Bugar

Ada 8 Langkah, Intip Cara Mengecilkan Pipi Tembem dan Lemak pada Wajah

Ada 8 Langkah, Intip Cara Mengecilkan Pipi Tembem dan Lemak pada Wajah

MOMSMONEY.ID - Ada beberapa cara mengecilkan pipi tembem dan lemak pada wajah.

Tahapan ini mudah Anda terapkan sebagai langkah memperbaiki penampilan bagian atas tubuh.

Pipi tembem merupakan kata yang sering digunakan untuk menggambarkan pipi yang terlihat penuh atau lebih bulat dari biasanya.

Biasanya, pipi tembem ditandai dengan tampilan wajah yang memiliki volume lebih di area pipi.

Hal ini berkaitan pada penumpukan lemak dan air pada wajah sehingga kulit akan melebar dan tidak kencang.

Baca Juga: Khusus Umur Paruh Baya Berikut Ciri-ciri Kolesterol Tinggi dan Cara Jitu Mengatasinya

Cara mengecilkan pipi

Penyebab pipi temben dan lemak wajah

Beberapa faktor dan penyebab pipi tembem dan lemak pada wajah berikut:

  • Genetika: struktur wajah dan distribusi lemak pada tubuh dapat dipengaruhi oleh faktor genetik. Beberapa orang mungkin memiliki kecenderungan alami untuk memiliki pipi yang lebih penuh atau tembem berdasarkan warisan keluarga mereka.
  • Lemak pada wajah: ada penumpukan lemak pada area pipi dapat menyebabkan tampilan pipi yang tembem. Hal ini bisa dipengaruhi oleh faktor genetik, tingkat hormon, dan kebiasaan makan.
  • Retensi air: jika tubuh mengalami retensi air atau pembengkakan, ini dapat mempengaruhi tampilan wajah termasuk pipi yang terlihat lebih penuh atau tembem.
  • Berat badan: kelebihan berat badan atau obesitas dapat menyebabkan penumpukan lemak secara umum di seluruh tubuh, termasuk di pipi.
  • Kebersihan mulut: kondisi yang berhubungan dengan kesehatan mulut seperti gusi bengkak atau gigi berlubang dapat memberikan tampilan wajah yang tampak tembem. Kondisi ini perlu ditangani oleh profesional kesehatan gigi.

Tentu, ada beberapa langkah yang dapat dilakukan agar lemak pada wajah dapat berkurang.

Simak beberapa cara mengecilkan pipi tembem dan lemak pada wajah, dilansir dari Medical News Today.

Baca Juga: 11 Manfaat Buah Sukun yang Perlu Diketahui

 

Cara mengecilkan pipi tembem dan lemak pada wajah

1. Perhatikan pola makan

Makanan Sehat 4 Sehat 5 Sempurna

Konsumsi makanan yang seimbang dan sehat dapat membantu mengurangi lemak di seluruh tubuh, termasuk wajah.

Kurangi asupan makanan olahan, makanan berlemak, dan makanan tinggi gula. Prioritaskan makanan berserat tinggi, protein lean, buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian utuh.

2. Kontrol kalori

Kendalikan asupan kalori dengan menjaga pola makan yang seimbang dan menghitung jumlah kalori yang dikonsumsi setiap hari. Hal ini membantu mencapai defisit kalori yang diperlukan untuk menurunkan lemak tubuh secara keseluruhan.

Baca Juga: Coba 3 Cara Alami Ini untuk Dapatkan Pipi Chubby Menggemaskan

3. Minum air yang cukup

Minum air

Konsumsi air yang cukup penting untuk menjaga hidrasi dan membantu metabolisme tubuh berfungsi dengan baik. Hindari minuman berkafein atau beralkohol yang dapat menyebabkan dehidrasi.

4. Latihan kardiovaskular

Lakukan aktivitas kardiovaskular seperti berlari, bersepeda, berenang, atau berjalan cepat secara teratur. Latihan kardio membantu membakar kalori dan lemak di seluruh tubuh, termasuk wajah.

5. Senam wajah

Berkeringat di wajah

Beberapa senam wajah dapat membantu memperkuat otot-otot di sekitar wajah dan memperbaiki penampilan.

Contohnya, mengempiskan pipi dengan cara menggembungkan pipi dan mengeluarkan udara secara perlahan melalui mulut, atau mengangkat alis dan menahan posisi selama beberapa detik.

Selain itu, ada beberapa profesional yang menyarankan untuk yoga wajah sebagai olahraga alternatif mengecilkan pipi temben dan lemak pada wajah.

6. Hindari kebiasaan buruk

Kebiasaan seperti merokok dan mengonsumsi alkohol berlebihan dapat mempengaruhi penampilan wajah. Usahakan untuk menghindari atau mengurangi kebiasaan buruk ini.

Alkohol juga dapat menyebabkan penambahan berat badan dengan kalori kosong dan tidak memberikan manfaat nutrisi. Mengkonsumsi kalori kosong meningkatkan total asupan kalori harian seseorang, meningkatkan berat badan.

Baca Juga: 5 Jenis Kerutan Wajah yang Paling Populer Beserta Penyebabnya, Cari Tahu Yuk!

7. Istirahat yang cukup

Tidur siang

Kurang tidur dapat menyebabkan peradangan dan retensi cairan yang mempengaruhi penampilan wajah. Pastikan Anda mendapatkan tidur yang cukup setiap malamnya.

Misalnya, kurang tidur memengaruhi kadar hormon tertentu yang meningkatkan rasa lapar dan kenyang.

Secara khusus, kurang tidur meningkat kadar hormon ghrelin, yang merangsang nafsu makan, dan menurunkan kadar hormon leptin, yang memberi tahu tubuh bahwa sudah kenyang.

8. Kurangi konsumsi garam

Konsumsi dari tinggi garam dapat menimbulkan tubuh menahan air yang menjadi penyebab pipi temben dan lemak pada wajah. Retensi air menyebabkan bengkak dan bengkak di berbagai bagian tubuh, termasuk wajah.

Orang yang curiga sensitif terhadap retensi cairan harus mencoba membatasi makanan dengan kandungan garam tinggi.

Ini termasuk sebagian besar makanan olahan dan makanan ringan. Menyiapkan makanan dan kudapan di rumah memberi orang kendali lebih besar atas jumlah garam dalam makanan.

Penting untuk diingat bahwa penampilan fisik seseorang dapat bervariasi secara alami dan tergantung pada faktor-faktor yang kompleks seperti genetika, pola makan, tingkat aktivitas, dan kesehatan secara keseluruhan.

Apabila Anda memiliki kekhawatiran khusus tentang penampilan wajah, disarankan untuk berkonsultasi dengan profesional medis atau ahli kecantikan sesuai opsi perawatan tersedia.

Lewat panduan mudah dari cara mengecilkan pipi tembem dan lemak pada wajah dapat diterapkan secara konsisten.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News