Santai

Ada Diskon Tarif Tol 20% Untuk Pemudik yang Kembali Setelah Puncak Arus Balik

Ada Diskon Tarif Tol 20% Untuk Pemudik yang Kembali Setelah Puncak Arus Balik

MOMSMONEY.ID - JAKARTA. Meski gelombang arus mudik belum usai, Kementerian Perhubungan sudah ancang-ancang mengatur arus balik. Senin dan Selasa depan yaitu 24 dan 25 April 2023, diperkirakan menjadi puncak arus balik. 

Untuk mengantisipasi lonjakan arus balik, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menganjurkan, masyarakat untuk melakukan perjalanan balik sebelumnya atau sesudahnya yaitu pada hari Rabu, Kamis dan Jumat (26,27 dan 28 April 2023).

“Di hari Kamis dan Jumat (27 dan 28 April 2023), Jasa Marga berbaik hati akan memberikan diskon tarif tol 20%. Karena terbukti pada arus mudik kemarin, dengan adanya diskon, pergerakan kendaraan tumbuh sekitar 12%, sehingga banyak masyarakat yang mudik lebih awal,” tutur Menhub, dikutip dari rilis resminya, Kamis (20/4). 

Sebelumnya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) menyebutkan, diskon tarif tol diberikan untuk tarif terjauh di beberapa ruas jalan tol sebesar 20%. Ini juga berlaku untuk jarak terjauh selama 2 hari sekitar tanggal 27-29 April 2023 pukul 6 pagi. 

Adapun ke-empat ruas tol yang menerapkan diskon 20% untuk tarif terjauh yakni, Jalan Tol Jakarta - Cikampek (PT Jasa Marga), Jalan Tol Tangerang - Merak (PT Marga Mandalasakti), Jalan Tol Bakauheni - Kayu Agung (PT Hutama Karya Persero), dan Jalan Tol Kayu Agung - Palembang (PT Waskita Sriwijaya Tol). 

Arus balik diperkirakan padat lantaran arus mudik tahun ini sudah terlihat lebih tinggi dibanding tahun lalu. Ini disebutkan Menhub saat  melakukan evaluasi pelaksanaan arus mudik di jalan Tol Jakarta ke arah timur yaitu ke Cikampek, Cipali hingga Kalikangkung, Semarang. 

Hasilnya, Hingga Rabu malam (19/4) atau H-3 jelang Lebaran, lonjakan kendaraan yang melintas naik 20% dari arus mudik lebaran Tahun 2022 lalu.

Meski begitu, Budi melihat ada peningkatan rata-rata kecepatan kendaraan dari Tol Jakarta ke Semarang  menjadi 71 Km/jam dibanding momen Lebaran 2022 di 69 Km/jam. 

"Ini membuktikan kita improve dibanding tahun lalu," kata dia saat meninjau Gerbang Tol Cikampek Utama, Rabu malam (19/4). Dia mengantisipasi, kondisi arus balik pada Kamis dan Jumat akan masih menantang. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News