Bugar

Ada 5 Tanda Tubuh Kekurangan Karbohidrat, Mudah Kembung Jadi Gejalanya

Ada 5 Tanda Tubuh Kekurangan Karbohidrat, Mudah Kembung Jadi Gejalanya

MOMSMONEY.ID. Cermati tanda tubuh kekurangan karbohidrat yang wajib diketahui.

Nutrisi ini dapat menjadi salah satu bagian penting untuk sumber energi hingga serat.

Karbohidrat adalah salah satu jenis nutrisi yang penting dalam makanan. Zat ini adalah salah satu sumber utama energi bagi tubuh manusia.

Selain itu, karbohidrat terdiri dari molekul-molekul gula yang dapat dicerna dan diubah menjadi glukosa, yang merupakan bahan bakar utama bagi sel-sel tubuh.

Fungsi utama karbohidrat dalam tubuh adalah menyediakan energi yang diperlukan untuk menjalankan berbagai fungsi tubuh.

Baca Juga: 7 Makanan Sehat untuk Lansia, Mulai dari Vitamin dan Gula Alami

Lapar

Fungsi karbohidrat untuk tubuh

Berikut adalah beberapa fungsi penting karbohidrat dalam tubuh:

  • Sumber Energi: Karbohidrat adalah sumber energi utama bagi tubuh. Setelah dicerna dan dipecah menjadi glukosa, glukosa diangkut melalui aliran darah ke seluruh tubuh untuk digunakan sebagai bahan bakar dalam proses metabolisme.
  • Pemeliharaan Aktivitas Fisik: Karbohidrat sangat penting untuk memelihara aktivitas fisik yang optimal. Selama latihan fisik, tubuh menggunakan glukosa untuk memberikan energi yang dibutuhkan untuk kontraksi otot dan aktivitas fisik lainnya.
  • Fungsi Otak: Otak adalah organ yang sangat bergantung pada glukosa sebagai sumber energi. Glukosa yang dihasilkan dari karbohidrat dimanfaatkan oleh otak untuk menjalankan berbagai fungsi kognitif dan fungsional.
  • Penghematan Protein: Tubuh menggunakan karbohidrat sebagai sumber energi utama sehingga protein dapat digunakan untuk fungsi-fungsi penting lainnya, seperti membangun dan memperbaiki jaringan tubuh.
  • Pemeliharaan Fungsi Tubuh: Energi yang dihasilkan dari karbohidrat digunakan untuk menjaga fungsi-fungsi vital tubuh seperti sirkulasi darah, pernapasan, detoksifikasi, dan lainnya.
  • Menjaga Glikogen Hati dan Otot: Sisa glukosa yang tidak segera digunakan disimpan dalam bentuk glikogen di hati dan otot. Glikogen dapat diubah kembali menjadi glukosa ketika tubuh membutuhkannya, seperti saat berpuasa atau menjalani aktivitas fisik intens.

Nah, Anda yang merasa mengurangi konsumsi karbohidrat tentu perlu memperhatikan tanda-tanda berikut.

Simak ciri-ciri atau tanda tubuh kekurangan karbohidrat yang timbul secara bertahap, dilansir dari Healthshots.

Baca Juga: Mudah, Begini 5 Tips Diet Sehat yang Dapat Anda Coba

Tanda tubuh kekurangan karbohidrat

1. Selalu merasa lelah

Sudah menjadi fakta umum bahwa karbohidrat adalah sumber bahan bakar utama dalam tubuh. Sehingga, saat Anda membatasi asupan karbohidrat dapat berdampak besar pada tingkat energi.

Akibatnya, Anda akhirnya merasa lelah atau cepat lelah. Karbohidrat bertanggung jawab untuk memberikan dorongan energi pada tubuh untuk membuat berenergi menjalani hari. Menurunkan asupannya hanya akan menguras energi dalam tubuh.

2. Kurang fokus atau konsentrasi

Ketika seseorang konsumsi makanan rendah karbohidrat dalam jangka waktu lama, penurunan tingkat energinya juga menghambat konsentrasinya.

Anda juga mungkin merasa gelisah atau jengkel hampir sepanjang hari. Dengan memilih makanan seperti nasi merah atau quinoa merupakan karbohidrat berkualitas sangat baik yang penting untuk dikonsumsi.

Baca Juga: Waspada, Inilah 6 Tanda Tubuh Kelebihan Protein yang Bisa Ganggu Fungsi Ginjal

3. Sering merasa kembung

Karbohidrat biasanya disalahkan sebagai penyebab kembung terus-menerus. Namun hal ini terutama disebabkan oleh konsumsi gula rafinasi atau tepung terigu.

Dengan menurunkan asupan karbohidrat, Anda juga mengurangi jumlah serat yang dibutuhkan tubuh setiap hari karena serat banyak terdapat dalam biji-bijian dan buah-buahan.

Oleh karena itu, mengonsumsi karbohidrat dalam jumlah yang cukup akan sangat membantu mengurangi kembung.

4. Alami bau mulut

Apabila napas Anda berbau busuk, itu mungkin pertanda tubuh kekurangan karbohidrat. Khususnya, saat seseorang mengikuti rencana diet keto, salah satu hasil yang paling mungkin terjadi adalah masalah bau mulut yang parah.

Sehingga tanda tubuh kekurangan karbohidrat yang sebagai bahan bakar tubuh dan beralih ke lemak, aseton akan terbentuk yang merupakan penyebab bau busuk di tubuh.

Baca Juga: 4 Camilan Sehat untuk Asam Urat, Sederet Pilihan Makanan Ringan Rendah Purin

5. Perubahan suasana hati

Hanya karena otak Anda tidak menerima cukup glukosa, hipotalamus (yang menyeimbangkan suasana hati) terus mengeluarkan hormon kelaparan.

Ketika salah satu hormon dalam tubuh berlebih, memberi tahu tubuh bahwa sedang membutuhkan lebih banyak energi, hal ini dapat berdampak besar pada hormon, seperti hormon yang bertanggung jawab atas suasana hati yang tenang.

Penting untuk memilih jenis karbohidrat yang sehat, seperti biji-bijian utuh, sayuran, buah-buahan, dan kacang-kacangan, yang mengandung serat dan nutrisi tambahan.

Anda bisa menghindari konsumsi berlebihan pada karbohidrat olahan atau terlalu banyak gula tambahan, terutama dalam makanan dan minuman olahan.

Demikian informasi terkait ciri-ciri dan tanda tubuh kekurangan karbohidrat yang berdampak pada kegiatan sehati-hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News