Keluarga

Aman untuk Kulit Sensitif, 5 Manfaat Mandelic Acid dalam Produk Skincare

Aman untuk Kulit Sensitif, 5 Manfaat Mandelic Acid dalam Produk Skincare

MOMSMONEY.ID - Cari tahu 5 manfaat mandelic acid dalam produk skincare di sini.

Mandelic acid adalah salah satu jenis Alpha Hydroxy Acid (AHA) yang cenderung kurang populer dibandingkan jenis AHA lainnya.

Padahal, mandelic acid memiliki banyak kelebihan yang sayang untuk dilewatkan. Terbuat dari bitter almond atau almond pahit, mandelic acid terbukti aman untuk kulit sensitif.

Selain itu, mandelic acid juga menyimpan beragam manfaat yang luar biasa untuk kulit secara keseluruhan. Oleh sebab itu, produk skincare yang mengandung mandelic acid sangat layak untuk Anda pertimbangkan.

Ada setidaknya 5 manfaat mandelic acid dalam produk skincare. Dirangkum dari Vivant Skincare, berikut penjelasannya.

Baca Juga: 4 Tips Skincare untuk Wanita Menopause biar Tetap Awet Muda, Mudah Moms

1. Menghilangkan jerawat

Manfaat mandelic acid dalam produk skincare yang pertama yaitu menghilangkan jerawat.

Mandelic acid terlahir sebagai pembasmi jerawat. Selain dapat bertindak sebagai antibakteri dan anti-inflamasi, mandelic acid juga memiliki kemampuan eksfoliasi dan mengatur sebum.

Dalam mengatasi jerawat, mandelic acid bekerja dengan membunuh bakteri penyebab jerawat yang ada di dalam pori-pori. Plus, meredakan peradangan untuk mempercepat penyembuhan jerawat.

2. Meratakan warna kulit

Manfaat mandelic acid dalam produk skincare yang kedua yaitu meratakan warna kulit.

Mandelic acid mampu menghambat tirosinase. Tirosinase sendiri adalah enzim yang bertanggung jawab untuk memulai produksi melanin sebagai respons terhadap pemicu seperti peradangan atau stres oksidatif. Saat tirosinase terhambat, itu akan mencegah pigmen mencapai permukaan kulit.

Tak hanya itu, mandelic acid juga mampu bekerja di permukaan kulit untuk membantu memudarkan bintik-bintik hitam dan perubahan warna dengan menghilangkan sel-sel berpigmen.

3. Mengurangi garis-garis halus

Manfaat mandelic acid dalam produk skincare yang ketiga yaitu mengurangi garis-garis halus.

Akumulasi sel-sel kulit mati dapat membuat garis-garis halus pada wajah tampak lebih dalam dan jelas. Untungnya, mandelic acid mampu menghilangkan sel-sel tersebut untuk mengurangi munculnya garis-garis halus dan membuat permukaan kulit lebih halus.

Dalam jangka panjang, mandelic acid dapat bekerja di bawah permukaan kulit untuk meningkatkan produksi kolagen agar kulit tampak lebih halus sekaligus kencang.

Baca Juga: Hindari 3 Warna Cat Kamar Tidur Ini jika Punya Gangguan Tidur

4. Memperbaiki tekstur kulit

Manfaat mandelic acid dalam produk skincare yang keempat yaitu memperbaiki tekstur kulit.

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi tekstur kulit di antaranya penumpukan sel-sel kulit mati, kurangnya kelembaban, peradangan, jerawat, degradasi kolagen, dan pori-pori besar.

Berkat sifat mandelic acid yang dapat mengeksfoliasi, melawan jerawat, anti-inflamasi, anti-iritasi, dan mendukung skin barrier, faktor-faktor tersebut pun bisa diatasi. Dengan menerapkan mandelic acid pada kulit, itu akan menghasilkan tekstur kulit yang halus, elastis, dan sehat pada akhirnya.

5. Meminimalkan iritasi

Manfaat mandelic acid dalam produk skincare yang kelima yaitu meminimalkan iritasi.

Struktur molekul yang besar dalam mandelic acid menjadikannya mampu menembus kulit secara perlahan. Sehingga, kecil kemungkinannya menyebabkan iritasi atau memicu pigmen reaktif.

Karena mampu bertindak secara lembut pada kulit, mandelic acid pun tergolong ideal untuk orang-orang dengan kulit sensitif, rentan hiperpigmentasi, atau rentan terkena rosacea.

Demikian 5 manfaat mandelic acid dalam produk skincare yang harus Moms tahu. Jadi, apakah Moms tertarik untuk mencoba skincare yang mengandung mandelic acid?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News