Keluarga

Ada Rambutan, Ini 5 Bahan Alami Alternatif Retinol yang Aman untuk Kulit Sensitif

Ada Rambutan, Ini 5 Bahan Alami Alternatif Retinol yang Aman untuk Kulit Sensitif

MOMSMONEY.ID - Takut kulit jadi lebih sensitif akibat penggunaan retinol? Coba salah satu dari 5 bahan alami alternatif retinol yang aman untuk kulit sensitif ini saja.

Retinol memang punya segudang manfaat yang menakjubkan. Namun, tidak bisa dipungkiri bahwa bahan aktif skincare sejuta umat ini juga menyimpan beragam efek samping yang mengganggu kulit seperti kemerahan, kekeringan, dan iritasi. Itulah sebabnya retinol tidak terlalu disarankan bagi para pemilik kulit sensitif.

Sebagai alternatif, Anda yang memiliki kulit sensitif bisa beralih ke bakuchiol yang terbukti lebih ringan dan aman untuk kulit sensitif.

Selain bakuchiol, berikut 5 bahan alami alternatif retinol yang aman untuk kulit sensitif sebagaimana MomsMoney rangkum dari laman Byrdie.

1. Rambutan

Bahan alami alternatif retinol yang pertama adalah rambutan. Di internet, banyak informasi yang membandingkan buah tropis ini dengan retinol.

Faktanya, rambutan mengandung antioksidan yang tinggi. Berkat kandungan antioksidannya yang tinggi, rambutan menawarkan efek anti-aging yang kuat untuk kulit.

Rambutan memiliki rangkaian antioksidan yang dapat mengurangi penuaan kulit dengan menetralkan radikal bebas, melindungi kulit dari kerusakan oksidatif, serta mengurangi peradangan dan kerusakan kolagen maupun jaringan elastis.

Baca Juga: 5 Kandungan Skincare yang Cocok Dikombinasikan dengan Retinol, Apa Saja?

2. Rosehip oil

Bahan alami alternatif retinol yang kedua adalah rosehip oil. Rosehip oil mengandung sedikit retinoic acid atau asam retinoat.

Pada dasarnya, retinol harus diubah menjadi retinoic acid di kulit sebelum memberikan efek apapun. Itulah mengapa rosehip oil bisa jadi alternatif retinol untuk membantu meregenerasi kulit, meningkatkan produksi kolagen, dan mengembalikan kilau pada kulit yang kusam.

Kendati tidak ada penelitian yang membandingkan rosehip oil dengan retinol, namun kandungan asam lemak yang kaya dalam rosehip oil sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit.

Rosehip oil juga dapat membantu memperbaiki tanda-tanda penuaan yang terlihat dengan mencegah hilangnya kelembaban.

3. Carrot seed oil

Bahan alami alternatif retinol yang ketiga adalah carrot seed oil.  Berasal dari biji wortel liar, carrot seed oil kaya akan beta karoten.

Beta karoten sendiri merupakan pendahulu vitamin A yang menurut penelitian dapat membantu regenerasi kulit.

Selain itu, carrot seed oil juga kaya akan antioksidan berupa vitamin C dan E. Ada juga kandungan vitamin A yang bisa diubah menjadi retinol di kulit. Sebuah studi baru-baru ini menemukan bahwa kandungan tersebut efektif untuk peremajaan kulit.

Baca Juga: 5 Sayuran yang Sebaiknya Tidak Dimakan dalam Kondisi Mentah, Bikin Mual hingga Diare!

4. Sea buckthorn oil

Bahan alami alternatif retinol yang keempat adalah sea buckthorn oil. Sea buckthorn oil sering digunakan dalam produk skincare. Hal ini tidak lepas dari kandungan antioksidannya yang tinggi termasuk karoten, vitamin C, vitamin E, dan flavonoid.

Sea buckthorn oil juga kaya akan asam lemak esensial sehingga menjadikannya sebagai bahan yang sangat bergizi.

Ada beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa sea buckthorn oil mampu meningkatkan produksi kolagen dan membantu penyembuhan luka. Tidak heran jika sea buckthorn oil cocok dijadikan sebagai salah satu bahan alami alternatif retinol.

5. Azelaic acid

Bahan alami alternatif retinol yang kelima adalah azelaic acid. Azelaic acid muncul secara alami dalam biji-bijian seperti gandum, jelai, dan gandum hitam. Juga, diproduksi di kulit secara alami oleh ragi Malassezia furfur yang merupakan bagian dari flora kulit normal kita.

Azelaic acid memiliki banyak kesamaan dengan retinol. Tidak jauh berbeda dengan retinol, azelaic acid juga termasuk bahan yang bagus untuk melawan jerawat. Pasalnya, azelaic acid memiliki kemampuan membunuh bakteri yang menginfeksi pori-pori, mengurangi peradangan dan kemerahan, serta mengelupas dan menurunkan produksi keratin (zat alami yang dapat menyebabkan pori-pori tersumbat).

Tak sampai di situ, azelaic acid juga telah terbukti mampu mengurangi sel pigmen. Karena kemampuannya ini, azelaic acid kerap digunakan untuk pengobatan melasma dan hiperpigmentasi pasca-inflamasi.

Itulah 5 bahan alami alternatif retinol yang aman untuk kulit sensitif. Mana pilihan Anda?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News