Bugar

Anda Mengalami Gondok? Ini Cara Mengobatinya sampai Sembuh

Anda Mengalami Gondok? Ini Cara Mengobatinya sampai Sembuh

MOMSMONEY.ID - Gondok merupakan penyakit yang menimbulkan benjolan di leher karena kelenjar tiroid yang membesar ini dan bisa menyerang siapa saja.

 Padahal, kelenjar tiroid ini memiliki fungsi vital bagi tubuh. Mulai dari mengatur denyut jantung, suhu tubuh, hingga kekuatan otot.

Ada beragam cara yang bisa dicoba. Mulai dari konsumsi obat-obatan, operasi pengangkatan tiroid, atau terapi nuklir tiroid.

Selain ketiga metode tersebut, ada cara alami yang bisa dicoba untuk membantu mengobati gondok yang bisa Anda lakukan di rumah.

Baca Juga: Waspadai, Dampak Hipertiroid Bisa Menyebabkan 4 Kondisi Ini

Dilansir dari Health Focus, berikut ini beberapa cara mengobatinya penyakit gondok secara alami, antara lain:

Konsumsi cukup yodium

Cara mengobati penyakit gondok yang pertama dengan mengonsumsi cukup yodium. Penyakit gondok sering dipicu kekurangan yodium.

Oleh sebab itu, cobalah konsumsi makanan yang mengandung banyak yodium. Cara ini diharapkan mampu memperkecil gondok atau pembengkakan pada kelenjar tiroid.

Cara paling simpel mendapatkan yodium lewat garam meja. Selain garam meja, Anda bisa mendapatkan asupan yodium lewat ikan, kerang, keju, yoghurt, hingga berbagai sayuran.

Manfaatkan bawang putih

Cara mengobati penyakit gondok yang kedua adalah Anda bisa memaafkan bawang putih. Bawang putih bersifat antibakteri, antivirus, dan antijamur.

Cara menyembuhkan gondok dengan bawang putih simpel saja. Cucilah bawang hingga bersih, lalu kunyah bawang putih sebanyak 3 hingga 4 siung dalam satu hari.

Pastikan area leher dan wajah nyaman

Cara mengobati penyakit gondok yang selanjutnya dengan selalu memastikan area leher dan wajah selalu merasa nyaman. 

Setelah melakukan beberapa cara di atas, tidak ada salahnya untuk memastikan area leher dan wajah dalam kondisi nyaman.

Jika ingin berbaring, pastikan gunakan alas tidur yang nyaman dan cegah tekanan pada area leher agar rasa nyeri bisa dihindari. 

Baca Juga: Ada Benjolan di Leher? Ini 5 Penyebab yang Perlu Anda Ketahui

Istirahat yang cukup

Cara mengobati penyakit gondok yang keempat adalah melakuakn istirahat yang cukup. Pengidap gondongan sebaiknya hindari kontak langsung dengan orang lain hingga sembuh. 

Di samping itu, istirahat yang cukup juga dibutuhkan untuk mempercepat pemulihan. Istirahat mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh sekaligus menghentikan penyebaran virus.

Pengidap gondok sebaiknya mengistirahatkan diri di rumah, kira-kira lima hari setelah kelenjar parotis mulai membengkak.

Hindari mengonsumsi makanan asam

Cara mengobati penyakit gondok yang terakhir adalah menghindari mengonsumsi makanan asam selama gondok. Kandungan acid nyatanya dapat menyebabkan rasa nyeri yang semakin parah pada kelenjar ludah.

Itulah beberapa cara mengobati penyakit gondok secara alami yang bisa Anda lakukan di rumah. Jika Anda sudah melakukan cara di atas namun tidak kunjung sembuh, segera periksa ke dokter untuk mendapatkan penanganan medis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News