman Sirih Gading Layu? Simak 4 Tips Rahasia Menyelamatkan Pothos yang Sekarat

Melansir Aqua Elektronik, teknologi inilah yang disebut sebagai teknologi inverter. Teknologi ini akan mengubah arus listrik bolak-balik (AC) menjadi searah (DC) sehingga konsumsi daya listriknya lebih irit untuk pemakaian jangka panjang. 

AC Inverter, melansir TCL, bisa mengubah konsumsi daya tergantung seberapa panas cuaca di luar dan seberapa banyak orang di dalam ruangan. 

Apa perbedaan AC Inverter dan AC Konvensional?
AC Inverter dengan penjelasan di atas memiliki sistem kerja mengatur kompresor dengan kecepatan variabel. Artinya AC Inverter ini memiliki rentang kecepatan yang lebih luas sehingga kompresor tidak akan bekerja dengan sistem on/off. Kompresor hanya akan memperlambat kerjanya saat suhu sudah dingin, dan sebaliknya. 

Baca Juga: Manfaat Memindahkan Tanaman Hias ke Luar Ruangan saat Musim Panas

Sementara itu AC Konvensional atau AC pada umumnya menggunakan metode on/off. Metode ini membuat kompresor akan mati dan nyala secara berkala untuk mempertahankan suhu ruangan.  Ini yang membuat konsumsi listrik jadi boros jika Anda menggunakan AC Konvensional. 

Itu tadi penjelasan mengenai AC Inverter dan perbedaan utamanya dengan AC Konvensional. Sebagai tambahan, AC Inverter diklaim bisa hemat listrik hingga 25-30% lo!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News