BisnisYuk

Akademisi UMB: UMKM Perlu Terlibat dalam Kelestarian Lingkungan

Akademisi UMB: UMKM Perlu Terlibat dalam Kelestarian Lingkungan

MOMSMONEY.ID - Delapan dosen program Magister Manajemen Universitas Mercu Buana menggelar seminar bertema bisnis dan kelestarian lingkungan. Acara ini digelar dalam rangka melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat dan untuk membantu keberlanjutan bisnis UMKM dengan memperhatikan kelestarian lingkungan. 

Tema seminar bertajuk pengembangan manajemen UMKM untuk mencapai keberlanjutan bisnis dan kelestarian lingkungan. Oleh sebab itu, para dosen UMB juga turut bekerjasama dengan Universitas Islam As-Syafi'iyah yang diwakili oleh Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis serta PT Permodalan Nasional Madani (PNM), yang memiliki dokus dalam memberdayakan UMKM dengan memberikan modal finansial, intelektual dan sosial. 

Para dosen UMB dalam keterangan tertulis mengatakan tema ini diangkat karena UMKM memiliki peranan yang sangat penting terhadap stabilitas pembangunan ekonomi dan merupakan tulang punggung perekonomian Indonesia. 

Selain itu, peran UMKM juga mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dengan adanya penyerapan tenaga kerja yang menghidupi masyarakat. Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah  mencatat, tenaga kerja UMKM sebanyak 119,6 juta orang pada 2019. Jumlah tersebut setara dengan 96,92% dari total tenaga kerja di Indonesia. 

Baca Juga: Cuaca Besok (30/1) di Jakarta Masih Akan Hujan

Sayangnya, pandemi Covid-19 membuat UMKM dinilai menjadi pihak yang terpukul paling telak terkena pengaruh negatif. Para dosen UMB memandang ada beberapa permasalahan yang dialami UMKM di Indonesia dan  menjadi pekerjaan rumah bagi sektor ekonomi. Pekerjaan rumah ini harus segera diselesaikan untuk menjaga keberlanjutan bisnis UMKM, karena jika tidak diatasi, maka UMKM yang sedang tumbuh bisa saja kalah bersaing, stagnan, bahkan gulung tikar. 

Oleh sebab itu, seminar ini ditujukan untuk membantu keberlanjutan bisnis UMKM dengan memperhatikan kelestarian lingkungan melalui peningkatan kekurangan UMKM yang sering ditemui dalam bidang pemasaran, keuangan, produksi dan sumber daya manusia. 

Seminar ini dihadiri 50 nasabah binaan PNM Mekaar. Sekedar informasi, layanan PNM Mekaar difokuskan kepada perempuan pelaku usaha mikro dengan kondisi keluarga yang memiliki indeks pendapatan per kapita maksimal USS1,99 per hari atau Rp 800 ribu per bulan. 

Baca Juga: 4 Tips Makeup untuk Menyamarkan Smile Line, Auto Flawless

Pembiayaan PNM Mekaar tidak mensyaratkan agunan fisik, namun bersifat tanggung renteng kelompok, dengan syarat kedisiplinan untuk mengikuti Pertemuan Kelompok Mingguan (PKM). Pertemuan kelompok wajib dilaksanakan setiap minggu, sebagai salah satu cara untuk memastikan pembayaran angsuran mingguan.  

Seminar diawali dengan pemaparan Dr. Median Wilestari, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis dari Universitas As Syafiah tentang Keberlanjutan Bisnis UMKM yang dilanjutkan dengan pemaparan para pembicara dari dosen-dosen UMB. 

Pemaparan UMB dibuka dengan materi tentang komunikasi pemasaran yang sederhana dan santun untuk menarik pelanggan yang dibawakan Dr. Achmad Fachrodji. Materi selanjutnya adalah tentang proses produksi untuk keberlangsungan usaha UMKM yang dibawakan oleh Dr. Niken Sulistyowati. 

Selanjutnya materi tentang pengelolaan keuangan UMKM yang berbasis ramah lingkungan diberikan oleh Dr. Andam Dewi Syarif dan Dr. Pardomuan Sihombing.  Sedangkan materi pengembangan sumber daya manusia UMKM untuk keberlanjutan usaha dipaparkan oleh Dr. Mafizatun Nurhayati, Dr. Farida Elmi, Dr.  Tjiptogoro Dinarjo Soehari dan Dr. Parwoto. 

Dalam seminar ini juga dibahas tentang bagaimana menjaga kelestarian lingkungan melalui program ramah lingkungan 3R (reduce, recycle, reuse). Reduce adalah usaha mengurangi produk yang sampahnya yang tidak dapat didaur ulang. Sementara recycle merupakan kegiatan mendaur ulang bahan sampah agar dapat menjadi produk baru dan reuse merupakan usaha menggunakan kembali kemasan atau produk yang sudah dipakai. 

Program 3R diberikan karena wabah epidemi COVID-19 telah menyadarkan kita semua, bahwa perkembangan masyarakat manusia akan selalu dibatasi oleh lingkungan alam. Pembangunan ekonomi harus dikoordinasikan dengan perlindungan lingkungan alam, sehingga keduanya tidak bertentangan. Diharapkan dengan seminar ini, UMKM akan termotivasi untuk meningkatkan peran dan partisipasinya dalam menjaga kelestarian alam dan kesinambungan masa depan ekonomi yang berkelanjutan.

Seminar ditutup dengan tanya jawab dari peserta UMKM yang antusias untuk mendalami lebih detail bagaimana meningkatkan kinerja agar dapat menjaga keberlangsungan usaha mereka. Meskipun seminar ini mempunyai waktu yang terbatas, namun seminar ini juga menyediakan kesempatan mentoring bagi UMKM di luar seminar untuk memberikan pendampingan secara insentif pada UMKM.

Baca Juga: Hasil Riset INDEF, Shopee Jadi Platform yang Paling Banyak Dipilih dan Digunakan UMKM

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News