HOME, Keluarga

Ada Tamu Menginap Saat Lebaran? Siapkan Rumah dengan 4 Tips Ini

Ada Tamu Menginap Saat Lebaran? Siapkan Rumah dengan 4 Tips Ini

MOMSMONEY.ID - Silaturahmi merupakan hal yang kerap dilakukan saat Idulfitri atau Lebaran. Bentuknya beragam, mulai dari bertamu ke rumah keluarga dan kerabat, halalbihalal, reuni, hingga menginap di rumah keluarga besar.

Nah, jika lebaran kali ini Anda kebagian menjadi tuan rumah, tentunya Anda ingin para tamu yang datang dan menginap saat lebaran merasa nyaman dan senang. Untuk mencapai tujuan tersebut, Anda dapat menyiapkan rumah dengan melakukan beberapa hal.

Hal-hal apa sajakah yang dimaksud? Simak tipsnya berikut ini, yuk!

Baca Juga: Mau Mudik Lebaran? Lakukan 5 Hal Ini Sebelum Meninggalkan Rumah

Bersihkan dan rapikan rumah

Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah membersihkan dan merapikan rumah. Selain membuat rumah terlihat lebih nyaman, Anda pun bisa menyiapkan hal lainnya untuk menyambut kedatangan tamu tanpa harus dipusingkan dengan rumah yang berantakan.

Dikutip dari Dengarden.com, cobalah untuk melakukan decluttering alias merapikan barang-barang yang berserakan di rumah. Singkirkan barang yang sudah tidak terpakai, lalu simpan barang sisanya di tempat yang rapi. Jangan lupa untuk membersihkan rumah secara menyeluruh.

Siapkan kamar tamu dan kamar mandi

Saat membersihkan dan merapikan rumah, fokuslah pada area yang akan sering digunakan atau dilewati tamu, seperti kamar tamu hingga kamar mandi.

Melansir laman Homes to Love, sebisa mungkin singkirkan barang-barang Anda dari kamar yang akan digunakan tamu, sehingga Anda tidak perlu bolak-balik kamar tersebut hanya untuk mengambil sesuatu. Selain itu, gantilah sprei dan sarung bantal serta sediakan selimut di kamar tamu.

Baca Juga: 4 Tips Membersihkan Rumah Menjelang Lebaran, Hari Raya Jadi Nyaman!

Siapkan perlengkapan ekstra

Terkadang, tamu yang datang menginap ke rumah Anda saat lebaran bisa saja lupa membawa barang-barang tertentu seperti perlengkapan mandi.

Untuk membuat para tamu nyaman, Anda bisa menyiapkan berbagai perlengkapan mandi ekstra, seperti sabun, sikat gigi, pasta gigi, hingga handuk bersih dan kering.

Baca Juga: 4 Hal yang Sebaiknya Ada di Dapur Kecil, Bikin Lebih Optimal

Stok bahan makanan

Ketika rumah Anda kedatangan tamu saat lebaran (terutama yang menginap), artinya Anda harus bersiap-siap untuk menambah stok bahan makanan di dapur. Sebab, semakin banyak orang yang menginap, semakin banyak pula orang yang perlu diberi makan.

Selain bahan makanan standar, Anda juga dapat menyuguhkan berbagai jenis jajanan dan minuman yang bisa dinikmati bersama-sama. Jadi, suasana silaturahmi pun akan makin terasa di rumah.

Nah, itulah beberapa hal yang bisa disiapkan untuk menyambut kedatangan tamu yang menginap saat lebaran. Semoga penjelasan di atas bermanfaat untuk Anda!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News