Santai

Agar Tetap Aktif Di Luar Rumah, Ini 6 Tips Untuk Hadapi Cuaca Ekstrem

Agar Tetap Aktif Di Luar Rumah, Ini 6 Tips Untuk Hadapi Cuaca Ekstrem

MOMSMONEY.ID - Ingin tetap aktif di luar rumah seharian saat cuaca ekstrem? Berikut ada beberapa tips yang bisa dicoba untuk terhindar dari cuaca ekstrem.

Cuaca ekstrem kerap mengganggu aktivitas sehari-hari terutama bagi yang memiliki banyak kegiatan di luar rumah.

Sebenarnya tak perlu khawatir lagi akan terganggu oleh cuaca ekstrem di luar rumah. Sebab ada beberapa tips yang bisa diperhatikan supaya terhindar dari cuaca ekstrem.

Nah, berikut Momsmoney telah merangkum beberapa tips dan cara yang bisa diterapkan agar terhindar dari cuaca ekstrem saat melakukan aktivitas di luar rumah.

Baca Juga: Peringatan Dini Cuaca Hari Ini (17/1) Hujan Lebat disertai Petir di Provinsi Ini

Cek prakiraan cuaca

Sebelum memulai kegiatan di luar rumah, ada baiknya untuk selalu mengecek ramalan cuaca atau prakiraan cuaca terlebih dahulu. Ramalan cuaca kini bisa diakses dengan mudah yaitu melalui ponsel.

Selain itu, mengunjungi laman BMKG untuk mengecek ramalan cuaca juga bisa dilakukan jika tidak memiliki aplikasi prakiraan cuaca di ponsel. Dengan begitu, Anda bisa mempersiapkan barang-barang agar terhindar dari cuaca buruk dan ekstrem.

Bawa payung

Cuaca ekstrem seperti hujan kerap melanda wilayah tropis termasuk Indonesia. Saat mulai memasuki musim hujan, sediakan selalu payung di dalam tas sebelum memulai aktivitas di luar rumah.

Pastikan juga untuk memilih jenis payung yang tepat. Sesuaikan dengan cuaca dominan yang ada di daerah. Jika sering mengalami hujan angin kencang, ada baiknya memilih payung dengan bahan kokoh dan anti angin.

Baca Juga: Waspada! BMKG Sebut Hujan Lebat hingga 17 Januari 2024 Landa Wilayah Ini!

Sediakan kantong kresek

Kantong kresek berguna untuk menyimpan berbagai jenis barang termasuk barang-barang yang terkena air. Siapkan kantong kresek dengan ukuran sedang untuk menyimpan kembali payung yang terkena hujan.

Kantong kresek pun juga bisa digunakan untuk menyimpan pakaian atau barang yang kebasahan saat terkena hujan. Bahkan, barang yang satu ini juga bisa untuk mengamankan barang agar tidak kehujanan dan tetap aman di dalam tas.

Gunakan jas hujan

Jika tak punya payung, sediakan jas hujan yang bisa dibawa kemana-mana. Pilih jas hujan dengan material anti air dan sesuaikan juga panjangnya dengan tubuh Anda.

Akan lebih baik jika memilih jas hujan dengan material tebal agar awet di segala cuaca buruk. Jas hujan juga penting untuk disiapkan bagi para pengendara motor di jalan. Selalu cek dan sediakan jas hujan di motor sebelum berkendara, ya.

Baca Juga: Tak Perlu Ke Gym, 6 Aktivitas Olahraga Ini Bisa Anda Lakukan biar Tetap Aktif

Pakai sunscreen

Cuaca buruk dan ekstrem bukan hanya saat hujan, ya. Kemarau yang panjang dan menunjukkan suhu tinggi pun juga termasuk dalam cuaca ekstrem.

Bagi yang banyak melakukan aktivitas di luar rumah, termasuk saat cuaca terik, pakai dan sediakan sunscreen dengan SPF di tas. Aplikasikan sunscreen selama empat jam sekali dengan tujuan untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang terik dan tidak terbakar.

Siapkan pakaian ganti

Bagi yang aktif melakukan aktivitas di luar rumah setiap hari, siapkan selalu pakaian cadangan di dalam tas. Pakaian ini berguna untuk menyelamatkan diri dari situasi genting saat bekerja.

Kehujanan atau keringat berlebih yang mungkin muncul dalam perjalanan ke kantor bisa mengganggu penampilan di kantor. Maka dari itu, ada baiknya untuk selalu menyiapkan pakaian ganti yang bersih dan wangi di dalam tas saat cuaca ekstrem.

Itulah tadi beberapa tips dan cara yang bisa digunakan agar terhindar dari cuaca ekstrem saat harus bekerja di luar rumah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News